Inilah 15 Penyanyi Terbaik Dunia Sepanjang Masa, Manakah Favorit Anda?

Penyanyi adalah jantung dan jiwa industri musik. Mereka adalah artis yang menghidupkan lagu dengan suaranya, menyampaikan emosi, semangat, dan kekuatan melalui lirik dan melodinya. Penyanyi datang dalam berbagai gaya, mulai dari diva pop dan penyanyi hingga rocker dan penyanyi yang penuh perasaan. Yang membedakan mereka adalah kemampuan mereka untuk terhubung dengan penonton secara mendalam dan emosional melalui kekuatan suara mereka. Penyanyi terbaik memiliki bakat alami dalam menyanyi, namun mereka juga memiliki disiplin dan dedikasi untuk mengasah keahliannya selama bertahun-tahun.

Mereka memiliki gaya vokal unik yang membedakan mereka dari penyanyi lain, dan mereka tahu cara menggunakan suara mereka untuk menciptakan berbagai emosi, dari kegembiraan dan kebahagiaan hingga kesedihan dan patah hati. Penyanyi sering kali diiringi oleh band atau ansambel musik, namun suara merekalah yang menjadi pusat perhatian. Mereka harus mampu menarik perhatian penontonnya dan memikat mereka dengan kehebatan vokalnya. Seorang penyanyi hebat dapat mengubah lagu biasa menjadi sebuah mahakarya, menggunakan suaranya untuk mengangkat musik dan menciptakan penampilan yang mengesankan yang akan diingat oleh pendengar lama setelah lagu tersebut berakhir. 

Kesimpulannya, penyanyi adalah tulang punggung industri musik, menghidupkan lagu dengan gaya vokal unik dan kemampuan untuk terhubung dengan penonton pada tingkat emosional. Apakah Anda penggemar pop, rock, soul, atau genre lainnya, ada penyanyi di luar sana yang akan berbicara kepada hati Anda dan menginspirasi Anda dengan suaranya. 

Adapun 15 Penyanyi terhebat dan terbaik dunia sepanjang masa tersebut antara lain: (1) Freddie Mecury,(2) Aretha Franklin, (3). Michael Jackson,(4). Whitney Houston, (5). Elvis Presley, (6). Stevie Wonder, (7). Frank Sinatra,(8). Mariah Carey, (9). Ella Fitzgerald, (10). Marvin Gaye, (11). Luciano Pavarotti, (12). Paul McCartney, (13). James Brown, (14). Adele, (15). Robert Plant.

Berikut ini profil 15 penyanyi terbaik sepanjang masa yang ditulis dan dirangkum MATARAMRADIO.COM dari berbagai sumber.

1. Freddie Mercury 

Dikenal karena penampilan panggungnya yang flamboyan dan vokalnya yang bertenaga, Freddie Mercury tetap menjadi ikon hingga saat ini. Sebagai penyanyi utama band rock Inggris Queen, ia memikat penonton dengan lagu-lagu hits seperti ‘Bohemian Rhapsody’ dan ‘We Are the Champions‘. Keberagaman dan bakat teatrikel Mercury membuatnya mendapat tempat di daftar 15 Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa. Melanjutkan penampilan Mercury yang halus, video musik Queen merupakan mahakarya visual yang melengkapi bakat vokalnya. Kesuksesan dan pengaruh band ini di seluruh dunia berakar pada gaya unik Mercury, yang sering kali diambil dari berbagai genre seperti opera dan rock.

Mercury mendobrak batasan dalam musik dan identitas sehingga menjadikannya inspirasi bagi generasi mendatang. Untuk menambah kredibilitasnya yang sudah mengesankan, dia juga seorang penulis lagu ulung yang menulis beberapa lagu grup yang paling disukai. Penampilan alaminya di panggung hanya memperkuat bakatnya yang luar biasa, membuat penonton konser terpesona. Karena alasan ini, MATARAMRADIO.COM menempatkan Freddie Mercury di antara penyanyi terhebat dalam sejarah.  

