Inilah Nominasi Oscar 2024 untuk Lagu dan Musik Orisinal   

Lagu ketiga dari film blockbuster, “Dance the Night” (di mana Ronson dan Wyatt berkolaborasi dengan Dua Lipa dan Caroline Ailin) ​​gagal melaju ke final. Ini Karena terbentur aturan tidak bolah ada dua lagu dari satu film dapat dinominasikan.  Barbie menjadi film pertama yang menelurkan dua nominasi lagu terbaik sejak La La Land tujuh tahun lalu. “City of Stars” dan “Audition (The Fools Who Dream)” keduanya dinominasikan. “City of Stars” kemudian menang.

Berbeda dengan Barbie, kedua lagu tersebut ditulis oleh tim yang sama – komposer Justin Hurwitz dan penulis lirik Benj Pasek dan Justin Paul. “What Was I Made For?”juga merupakan nominasi Grammy untuk lagu terbaik tahun ini. Oscar abadi Diane Warren dinominasikan dengan “The Fire Inside” dari Flamin’ Hot. Ini adalah nominasi lagu orisinal terbaiknya yang ke-15, sebuah tolok ukur yang hanya dicapai oleh lima penulis lagu. Ini adalah tahun ketujuh berturut-turut di mana Warren dinominasikan, rekor terpanjang dalam kategori ini sejak Sammy Cahn dinominasikan delapan tahun berturut-turut, dari tahun 1954 hingga 1961. Warren belum pernah memenangkan Oscar kompetitif. Dia adalah satu dari hanya lima orang dalam sejarah Oscar yang mengumpulkan begitu banyak nominasi tanpa kemenangan.

BACA JUGA:  GodBless dan Album Perdana yang Melegenda

Dia bergabung dengan sound mixer Greg P. Russell (16 anggukan), mendiang direktur seni Roland Anderson (15), komposer Thomas Newman (15) dan mendiang komposer Alex North (15). Jon Batiste, yang memenangkan Oscar tiga tahun lalu karena berkolaborasi dalam musik Soul dengan Trent Reznor dan Atticus Ross, mendapatkan penghargaan lagu orisinal terbaik pertamanya untuk “It Never Went Away” dari American Symphony, sebuah film dokumenter tentang satu tahun dalam hidupnya. Batiste ikut menulis lagu itu bersama Dan Wilson.

Pasangan ini juga mendapat nominasi Lagu Terbaik Grammy tahun ini, tetapi untuk lagu yang berbeda, “Butterfly.” American Symphony tidak masuk dalam nominasi fitur dokumenter terbaik.  “Wahzhazhe (Lagu untuk Rakyatku)” dari Killers of the Flower Moon mendapat nominasi yang mengejutkan. Lagu tersebut dikreditkan ke Suku Osage. Banyak yang memperkirakan “Road to Freedom” karya Lenny Kravitz akan masuk nominasi, namun gagal. Dalam kategori skor orisinal terbaik, Ludwig Göransson dinominasikan atas skornya untuk Oppenheimer.

Komposer Swedia menang dalam kategori ini lima tahun lalu karena membuat musik Black Panther.  Dia dinominasikan untuk Oscar tahun lalu karena ikut menulis lagu untuk sekuelnya. John Williams dinominasikan untuk Indiana Jones dan Dial of Destiny. Ini merupakan pencapaian Williams yang ke-49 dalam kategori penilaian dan yang keempat untuk sebuah film dalam franchise Indiana Jones. Secara total, ini adalah nominasi Oscar ke-54 yang diraih Williams (lima lainnya adalah untuk lagu orisinal terbaik), yang membawanya semakin dekat dengan rekor sepanjang masa Walt Disney, yaitu 59 nominasi untuk satu penghargaan individu. Mendiang Robbie Robertson dinominasikan untuk Killers of the Flower Moon.

