Inilah 10 Lagu Romantis Bollywood Sepanjang Massa!

MATARAMRADIO.COM – Perfilman India atau Bollywood dikenal memiliki banyak sekali lagu paling romantis sebagai soundtrack film yang dikenang sepanjang massa.

Sekalipun anda tidak mengerti liriknya dalam Bahasa Hindustan. Namun setidaknya videoklip lagunya, akan membuat anda terpana, dan akan dibawa ke nostalgia asmara tak terlupakan.

Inilah 10 lagu tersebut sebagaimana dikutip dari Variety.com.

1. ‘Tum Ho’

Pemenang Oscar asal India A.R. Rahman menciptakan lagu dan soundtrack untuk film-film India. Dalam film “Rockstar” yang dirilis tahun 2011, Penyanyi Mohit Chauhan mempersembahkan  suara emasnya untuk aktor ganteng Ranbir Kapoor dalam soundtrack lagu berjudul “Tum Ho,” yang sebagian liriknya menggambarkan seorang pria yang dimabuk asmara “Kau begitu menawan hatiku.Kau tercipta untukku dan aku akan tersesat tanpa mu”. Wow, so sweet!

2. Tum Hi Ho

Apapun lagu yang diciptakan penyanyi kondang India Arijit Singh akan selalu jadi hitmaker. Salah satu hit lagu terbesar pada tahun 2013 adalah yang menjadi soundtrack film “Aashiqui 2,” yang dibintangi oleh Aditya Roy Kapoor dan Shraddha Kapoor. Jalan ceritanya sangat mirip dengan “A Star Is Born”. “Tum Hi Ho”, yang dinyanyikan Arijit Singh dari musik gubahan Mithun, masih sangat popular hingga sekarang. Bagian refreinnya memiliki baris kata romantis yang bikin baper “Kamu adalah hidupku / Kedamaian dan rasa sakitku / Kamulah cintaku.” Ce ce ce!

3. Piyu Bole ‘

Parineeta, sebuah film yang diproduksi ulang dari Novel Bunkim Chandra Chatterjee tahun 2005, dibintangi oleh Saif Ali Khan dan Vidya Balan, menampilkan lagu soundtrack” Piyu Bole “dengan aransemen musik gubahan Shantanu Moitra, dinyanyikan oleh Sonu Nigam dan Shreya Ghoshal. “Piyu Bole” memiliki sebaris kata cinta yang bikin meleleh. “Hatiku berbisik, Cinta ini, simpanlah di hatimu sayang.”

4. Ek Ladki Ko Dekha Tho Aisa Lagaa ‘

Sebelum namanya makin terkenal di negara Barat karena perannya dalam film “Slumdog Millionaire,” Anil Kapoor menjadi aktor utama film drama percintaan “1942: A Love Story” (1994) yang berpasangan dengan Manisha Koirala. Lagu soundtrack film itu yang berjudul “Ek Ladki Ko Dekha Tho Aisa Lagaa,” musiknya diaransemen R.D. Burman dan dinyanyikan oleh Kumar Sanu yang nyaris menenggelamkan suara merdu penyanyi India pria era jadul Muhammad Rafi dan Kishore Kumar.

Dalam lagu tersebut, sang aktor pria begitu menghayati dan hanyut dalam perasaan takjubnya saat melihat seorang gadis cantik pujaan hati.

5. Chura Liya Hai Tumne Jo Dil Ko ‘

Aktris bombastis India Zeenat Aman berada di puncak karirnya ketika “Yaadon ki Baraat” dirilis pada tahun 1973. Dalam salah satu soundtrack lagunya, dia mencoba memikat hati lawan mainnya bernama Tariq dalam lagu berjudul “Chura Liya Hai Tumne Jo Dil Ko,” dinyanyikan oleh Muhammad Rafi dan Asha Bhonsle dengan musik yang digubah oleh R.D. Burman. Debut film ini begitu sukses, sehingga sutradara Nasir Hussain mengulanginya dalam dua film berikutnya.

6.Yeh Dosti Hum Nahin Chodhengay ‘

Sholay ”menjadi film India terbesar sepanjang massa, tidak hanya ketika dirilis pada tahun 1975, tetapi selama bertahun-tahun setelahnya. Persahabatan antara Veeru dan Jay (masing-masing diperankan oleh Dharmendra dan Amitabh Bachchan). Kisah persahabatan mereka digambarkan sebagai platonis, sebagai perasaan mencintai seseorang dengan tulus, ikhlas, tanpa mengharapkan apapun dari sahabat sejati. Bahkan persahabatan di antara mereka menjadi ikonik dan ditiru banyak komunitas anak muda ketika itu. Maka jadilah lagu berjudul “Yeh Dosti Hum Nahin Chodhengay” sebagai lagu kebangsaan mereka. Duet Kishore Kumar dan Manna Dey dengan balutan komedi yang digubah R.D. Burman, menjadikan lagu ini benar-benar istimewa sebagai simbol platonis sejati.

7.Roop Tera Mastana

Lagu ini diciptakan untuk pasangan pengantin baru yang dikisahkan dalam film Aradhana, dibintangi Rajesh Khanna dan Sharmila Tagore. Mereka mendengar suara penyanyi pria di kamar sebelah, melantunkan lagu Roop Tera Mastana yang dinyanyikan Kishore Kumar dan musiknya diaransemen RD Burman.

Tanpa kata-kata, Rajesh Khanna dan Sharmila Tagore hanyut dalam gelora asmara dengan tatapan mata penuh cinta satu sama lainnya.

8.Jara Haule Haule Chalo ‘

Lagu lain menampilkan Sharmila Tagore, kali ini dipasangkan dengan Manoj Kumar, saat ia mencoba memperbaiki tiff kekasih di “Sawan ki Ghata” (1966). Dengan musik oleh O.P. Nayyer, yang mengkhususkan diri pada ketukan ritmis, dan dinyanyikan oleh Asha Bhonsle “Jara Haule Haule Chalo More Sajana” memintanya untuk memperlambat ritme kecepatan. Coba simak bagian akhir lagu ini dengan sentuhan khas siulan.

9.Tere Mere Sapne Ab Ek Rang Hai ‘

film “Guide”, dirilis tahun 1965, yang dibintangi  Aktor kawakan India Dev Anand ternyata memiliki lagu-lagu yang sangat romantis. Berkisah tentang seorang pria biasa yang membuat kesalahan dalam mengejar wanita pujaannya.

Dalam film ini, Dev Anand dipasangkan dengan aktris cantik Waheeda Rehman. Filmnya sendiri pernah diputar di Cannes Classics satu dekade lalu. Soundtrack lagu “Tere Mere Sapne Ab Ek Rang Hai”, dinyanyikan Mohammad Rafi dan musik oleh S.D. Burman. Liriknya memang sangat membekas tentang impian sepasang kekasih untuk selalu ingin bersama.

10. Jalte Hai Jiske Liye ‘

Lagu ini merupakan salah satu soundtrack dari film “Sujata” yang dirilis pada 1959. Film ini dibintangi Sunil Dutt dan Nutan, Dalam lagu gubahan musisi Talat Mehmood berjudul Jalte Hai Jiske Liye, tampak sang pria berbicara dan merayu sang wanita pujaannya melalui sambungan telepon. Dia berusaha menghibur wanita  yatim piatu itu yang baru saja mengalami penderitaan dan penyiksaan oleh kerabatnya. Sang wanita tak kuasa mendengarnya dan berlinang air mata. Wow melodramatik banget! (MRC-01)