Lebih Dekat dengan Rumy Alqahtani, Top Model dan Duta Budaya Arab Saudi

Dari berbagai sumber yang dihimpun MATARAMRADIO.COM menyebutkan, Rumy Alqahtani merupakan model kelahiran Riyadh, Arab Saudi berusia 27 tahun yang beberapa kali mengikuti ajang kecantikan.

Sebelumnya, ia tercatat ikut serta dalam kompetisi beauty pageant di seluruh dunia.

Terbaru, Rumy berpartisipasi dalam kontes kecantikan Miss and Mrs Global Asian edisi kedua di Malaysia pada awal 2024.

Pada saat itu, 25 kontestan dari 12 negara dan wilayah berkompetisi, termasuk Australia, India, Jepang, Thailand, Filipina, Singapura, Arab Saudi, Vietnam, Bangladesh, Myanmar, dan Malaysia.

Rumi Alqahtani sendiri dalam pengumuman yang dibagikan di Instagram, mengungkapkan partisipasinya sebagai kontestan pertama Kerajaan Arab Saudi dalam kontes kecantikan internasional tersebut.  Rumi dipuja sebagai duta budaya negara Arab Saudi dan mengatakan bahwa tujuan utamanya saat mengambil bagian dalam kompetisi global adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang Kerajaan Arab Saudi dan rakyatnya.  “Kontribusi saya adalah untuk belajar tentang budaya dunia dan untuk mentransfer budaya dan warisan asli Saudi kami ke dunia. Saya mengenakan kostum Najdi dan merasa senang karena saya mewakili wilayah Najd dan kostum populernya dikagumi oleh publik dan pers,” kata Rumy sebagaimana dilansir dari Arab News, Rabu, (27/3).

BACA JUGA:  Hilang Kontak 5 Hari, Ini Kesaksian Kapten Kapal Pengangkut Aspal Mandalika

Keterlibatan Rumy dipuji sebagai tonggak sejarah dalam pemberdayaan perempuan Saudi. Dia sebelumnya juga telah mewakili Kerajaan Arab Saudi di berbagai kompetisi internasional, termasuk Miss Asia di Malaysia, Miss Arab Peace, dan Miss Europe, menurut laporan Gulf Today.

Selain dinobatkan sebagai Miss Arab Saudi, ia juga menyandang gelar seperti Miss Middle East (Arab Saudi), Miss Arab World Peace 2021, dan Miss Woman (Arab Saudi).

BACA JUGA:  Diduga  Sentil Amplop Kiai, Suharso Monoarpa Dilengserkan Jadi Ketum PPP?

Dengan satu juta pengikut di Instagram dan ribuan lainnya di platform media sosial lainnya, ia memegang gelar Sarjana Kedokteran Gigi dan fasih berbahasa Inggris, Prancis, dan Arab.

Rumy Alqahtani menjadi perwakilan Arab Saudi pertama yang berpartisipasi dalam Miss Universe 2024. Ia mengaku sangat terhormat bisa mengawali perjuangan Arab Saudi di kontes ajang kecantikan internasional ini. “Terhormat berpartisipasi dalam Miss Universe tahun 2024. Ini adalah partisipasi pertama Arab Saudi dalam kompetisi Miss Universe,” ujar wanita cantik itu lewat Instagramnya.

Perjalanan Karir Rumi Alqahtani di Dunia Modeling

Nama Rumi Alqahtani dikenal luas sebagai duta budaya Arab Saudi. Dia selalu memberikan alasan dan tujuan utamanya menjadi bagian dalam konteks kecantikan global adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang budaya Kerajaan Arab Saudi dan warganya.

BACA JUGA:  Tak Kantongi ISR, 'Nelayan' Terancam 4 Tahun Penjara dan Denda Ratusan Juta

Ternyata, perjalanan Rumi Alqahtani menuju kontestasi Miss Universe 2024 telah dimulai dari serangkaian ajang kecantikan kelas dunia.

Dia pernah mengikuti ajang Miss Planet Internasional di Kamboya, Miss Woman Internasional di Roma, Miss Europe Continental di Naples Miss Arab World di Mesir, Miss Arab Unity di Aljazair Miss Timur Tengah dan Afrika Utara di Irak

Miss Universe 2024 Kontes kecantikan dunia ini akan digelar di Meksiko. Tahun ini, Miss Universe mengkonfirmasi adanya perubahan penting yakni perempuan berusia 18-28 tahun pada 1 Januari bisa mengikuti kontes tersebut. Oleh karena itu, batas usia dihilangkan untuk Miss Universe 2024. Meksiko menjadi ruan rumah kompetisi Miss Universe 2024. Rencananya, final kontes kecantikan dunia itu akan tayang pada 28 September 2024. (EditorMRC)