BACA JUGA:  Travel Scott Rajai Billboard Hot 100 Minggu ini

Ini adalah film Martin Scorsese ke-12 dan terakhir yang digarap Robertson. Robertson, yang meninggal pada bulan Juni pada usia 80 tahun, adalah komposer pertama yang dinominasikan dalam kategori ini secara anumerta sejak Bernard Herrmann yang legendaris disitasi pada tahun 1976 untuk Obsession dan Taxi Driver. Laura Karpman menerima penghargaan Oscar pertamanya untuk Fiksi Amerika. Karpman adalah wanita kelima yang menerima nominasi dalam kategori ini dalam 25 tahun terakhir, setelah Rachel Portman (The Cider House Rules and Chocolat), Mica Levi (Jackie), Hildur Guðnadóttir (Joker), Germaine Franco (Encanto). Catatan: Levi, yang terpilih tahun ini untuk skornya untuk The Zone of Interest, keluar sebagai non-biner setelah dia mengangguk pada Jackie. Musisi Inggris Jerskin Fendrix mendapatkan penghargaan Oscar pertamanya karena mencetak lagu Poor Things. Skor yang diperkirakan akan lolos adalah Spider Man: Across the Spider-Verse karya Daniel Pemberton dan Saltburn karya Anthony Willis. Oscar ke-96 akan diadakan pada hari Minggu, 10 Maret, di Teater Dolby di Ovation Hollywood, dan akan disiarkan langsung di ABC. Jimmy Kimmel menjadi tuan rumah untuk keempat kalinya.

Inilah Daftar Lagu Nominasi  Oscar 2024!   

“It Never Went Away”

Jon Batiste, Dan Wilson

American Symphony, Netflix

“I’m Just Ken”

Mark Ronson, Andrew Wyatt

Barbie, Warner Bros.

“What Was I Made For?”

Billie Eilish, FINNEAS

Barbie, Warner Bros.

“The Fire Inside”

BACA JUGA:  Inilah 15 Penyanyi Terbaik Dunia Sepanjang Masa, Manakah Favorit Anda?

Diane Warren

Flamin’ Hot, Hulu/Searchlight Pictures

“Wahzhazhe (A Song for My People)”

The Osage Tribe

Killers of the Flower Moon (Apple Original Films/Paramount Pictures)

Shortlisted Songs That Were Not Nominated           

“Dear Alien (Who Art in Heaven)”

Jarvis Cocker, Richard Hawley, Wes Anderson

Asteroid City, Focus Features

“Dance the Night”

Caroline Ailin, Dua Lipa, Mark Ronson, Andrew Wyatt

Barbie, Warner Bros.

“Keep It Movin’”

Halle Bailey, Denisia Andrews, Brittany Coney, Morten Ristorp

The Color Purple, Warner Bros.

“Superpower (I)”

The-Dream

The Color Purple, Warner Bros.

“High Life”

Gary Clark, John Carney, Eve Hewson

Flora and Son, Apple

“Meet in the Middle”

Gary Clark, John Carney, Eve Hewson, Joseph Gordon-Levitt, John Ardiff

Flora and Son, Apple

“Can’t Catch Me Now”

Dan Nigro, Olivia Rodrigo

The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes, Lionsgate

“Quiet Eyes”

Zach Dawes, Sharon Von Etten

Past Lives, A24

“Road to Freedom”

Lenny Kravitz

Rustin, Netflix

“Am I Dreaming”

A$AP Rocky, Metro Boomin, Michael Dean, Peter Lee Johnson, Roisee, Scriptplugg

Spider-Man: Across the Spider-Verse, Sony Pictures

Jon Batiste

Barbie (Warner Bros.)

Mark Ronson, Andrew Wyatt

The Boy and the Heron (GKids)

Joe Hisaishi

The Color Purple (Warner Bros.)

Kris Bowers

Elemental (Pixar)

Thomas Newman

The Holdovers (Focus Features)

Mark Orton

Saltburn (Amazon/MGM)

Anthony Willis

Spider-Man: Across the Spider-Verse (Sony Pictures)

Daniel Pemberton

Society of the Snow (Netflix)

Michael Giacchino

The Zone of Interest (A24)

Mica Levi