1943 : Uni Soviet Luncurkan Stasiun Luar Angkasa Pertama Salyut I

MATARAMRADIO.COM – Berbagai peristiwa penting dalam sejarah dunia terjadi pada 19 April. Salah satunya adalah peristiwa peluncuran stasiun luar angkasa pertama di dunia bernama Salyut 1 milik Uni Soviet.

Stasiun luar angkasa pertama di dunia adalah Salyut 1, yang diluncurkan oleh Uni Soviet pada 19 April 1971. Stasiun-stasiun Soviet sebelumnya semuanya diberi nama “Salyut”, tetapi di antaranya ada dua jenis yang berbeda: sipil dan militer. Stasiun militer seperti  Salyut 1, Salyut 3 dan Salyut 5 dikenal sebagai stasiun Almaz.

BACA JUGA:  1776:  Pasukan Inggris Rebut Benteng Washington Selama Revolusi Amerika

Stasiun sipil Salyur 6 dan Salyut 7 dibangun dengan dua dok berlabuh (docking port), yang memungkinkan kru kedua untuk berkunjung, dengan membawa pesawat ruang angkasa baru; feri Soyuz bisa menghabiskan 90 hari di luar angkasa, dan pada saat itu perlu diganti dengan pesawat ruang angkasa Soyuz yang baru.  Ini memungkinkan kru untuk bisa mengawaki stasiun terus menerus. Skylab milik Amerika (1973-1979) juga dilengkapi dengan dua dok berlabuh, seperti stasiun generasi kedua, tetapi port tambahan tidak pernah digunakan. Kehadiran pelabuhan kedua di stasiun baru memungkinkan kendaraan pasokan Progress untuk berlabuh ke stasiun, yang berarti bahwa pasokan baru dapat dibawa untuk membantu misi jangka panjang. Konsep ini diperluas pada  Salyut 7, yang “berlabuh dengan keras” dengan TKS sesaat sebelum ditinggalkan; ini berfungsi sebagai bukti konsep untuk penggunaan stasiun ruang angkasa modular. Salyut kemudian dapat dilihat sebagai transisi antara dua kelompok. (EditorMRC)

BACA JUGA:  1943 : Adolf Hitler Nyatakan "Perang Total" Lawan Sekutu