Danyang–Kunshan Grand Bridge: Jembatan Terpanjang Dunia Membentang 164 Kilometer di China  

Nama resminya adalah Jembatan Danyang-Kunshan (Danyang-Kunshan Grand Bridge dalam bahasa Inggris) dan populer dengan sebutan Jembatan Kereta Cepat Beijing-Shanghai. Hal ini disebabkan karena jembatan ini merupakan bagian dari jalur kereta cepat yang menghubungkan Beijing dan Shanghai di China.

Setelah diresmikan pada tanggal 30 Juni 2011, jembatan ini diakui oleh Guinness World Records sebagai jembatan terpanjang di dunia. Prestasinya sungguh mengagumkan, dengan tinggi mencapai 100 kaki (30 meter) dan melibatkan lebih dari 10.000 orang dalam proses konstruksinya.

Bagi mereka yang pernah menempuh perjalanan dengan kereta cepat melintasi jembatan ini, mereka dapat menikmati pemandangan yang memukau. Pemandangan dataran rendah, danau, sungai, dan sawah akan menjadi bagian dari panorama yang terlihat melalui jendela kereta, memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

BACA JUGA:  Arab Saudi Bangun Qiddiya: Taman Hiburan  Terbesar Dunia

Sebagaimana dilansir MATARAMRADIO.COM dar IFLSCIENCE menyebutkan Jembatan Besar Danyang Kunshan merupakan bagian dari Kereta cepat Beijing-Shanghai, menghubungkan Shanghai dan Nanjing untuk membentuk jembatan terpanjang di dunia. Prestasi teknik yang mengesankan ini membentang sejauh 164,8 kilometer (102,4 mil) dan melintasi sawah, danau, sungai, dan bahkan kota. 

Berjalan sejajar dengan Sungai Yangtze dari mulutnya di Shanghai, jembatan ini memiliki tinggi rata-rata 100 meter (328 kaki) – namun, karena dirancang untuk memungkinkan kapal lewat di bawahnya, beberapa area jembatan memiliki jarak bebas 150 meter (492 kaki). Karena panjangnya dan perbedaan medan di bawah jembatan, secara teknis jembatan ini merupakan jembatan dan jembatan kabel di bagian yang berbeda.

BACA JUGA:  Jadi Tukang Kentut, Emma Martin Terima Honor Puluhan Juta Sebulan, Mau?

Viaduct dicirikan sebagai jembatan yang ditopang oleh serangkaian menara atau lengkungan di bawah jembatan, sedangkan jembatan cable-stayed ditopang oleh kabel diagonal dan lurus yang membentang dari menara di atas jembatan. Jembatan Besar Danyang–Kunshan sangat panjang sehingga sub-bagian jembatan tersebut, yang dikenal sebagai jembatan Langfang–Qingxian, bahkan dapat dianggap sebagai jembatan terpanjang kedua di dunia dengan panjang 114 kilometer (70,8 mil). 

Penyelesaian Jembatan Besar Danyang–Kunshan pada tahun 2011, setelah hanya empat tahun pembangunan, telah mengubah perjalanan kereta api di wilayah tersebut dengan mengurangi perjalanan 4 jam 30 menit dari Nigbo ke Jiaxing menjadi hanya 2 jam dengan kereta api. Jembatan ini tidak hanya meningkatkan fungsi transportasi umum di wilayah tersebut, namun juga menjadi daya tarik wisata tersendiri, dengan orang-orang yang bepergian dari seluruh dunia untuk menikmati pemandangan indah dari perjalanan kereta yang sangat singkat ini.  

BACA JUGA:  Menara Shanghai

Dengan biaya pembangunan sebesar $8,5 miliar – yaitu $51 juta per kilometer – seluruh jembatan ini terbuat dari ratusan ribu ton baja dan ditopang oleh sekitar 11.500 pilar beton. Satu bagian jembatannya saja menggunakan 2.000 pilar untuk melintasi Danau Yangcheng di Suzhou. Meskipun pembangunannya relatif cepat, jembatan ini dibangun untuk tahan terhadap sejumlah bencana alam yang diketahui berdampak pada wilayah tersebut seperti gempa bumi dan angin topan, serta mampu menahan hantaman langsung kapal angkatan laut seberat 300.000 ton.

Perkiraan umur jembatan ini adalah lebih dari 100 tahun. Jembatan ini tidak hanya meningkatkan fungsi transportasi umum di wilayah tersebut, namun juga menjadi daya tarik wisata tersendiri, dengan banyaknya orang yang bepergian dari seluruh dunia untuk menikmati pemandangan indah dari perjalanan kereta yang sangat singkat ini. (editorMRC)

>