2. Aretha Franklin 

Menjadi terkenal pada tahun 1960an, artis Amerika yang berpengaruh ini dipuji sebagai ‘Queen of Soul’ dengan penampilan vokalnya yang kuat dan penuh emosi. Namanya benar-benar terukir dalam sejarah musik karena jangkauannya yang fenomenal dan kemampuannya dalam menangani genre seperti soul, R&B, gospel, dan bahkan jazz. Dia memiliki karir selama lebih dari lima dekade dan memenangkan banyak Grammy Awards, menjadikannya salah satu artis terhebat sepanjang masa. Ungkapan Aretha Franklin yang seperti pidato dan penyampaiannya yang penuh perasaan tak tertandingi, membuatnya mendapat tempat di antara penyanyi wanita paling sukses yang pernah ada.

Diskografinya mencakup lagu-lagu ikonik seperti “Respect”, “Think”, dan “A Natural Woman“. Suara ekspresif Aretha yang unik menjembatani beragam audiens dan memberikan dampak signifikan pada isu keadilan sosial. Perlu dicatat bahwa selama Gerakan Hak-Hak Sipil tahun 1960an, ia menjadi ikon pemberdayaan kulit hitam karena keseniannya dan dukungannya terhadap gerakan yang menuntut persamaan hak bagi kelompok minoritas. Dia telah menginspirasi banyak generasi musisi wanita yang mengikuti jejaknya. 

Diketahui bahwa Aretha Franklin berjuang melawan setan pribadi sepanjang hidupnya tetapi masih berhasil naik panggung dari waktu ke waktu dan memberikan penampilan yang tak terlupakan. Pada tahun 2018, ia meninggal dunia pada usia 76 tahun, meninggalkan warisan musik yang tidak akan pernah terlupakan. 

3. Michael Jackson 

Michael Jackson menonjol sebagai salah satu penyanyi top dalam sejarah. Kemampuan vokalnya yang kuat dan gaya penampilannya yang unik membuatnya menjadi artis yang menonjol. Dia dikenal luas sebagai Raja Pop, dan lagu-lagunya populer dari generasi ke generasi. Video musiknya memiliki kualitas sinematik yang meningkatkan representasi visual musik di televisi. Gerakan tarian khas Michael dan penampilan panggung yang luar biasa menjadikannya seniman yang tak tertandingi, memengaruhi seniman di seluruh dunia. Dia memberikan pengaruh yang luar biasa pada budaya pop, mendobrak hambatan dan menyembuhkan kesenjangan sosial. 

BACA JUGA:  WIKARNA Siap Gebrak Blantika Musik Indonesia

Kejeniusan Michael Jackson melampaui karier musiknya. Ia sangat berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat, mulai dari memperjuangkan inisiatif lingkungan hingga memerangi kemiskinan di seluruh dunia. Karya filantropinya telah meningkatkan taraf hidup masyarakat di seluruh dunia, membuatnya mendapatkan rasa hormat yang besar selain pengakuan musik. Sungguh menakjubkan bagaimana Michael membuktikan dirinya sebagai inovator sejati dalam industri musik melalui suara eksperimental dan eksplorasinya ke dalam berbagai genre musik seperti R&B, rock, dan folk yang masih bergema di kalangan penonton hingga saat ini. 

4. Whitney Houston 

Penyanyi ikonik ini, yang dikenal karena vokalnya yang kuat dan kecantikannya yang luar biasa, telah meninggalkan warisan yang tak terlupakan. Karier musik Whitney Houston berlangsung selama lebih dari tiga dekade dan mencakup lagu-lagu hits yang menduduki puncak tangga lagu seperti “I Will Always Love You” dan “Greatest Love of All.”

Dia adalah salah satu artis musik terlaris sepanjang masa, dengan lebih dari 200 juta rekaman terjual di seluruh dunia.  Houston juga berakting di beberapa film, termasuk “The Bodyguard” yang mendapat pujian kritis. Suaranya yang penuh perasaan dan penampilannya yang menarik membuatnya mendapatkan banyak penghargaan, termasuk enam Grammy Awards.  

