Inflasi Lotim Februari 2024 Tetap “Rendah dan Stabil”

Inflasi aktual di Lombok Timur pada bulan Januari 2024 mencapai 2,71 persen “year-on-year” (yoy) atau berada pada kisaran 1,5 persen hingga 3,5 persen., sehingga sesuai dengan sasaran atau target. Dengan perkataan lain, inflasi di Lombok Timur pada Januari 2024 tergolong “rendah dan stabil”. Persoalannya, bagaimana dengan inflasi Lombok Timur Februari 2024 apakah masih tetap “rendah dan stabil”?.

Metode yang digunakan dalam perhitungan inflasi adalah Indeks Harga Kosumen (IHK). Dimana IHK merupakan suatu indeks yang menggambarkan rata-rata perubahan harga dari suatu kelompok barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga dalam periode waktu tertentu. Dalam pada itu, perubahan IHK mencerminkan tingkat kenaikan harga barang dan jasa dalam periode waktu tertentu, apakah mengalami kenaikan (inflasi) ataukah justru sebaliknya yakni penurunan (deflasi). IHK yang digunakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) telah disesuaikan berdasarkan klasifikasi internasional yakni “Classification of Individual Consumption According to Purpose” (COICOP) yang mencakup 11 (sebelas) kelompok pengeluaran.

BACA JUGA:  Selamat! HM Juaini Taofik MAP Ditetapkan Mendagri Sebagai Pj Bupati Lombok Timur


Berdasarkan data BPS NTB (2024) bahwa dari 11 kelompok pengeluaran tersebut, kelompok pengeluaran yang memberikan andil atau kontribusi terbesar terhadap inflasi di NTB pada bulan Februari 2024 adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil sebesar 2,20 persen. Dalam kelompok makanan, minuman dan tembakau ini, komoditas yang memberikan andil terbesar terhadap inflasi antara lain beras, cabai merah, telur ayam ras, daging ayam ras, dan lain-lain. Inflasi kelompok makanan, minuman, dan tembaku ini berkaitan dengan inflasi “volatile food”. Disebut bergejolak (“volatile”) karena inflasi “volatile food” tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor musim dan iklim/cuaca seperti El-Nino. Gejolak (“volatile”) dimaksud ditandai dengan rendahnya harga komoditas ketika musim panen dan cenderung melambung tinggi di luar musim panen terlebih ketika terjadi El-Nino.

BACA JUGA:  Selamat Datang New Normal


Inflasi di Lombok Timur pada bulan Februari 2024 tidak hanya berkaitan dengan inflasi “volatile food”, melainkan juga “ekspektasi inflasi” seiring dengan menjelang datangnya puasa Ramadhan pada Maret 2024. Oleh karena itu, bisa dipahami jika inflasi aktual di Lombok Timur mengalami kenaikan semula dari 2,71 persen (yoy) pada bulan Januari 2024 menjadi 2,78 persen (yoy) pada Februari 2024. Namun inflasi aktual di Lombok Timur pada bulan Februari 2024 sebesar 2,78 persen (yoy) tersebut masih berada pada kisaran 1,5 persen hingga 3,5 persen, atau sesuai dengan sasaran atau target. Dengan perkataan lain, inflasi di Lombok Timur pada Februari 2024 masih tetap tergolong “rendah dan stabil”.

BACA JUGA:  Inflasi Lotim Januari 2024 “Rendah dan Stabil”


Dari sisi kebijakan publik, ini menggambarkan bahwa Penjabat (Pi.) Bupati Lombok Timur Drs.H.M.Juaini Taofik, M.AP telah berhasil mengendalikan inflasi, sehingga inflasi di Lombok Timur tetap “rendah dan stabil”. Dalam pengendalian inflasi ini”, Pj. Bupati Lombok Timur, Drs.H.M.Juaini Taofik, M.AP telah memiliki langkah strategis yakni sebuah gerakan yang disebut “Silaturahmi untuk Lombok Timur Berkemajuan” disingkat SULTan. Melalui gerakan ini, setiap hari Jum’at Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Lombok Timur bergerak ke pasar untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan inflasi seperti keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif. Dalam pada itu, SULTan merupakan implementasi dari 7 (tujuh) nilai inti ASN yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonisasi, Loyal, Adaptif, Kolaboratif disingkat “BerAKHLAK” dan pelayanan prima (“excellent service”) 4K yang merupakan singkatan dari Kecepatan, Ketepatan, Keramahan, Kenyamanan. (*)