Arab Saudi Bangun Qiddiya: Taman Hiburan  Terbesar Dunia

Dilansir dari Wikipedia menyebutkan,Qiddiya  merupakan bagian dari tujuan untuk meningkatkan belanja daerah dan mendiversifikasi perekonomian Saudi berdasarkan Visi Saudi 2030. Proyek ini didukung oleh Dana Investasi Publik.

Menurut penyelenggara, jumlah pengunjung tahunan pada tahun 2030 akan mencapai 17 juta, dan menjadi “tujuan pariwisata terbesar di dunia”.

Rencananya Qiddiya akan berukuran tiga kali lipat dari Walt Disney World di Florida. Walt Disney World Resort mencakup 27,520 hektar tanah di Orlando, Florida. Kompleks taman hiburan ikonik ini mencakup area seluas kurang lebih 43 mil persegi, atau seukuran San Francisco, California.

Area Qiddiya yang luas akan dipenuhi dengan ratusan wahana yang membutuhkan waktu berhari-hari untuk dicoba. Wahana terbarunya antara lain rollercoaster terbesar di dunia.

BACA JUGA:  Pesona Benteng Batu Uchisar Cappadocia Turki
foto: khaleejtimes

Melaporkan dari The Sun, Rabu 10 Januari 2024, Qiddiya bukan sekadar taman hiburan, tapi juga taman air, kota olah raga, wahana petualangan alam, dan atraksi budaya. Ia juga memiliki pusat perbelanjaan, food court, bioskop, pusat akuatik dan fasilitas balap mobil.“Ini adalah usaha terbesar di dunia dalam hal hiburan, olah raga, seni, semuanya bersama-sama dan terintegrasi. Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Jadi kompleksitasnya sangat menarik,” kata Philippe Gas, veteran Disney dan CEO Qiddiya, kepada Blooloop.

Penerbangan Falcon Rollercoaster tercepat di dunia, Penerbangan Falcon, dijadwalkan dibuka tahun ini di Qiddiya. Perjalanan ini diklaim memiliki kecepatan tertinggi 156mph dan terjun di atas tebing gurun, dengan ketinggian lebih dari 500 kaki dan ketinggian 640 kaki.

BACA JUGA:  Thailand Izinkan Masuk Wisatawan Asing Tanpa Karantina

Pemegang rekor tinggi badan saat ini adalah Kingda Ka, yang berada di Six Flags Great Adventure di Jackson, New Jersey, dengan ketinggian 456 kaki.

Daya tarik di Arab Saudi juga akan lebih tinggi dari ikon London Eye yang tingginya 442 kaki. Rollercoaster super ini juga akan menjadi yang terpanjang, dengan rekor panjang 2,64 mil.

Perjalanan ini akan melintasi lebih dari 13.000 kaki rel, atau hampir satu mil lebih panjang dari pemegang rekor dunia saat ini, Steel Dragon 2000 di Nagashima Spa Land, Jepang. Terbang di atas trek balap Formula 1, Falcon’s Flight juga akan mengalahkan pemegang rekor kecepatan saat ini.

BACA JUGA:  The Great Mosque of Xi'an, Masjid Tertua di China

Formula Rossa di Ferrari World Abu Dhabi mencapai kecepatan 149 mph dan mengharuskan pengemudi memakai kacamata pelindung.

Kereta di Penerbangan Falcon akan menampung 14 orang, dua di bagian depan dan empat di masing-masing dari tiga bagian berikutnya, dengan setiap baris dilengkapi dengan kaca depannya sendiri, sehingga tidak perlu memakai kacamata pelindung. Six Flags juga akan memiliki atraksi menara tembak bertenaga mandiri terbesar di dunia, Menara Sirocco, dan ayunan pendulum terbesar di dunia, Gyrospin.

Qiddiya adalah salah satu proyek ambisius Arab Saudi karena kerajaan tersebut menghabiskan £1 triliun dalam upaya untuk melepaskan diri dari ketergantungan pada minyak. Melalui investasi besar sebagai bagian dari Visi Arab Saudi 2030, kerajaan tersebut telah mengumumkan proyek-proyek besar senilai miliaran dolar. (editorMRC)

>