5. Elvis Presley 

Raja Rock and Roll, Elvis Presley, adalah penyanyi legendaris dengan suara yang tidak diragukan lagi. Dia telah menjual lebih dari satu miliar rekaman di seluruh dunia dan dikenal karena penampilannya yang energik dan gayanya yang ikonik. Sepanjang karirnya, ia merilis banyak hits termasuk “Hound Dog”, “Suspicious Minds”, dan “Jailhouse Rock“. Pengaruhnya terhadap industri musik tidak dapat disangkal, menginspirasi banyak seniman untuk generasi mendatang. Tak heran mengapa ia dianggap sebagai salah satu dari 15 Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa. 

Selain karir musiknya, Elvis Presley juga membintangi film seperti Love Me Tender dan Blue Hawaii. Dia adalah seorang fenomena budaya pada tahun 1950an dan 1960an, dengan penggemar di seluruh dunia yang terpikat oleh karisma dan bakatnya. Meskipun mendapat kritik karena menggunakan musik kulit hitam, dia menggunakan platformnya untuk menyatukan budaya yang berbeda melalui musik. Di luar ketenaran dan kekayaannya, Elvis mengalami pergumulan pribadi sepanjang hidupnya seperti kecanduan dan masalah kesehatan.

Meskipun demikian, ia terus tampil sampai kematiannya pada tahun 1977. Jangan lewatkan warisan musik Elvis Presley yang tak lekang oleh waktu. Ikuti perjalanan menyusuri jalan kenangan dan rasakan suara menawan dari salah satu penyanyi terhebat dalam sejarah.  

6. Stevie Wonder 

Salah satu penyanyi terhebat sepanjang masa adalah artis multi-talenta yang sebelumnya dikenal sebagai “Little Stevie Wonder”. Musik Stevie Wonder membuka jalan bagi artis funk, soul, dan R&B dengan hits seperti “Superstition” dan “Signed, Sealed, Delivered I’m Yours.” Gaya komposisinya yang unik dan lirik yang menyampaikan pesan membuatnya menonjol dari musisi lain dalam genrenya. 

Selain rekor hitnya, aktivisme politik dan filantropi Stevie Wonder juga patut mendapat pengakuan. Dia menggunakan musiknya sebagai alat untuk menyebarkan kesadaran tentang isu-isu sosial seperti rasisme, kemiskinan, dan perang. Alhasil, ia menjadi tokoh berpengaruh dalam gerakan Hak Sipil. Terlebih lagi, Stevie Wonder tetap relevan selama beberapa dekade dengan berbagai penghargaan mulai dari Grammy Awards hingga dimasukkan dalam Rock and Roll Hall of Fame. Warisannya melampaui waktu dan genre. 

Stevie Wonder pernah dijadwalkan untuk tampil di rapat umum Martin Luther King Jr tetapi setelah Dr. King Jr dibunuh, dia memutuskan untuk tidak tampil tetapi malah berkabung selama setahun penuh. Empati inilah yang membuatnya menjadi musisi yang disayangi hingga saat ini. 

7. Frank Sinatra 

Salah satu penyanyi legendaris yang pernah menghiasi planet ini adalah pria yang dikenal dengan julukan ‘The Voice.’ Karisma dan kehebatan vokal Frank Sinatra tidak dapat dijelaskan, menjadikannya sosok yang dihormati di industri musik. Dia mendominasi dunia musik selama lebih dari lima dekade, merekam lebih dari 2000 lagu, memenangkan banyak penghargaan, termasuk 11 Grammy. Teknik ungkapan dan nyanyian Sinatra yang berbeda membuatnya menonjol dari pemain lain pada zamannya.

Musiknya melintasi genre yang berbeda seperti jazz, swing, pop, dan balada. Suara Sinatra digambarkan halus dan lembut dengan ketepatan waktu yang sempurna yang dapat menggerakkan pendengar mana pun. Bahkan setelah kematiannya pada tahun 1998, Sinatra tetap menjadi sosok ikonik dan menginspirasi banyak musisi kontemporer. 

