2007: Pembantaian Virginia Tech, 32 Tewas

MATARAMRADIO.COM – Berbagai peristiwa penting dalam sejarah terjadi di berbagai belahan dunia hari ini, 16 April. Salah satunya adalah peristiwa berdarah pembantaian mahasiswa di VirginiA Tech di Universitas Negeri Virginia, Blacksburg Virginia Amerika Serikat.

Pembantaian Virginia Tech adalah suatu pembantaian yang terjadi pada dua peristiwa penembakan terpisah yang dilakukan oleh seorang mahasiswa berumur 23 tahun, Cho Seung Hui, pada tanggal 16 April 2007 di Institut Politeknik dan Universitas Negeri Virginia Blacksburg Amerika Serikat. Pejabat pemerintah, pihak universitas, dan sebagian besar sumber berita telah memberikan konfirmasi jumlah korban tewas sebanyak 32 orang berikut sang pelaku penembakan, dan menjadikan peristiwa ini sebagai penembakan sipil paling berdarah dalam sejarah Amerika Serikat.

Pelaku Pembunuhan Cho Seung Hui I foto: wikipedia

Salah seorang dari korbannya berkebangsaan Indonesia, yaitu Partahi Mamora Halomoan Lumbantoruan (34 tahun) dari Medan Sumatera Utara, mahasiswa doktoral di Fakultas Teknik Sipil.

BACA JUGA:  1841: China Serahkan Hongkong kepada Inggris

Peristiwa penting lainnya yang terjadi pada 16 April antara lain:

Vladimir Lenin

1457 SM : Pertempuran Megiddo: Pasukan Mesir Thutmose III mengalahkan koalisi besar Kanaan di bawah Raja Kadesh. Pertempuran pertama direkam dengan akun yang dapat diandalkan.

BACA JUGA:  1943 : Adolf Hitler Nyatakan "Perang Total" Lawan Sekutu

1705 : Ratu Anne dari Inggris ksatria Isaac Newton di Trinity College, Cambridge.

1746 Jacobite Rising 1745: Battle of Culloden, pertempuran terakhir di tanah Inggris: Pasukan royalis di bawah Duke of Cumberland mengalahkan pasukan Jacobite dari Charles Edward Stuart.

1900 : Kantor Pos AS menerbitkan buku perangko pertama

1917 : Vladimir Lenin mengeluarkan “tesis April” radikalnya yang menyerukan agar Soviet mengambil alih kekuasaan selama Revolusi Rusia [OS Apr 4]

BACA JUGA:  1979: Pemimpin Tertinggi Iran Juluki Amerika Serikat Setan Besar

1948 : Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi Eropa (EEC) terbentuk di Paris

    2003 : Perjanjian Aksesi ditandatangani di Athena mengakui 10 negara anggota baru ke Uni Eropa.

932 : Film pendek “The Music Box” dirilis di AS, dibintangi oleh Stan Laurel dan Oliver Hardy (1932 Film Pendek Aksi Langsung Terbaik Academy Award)

1917 : Vladimir Lenin kembali ke Petrograd dari Pengasingan di Finlandia.

1943: Dr Albert Hofmann menemukan efek psikedelik asam lisergat dietlamida (LSD) (EditorMRC)