Ini Dia Trio Khan, Aktor Muslim Paling Berpengaruh di India

MATARAMRADIO.COM – Salah satu marga yang dinilai sukses dalam industri perfilman India atau Bollywood adalah marga Khan. Ada banyak aktor film India yang bermarga Khan. Namun hanya tiga saja yang dinilai paling sukses merajai industri perfilman Bollywood.  Mereka adalah Amir Khan, Salman Khan dan Shah Rukh Khan, yang akrab dijuluki The King Khan of Bollywood.

Bagian Pertama dari 4 Tulisan

Mungkin anda salah satu penggemar dari ketiga aktor bermarga Khan ini. Ya, Aamir Khan, Salman Khan, dan Shah Rukh Khan. Ketiganya tidak berkerabat satu sama lain, tetapi kebetulan memiliki nama marga yang sama. Uniknya, mereka, sama-sama lahir pada tahun 1965. Popularitasnya yang sangat terkenal dan stabil, dianggap sebagai bintang film paling sukses dalam sejarah perfilman India dan dunia.

Dominasi tiga Khan di box office India sering dibandingkan dengan Marvel Cinematic Universe di Hollywood. Shah Rukh Khan sering muncul di antara tiga aktor terkaya di dunia, sementara Aamir Khan menjadi satu-satunya aktor dari Dunia Timur yang menempati peringkat pertama sebagai aktor berpenghasilan tertinggi di dunia dalam film, dan Salman Khan telah menjadi selebriti bayaran tertinggi di Asia Selatan.

BACA JUGA:  Lebih Dekat Dengan Amir Khan, Aktor Muslim India Berpengaruh di Dunia
Shah Rukh Khan I Foto: Istimewa

 Persaingan ada di antara ketiga Khan, masing-masing telah disebut sebagai “Raja Bollywood” pada waktu yang berbeda; Shah Rukh Khan adalah aktor Bollywood paling sukses pada dekade 1990-an dan 2000-an, tetapi sejak akhir 2000-an, Aamir Khan telah menjadi yang paling sukses, sementara Salman Khan adalah bintang film paling sukses secara domestik. Mereka juga mendapatkan pujian dari berbagai kritikus, di antara mereka memenangkan 6 Penghargaan Film Nasional dan 26 Penghargaan Filmfare, serta nominasi Academy Award untuk Aamir.

Amir Khan I Foto: Istimewa

Mereka juga termasuk Muslim paling terkenal di India, beberapa orang India paling terkenal yang dikenal di luar negeri, dan beberapa bintang film terbesar di dunia. Mereka telah dilaporkan oleh berbagai sumber media, dengan penghasilan yang sangat tinggi hingga ₹50 crore per film. Ketiga Khan telah memiliki karier yang sukses sejak akhir 1980-an, dan telah mendominasi box office India sejak 1990-an, selama lebih dari tiga dasawarsa.

BACA JUGA:  Cegah Sebaran Covid, Singapura Umumkan Lockdown Total Sebulan

Bila digabungkan, mereka telah membintangi delapan dari sepuluh film Bollywood terlaris tertinggi yang pernah ada, setengah dari sepuluh film India terlaris, dan hampir setiap film Bollywood terlaris tahunan teratas antara 1989 dan 2017 (kecuali untuk 1992 – 1993, dan 2006). Mereka secara resmi menciptakan Klub 100 crore, film teratas dengan penghasilan di atas 100 crore: film pertama yang menghasilkan ₹100 crore di dalam negeri adalah Hum Aapke Hain Koun yang diperankan oleh Salman (1994) dan Dilwale Dulhania Le Jayenge karya Shah Rukh (1995), dan Ghajini yang diperankan oleh Aamir Khan (2008) adalah orang pertama yang mendapat ₹ 100 crore secara pendapatan bersih. Film yang diperankan Aamir berjudul Dangal (2016) menciptakan Bollywood 1000 Crore Club, berkat keberhasilannya di luar negeri di pasar Tiongkok, dan akhirnya menciptakan 2000 Crore Club, menjadi film India dengan pendapatan tertinggi di dunia (di seluruh dunia dan luar negeri), dan salah satu film terlaris di Tiongkok dan India, dengan penghasilannya dari film tersebut diperkirakan sebesar ₹300 crore (US$47 juta), bayaran tertinggi untuk aktor non-Hollywood.

BACA JUGA:  Mau Keluar Daerah, Rapid Test Mandiri Dulu! Biayanya Rp 400 Ribu
Salman Khan I Foto: Istimewa

Pada 2014, Shah Rukh adalah aktor non-Hollywood terkaya dan aktor terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan bersih diperkirakan US$600 juta. Pada daftar Forbes 2016 dari 10 aktor dengan bayaran tertinggi di dunia, Salman berada di peringkat keenam, dengan total pendapatan US $ 33,5 juta untuk tahun itu.

Pada daftar Forbes 2017 dan  2018 dari 10 aktor dengan bayaran tertinggi di dunia, Salman Khan menduduki peringkat ke-9 pada kedua tahun, menghasilkan masing-masing  US $37 juta dan $38,5 juta pada tahun 2017 dan 2018. (Tim MRC-Bersambung)