BACA JUGA:  Roberto Boccheti Rilis Single Terbaru Suburbia

Selain sebagai penyanyi, Sinatra juga merupakan aktor ulung dalam film dan serial televisi. Dia muncul di puluhan film, memerankan beberapa peran ikonik seperti Maggio di “From Here to Eternity,” Sammy di “Ocean’s 11,” dan John Baron di “The Manchurian Candidate.”  

8. Mariah Carey 

Salah satu artis paling terkenal sepanjang masa tidak lain adalah Mariah Carey. Jangkauan vokalnya yang mengesankan serta kontrol yang mudah terhadap melodi dan nada telah menjadikannya ikon di industri musik. Digembar-gemborkan sebagai “Songbird Supreme“, Carey telah merilis lagu-lagu hits yang tak terhitung jumlahnya dan menjadi pokok budaya pop di tahun 90an dan awal 2000an. Pengaruhnya melampaui musiknya, karena banyak artis lain yang menyebut dia sebagai inspirasi bagi karier mereka sendiri. 

Kemampuan Carey dalam menyampaikan emosi melalui musiknya tidak ada bandingannya, dengan setiap nada membawa kedalaman dan resonansi yang mampu membuat penonton meneteskan air mata. Dia telah menjual jutaan rekaman di seluruh dunia dan memenangkan banyak penghargaan, termasuk lima Grammy. Selain kehebatan menyanyinya, Carey juga seorang penulis lagu berbakat, yang telah menulis atau ikut menulis banyak lagu hits terbesarnya. 

Bagi penggemarnya di seluruh dunia, musik Carey memberikan rasa nostalgia dan kegembiraan yang melampaui waktu. Lagu-lagunya yang tak lekang oleh waktu terus diputar di stasiun-stasiun radio di seluruh dunia seiring generasi baru menemukan bakatnya. Tidak diragukan lagi, Mariah Carey adalah salah satu penyanyi terhebat sepanjang masa, mengokohkan posisinya dalam sejarah musik selamanya.  

9. Ella Fitzgerald 

Suara penyanyi legendaris Ella Fitzgerald –  dikenal karena gayanya yang unik, nyanyian scat, dan jangkauan vokalnya. Keterampilan improvisasi dan kemampuannya untuk terhubung dengan penonton memberinya pengikut setia di masa jayanya. Vokal Fitzgerald yang melonjak memenangkan pujian dan penghargaan Grammy untuk kariernya selama enam dekade. Karya klasiknya yang tak lekang oleh waktu seperti “A-Tisket, A-Tasket” dan “Summertime” terus menghibur penggemar di seluruh dunia. 

Selain kehebatan vokalnya, Fitzgerald juga merupakan pendukung aktif gerakan hak-hak sipil, menggunakan musiknya untuk menginspirasi perubahan sosial. Dia meruntuhkan hambatan bagi artis perempuan pada saat industri rekaman yang didominasi laki-laki mendominasi budaya populer. Untuk meniru gaya khas Fitzgerald, seseorang harus fokus pada pengembangan frasa, kontrol napas, dan vibrasi agar sesuai dengan suara khas Fitzgerald. Mendengarkan rekamannya akan membantu mengembangkan  tempo dan nada yang diperlukan untuk menghasilkan teknik pertunjukan berkualitas tinggi tanpa batas. 

10. Marvin Gaye 

Marvin Gaye dikenal sebagai seorang penyanyi-penulis lagu yang merevolusi era Motown. Musik Gaye membahas isu-isu sosial seperti rasisme dan kemiskinan, membuatnya mendapat pujian kritis. Dia memiliki jangkauan vokal yang mengesankan dan gaya musik yang inovatif, yang paling baik dicontohkan dalam lagu-lagu hits seperti “What’s Going On” dan “Let’s Get It On.” Lirik Gaye yang introspektif dan penampilan menawannya sangat disukai penonton di seluruh dunia.

Dia menghadirkan keaslian pada lagu-lagunya, menanamkan emosi, gairah, dan ketulusan pada lagu-lagunya. Selain menjadi seorang penampil, Gaye juga seorang produser berbakat yang mendobrak batasan dengan menciptakan album yang menantang genre seperti What’s Going On. Kematian tragis Gaye pada usia 44 tahun mengakhiri kariernya, namun warisannya terus menginspirasi banyak seniman hingga saat ini.  

11.Luciano Pavarotti 

Salah satu pemusik ikonik dalam sejarah musik, Luciano Pavarotti dikenal karena suara tenornya yang luar biasa. Dia memikat penonton dengan vokalnya yang melambung, teknik yang sempurna, dan interpretasi yang penuh gairah terhadap beberapa karya opera yang paling indah. Penampilannya ditandai dengan perpaduan kekuatan dan keanggunan yang langka yang membuat banyak pecinta musik berlinang air mata. 

Bakat Pavarotti yang luar biasa dan kecakapan memainkan pertunjukan yang luar biasa membuatnya mendapatkan pengakuan dunia selama beberapa dekade. Dia sangat berpengaruh dan membuka jalan bagi penyanyi opera lainnya untuk mengikuti jejaknya. Warisannya tetap hidup karena ia tetap menjadi salah satu tenor paling terkenal sepanjang masa. Meskipun menjadi sosok yang luar biasa dalam dunia musik, Pavarotti tetap rendah hati dan mudah didekati sepanjang kariernya.

Dia memiliki pesona menular yang membuatnya disayangi oleh semua orang yang ditemuinya, termasuk sesama musisi dan penggemar. Pengaruhnya terhadap dunia musik tidak dapat diukur, dan namanya akan selamanya terukir dalam sejarah sebagai salah satu ikon terbesarnya. Perlu dicatat bahwa selain sebagai penyanyi fenomenal, Pavarotti juga pejuang kemanusiaan yang menggunakan suara dan pengaruhnya untuk mendukung berbagai kegiatan amal seperti negara-negara yang dilanda perang dan inisiatif penelitian medis yang bertujuan untuk menyembuhkan penyakit.  

12.Paul McCartney 

Ikon legendaris ini adalah salah satu musisi paling terkenal sepanjang masa. Keterampilan suara dan penulisan lagu Paul McCartney yang luar biasa telah memberinya pengakuan tidak hanya di Inggris tetapi juga di seluruh dunia. Sebagai mantan anggota band The Beatles, ia telah memberikan banyak lagu klasik kepada dunia, termasuk ‘Hey Jude‘ dan ‘Let It Be‘. Karir solonya terus menginspirasi dan menghibur penonton secara global. 

BACA JUGA:  Diduga Kena Covid 19, Presenter Kondang Rina Gunawan Meninggal Dunia

Kualitas suara McCartney yang berbeda dan jangkauan vokal yang bervariasi telah diapresiasi oleh para penggemar selama beberapa dekade. Variasi gaya bernyanyinya memberikan setiap lagunya cita rasa unik yang tak tertandingi di industri musik. Apalagi kepiawaian McCartney memainkan beberapa alat musik, antara lain gitar, bass, drum, dan keyboard, menunjukkan kehebatan bermusiknya. Selain sebagai musisi sukses, Sir Paul McCartney adalah pembela hak-hak hewan dan mendukung isu-isu lingkungan.

Atribut tersebut menjadikannya inspirasi tidak hanya bagi penyanyi pemula tetapi juga bagi mereka yang bercita-cita menjadi warga negara yang bertanggung jawab secara sosial. Melewatkan kontribusinya akan sangat disesalkan bagi pencinta musik mana pun. Pertimbangkan untuk mendengarkan beberapa lagu hits klasiknya untuk menyaksikan langsung bakatnya yang tak tertandingi. 

13.James Brown 

Dikenal sebagai ‘Godfather of Soul’, James Brown merevolusi musik R&B dan soul dengan penampilan energik dan gaya menyanyinya yang unik. Suaranya, penuh ketabahan dan emosi, menarik perhatian dan menginspirasi banyak musisi yang mengikuti jejaknya. Musik Brown merupakan perpaduan berbagai genre termasuk jazz, funk, gospel, dan blues. Ia merilis berbagai lagu hits seperti “Papa’s Got a Brand New Bag”, “I Got You (I Feel Good)”, dan “It’s a Man’s Man’s Man’s World”.

Namun, pertunjukan live-nya yang menggemparkanlah yang benar-benar membedakannya dari rekan-rekannya. Selain menjadi penyanyi yang luar biasa, Brown juga seorang penulis lagu, penari, dan pemimpin band yang berbakat. Dia memasukkan koreografi yang kompleks ke dalam pertunjukan live-nya, sering kali melakukan split dan gerakan akrobatik lainnya sambil menyanyikan lagu-lagu hitsnya. 

Secara keseluruhan, James Brown adalah legenda sejati di dunia musik. Pengaruhnya terhadap industri musik tidak dapat dilebih-lebihkan, dan ia terus menginspirasi seniman generasi baru dengan bakat luar biasa dan energinya yang tak terbatas. Jika suara Adele adalah suara manusia, maka terapis yang tepat akan mendengarkan keluh kesah Anda dan memeluk Anda setelahnya.

 14. Adele 

Adele, penyanyi terkenal Inggris, tidak diragukan lagi adalah salah satu vokalis terhebat di zaman kita. Suaranya yang penuh perasaan dan liriknya yang menyentuh hati disukai jutaan penggemar di seluruh dunia. Dengan 15 Grammy Awards, Adele telah memecahkan rekor dan meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di industri musik. Dia mulai terkenal pada tahun 2008 dengan album debutnya “19”, yang menjadikannya sebagai vokalis yang hebat.

Namun, album keduanya “21” lah yang melambungkannya ke ketenaran internasional, dengan hits seperti “Rolling in the Deep” dan “Someone Like You.” Kemampuan unik Adele dalam menyampaikan emosi mentah melalui vokalnya membedakannya dari artis lain. Menariknya, Adele mendapatkan inspirasi penulisan lagunya dari pengalaman dan hubungan kehidupan nyata. Dia terbuka tentang perjuangan dalam kehidupan pribadinya, yang sering kali tercermin dalam musiknya. Ketulusan ini telah memenangkan hati para penggemar yang mengapresiasi keaslian seni. 

Sesuai dengan kepribadiannya yang rendah hati, Adele dikenal sebagai orang yang ramah dan menarik selama pertunjukan live – anekdotnya di antara lagu-lagu menjadi hampir sama terkenalnya dengan pertunjukan itu sendiri. Secara keseluruhan, Adele terus dipuji karena kehebatan vokalnya dan keterhubungannya – kualitas yang menarik perhatian penonton di seluruh dunia. Suara Robert Plant sangat kuat, tidak heran dia bisa membangkitkan orang mati – bahkan, dia mungkin melakukannya setiap kali dia mencapai nada tinggi. 

15. Robert Plant 

Robert Plant, penyanyi legendaris Inggris, dianggap sebagai salah satu vokalis terhebat sepanjang masa. Kisaran tenornya yang tak tertandingi dan penampilannya yang menggemparkan sebagai vokalis Led Zeppelin tidak diragukan lagi telah menandai tempatnya dalam sejarah musik. Selain itu, gaya musik Plant telah dipengaruhi oleh berbagai genre termasuk blues, folk dan musik dunia, yang terlihat dalam proyek solonya. Selain itu, pendekatan liris Robert Plant mewujudkan renungan filosofis yang tidak umum ditemukan dalam musik rock arus utama.

Lirik dan harmoninya yang halus merupakan kontribusi besar terhadap suara unik Led Zeppelin dan warisan kejeniusan musik mereka yang abadi. Perlu dicatat bahwa banyak seniman kontemporer menyebut Robert Plant sebagai pengaruh besar pada karya mereka. Seseorang dapat belajar dari Robert Plant dengan memasukkan unsur mitologi ke dalam liriknya atau bereksperimen dengan gaya vokal baru untuk menciptakan suara yang inovatif. Komitmennya terhadap integritas artistik menjadikannya inspirasi bagi semua calon musisi yang mencari umur panjang di industri musik yang selalu berubah.  (editorMRC)     

Foto-foto yang digunakan dalam tulisan ini sepenuhnya adalah milik pemegang hak cipta.

>