Tipe Kepribadian dan Jurusan Kuliah

Ketika seseorang yang akan melanjutkan kuliah dan datang berkonsultasi ke seorang psikolog untuk mengetahui jurusan yang tepat maka selain diberikan tes kemampuan yang berhubungan dengan intelektual, bakat, minat, sikap kerja, juga yang tidak kalah pentingnya akan diberikan tes kepribadian.

Pertanyaannya adalah “mengapa perlu mengetahui kepribadian seseorang”?,

Jawabannya karena kepribadian itu sendiri adalah adalah suatu perpaduan yang utuh antara sikap, sifat, pola pikir, emosi, serta juga nilai-nilai yang mempengaruhi individu tersebut agar berbuat sesuatu yang benar sesuai dengan lingkungannya.


Untuk dapat mengungkap tipe kepribadian dengan minat jurusan yang tepat yaitu salah satunya dengan menggunakan inventori SDS Holland dan dari jawaban yang diberikan akan menggambarkan tipe seseorang yang terdiri dari Realistic; Investigative; Artistic; Social; Enterprising; Convensional; yang biasa disingkat (RIASEC).

Mari kita simak secara singkat masing-masing tipe tersebut!


Orang yang memiliki tipe realistic ini berpikir secara praktis, Ketika memberikan informasi, cenderung apa adanya, jujur, dan tidak bertele-tele, se-spesifik mungkin dalam memberikan informasi, bahkan akan memberikan contoh gambaran praktis dari penjelasan tersebut.

BACA JUGA:  Pilih Project Atau Tuntaskan Kuliah?

Suka belajar dengan cara mencoba-coba sesuatu, atau dengan mempraktekkan langsung apa yang dpelajari dan lebih suka bekerja di luar ruangan. Menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan keterampilan fisik, seperti, mengoperasikan benda atau atletik.

Hal-hal yang bersifat materi memang lebih menarik dibandingkan hal-hal yang abstrak dan teoritis. Sehingga, kamu cocok bekerja di tempat yang mengandalkan kompetensi teknis dan mampu menghasilkan yang nyata.

Adapun jurusan yang dapat dipilih oleh type Realistic ini antara lain teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, pertanian, perikanan, automotive, dan farmasi;

Orang dengan tipe investigative merupakan seorang pengamat yang baik dan suka mencari pemecahan masalah. Konsep abstrak-teoritis dan permasalahan yang kompleks merupakan hal yang menyenangkan baginya.

Selain itu tipe investigative suka mengamati sesuatu dan tenggelam dalam aktivitas bidang keilmuan. Sedangkan lingkungan kerja yang disukai tipe ini apabila mampu mengembangkan kemampuan berpikir dan berfokus pada mencari solusi yang kreatif.

Jurusan yang tepat untuk tipe ini antara lain kimia, fisika, biologi, perangkat lunak, periklanan, dan kriminologi;


Selanjutnya adalah tipe artistic, dimana suka dengan kegiatan kreatif, seperti, penciptaan seni, menulis, produksi film, dan bermain peran. Estetika adalah hal yang menarik, suka berimajinasi, juga orang lain melihat orang tipe ini sebagai sosok yang orisinil karena cara berpikirnya yang kreatif dan unik.

BACA JUGA:  Susah Dapat Jodoh Idaman

Menyukai lingkungan kerja yang membebaskan untuk berkreasi dan menghargai orisinalitas. Ketika ingin memilih jurusan kuliah bagi tipe ini maka artenatif jurusannya adalah seni rupa, seni tari, arsitek, desaint interior, dan Bahasa;


Apabila dalam diri seseorang bepikir dan bersikap bahwa orang lain adalah sesuatu yang penting, maka orang tersebut adalah tipe sosial. Dimana tipe sosial dalam bekerja, lebih tertarik dengan hubungan interpersonal antar anggota kelompok.

Orang dengan tipe ini kebanyakan tampil sebagai sosok yang bersahabat, penuh pengertian, kooperatif dan menaruh perhatian pada isu-isu sosial. Sehingga, menyenangkan bagimu untuk berpartisipasi dalam aktivitas sosial dan memecahkan permasalahan interpersonal.

Senang bekerja dalam lingkungan yang menekankan pada kualitas kerja tim, keterbukaan antar anggota tim dan berkomunikasi mengenai hal-hal penting dari orang lain. Adapun jurusan yang tepa antara lain psikologi, bimbingan konseling, komunikasi, sosiologi dan sekretaris;


Orang dengan tipe enterprising ini cenderung menyukai aktifitas mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan. Dapat memotivasi dan meyakinkan orang lain agar mereka bisa menyelesaikan tugasnya.

BACA JUGA:  Kiat Memilih Jurusan Kuliah

Dengan karakteristik percaya diri, ambisius, energik dan menguasai, lebih menyukai kegiatan yang berhubungan dengan Bahasa. Kebanyakan orang dengan tipe ini cenderung mengincar posisi atau peran sebagai atasan.

Menyukai pekerjaan yang memiliki kompensasi setelahnya, seperti, uang, kekuasaan, dan status. Oleh karena itu, lingkungan kerja kompetitif yang berisikan orang-orang penuh ambisi akan membuatnya semakin giat dalam bekerja.

Jurusan kuliah yang tepat bagi tipe ini antara lain manajemen, bisnis, komunikasi, hubungan interpersonal, dan marketing;


Akhirnya orang dengan tipe conventional menyukai aktifitas yang terorganisir, rapi dan sistematis, lebih menyukai peraturan serta berusaha agar hasil kerjanya teratur. Akurasi dan detail adalah hal yang penting (tidak imajinatif dan tidak luwes).

Pekerjaan yang cocok pada tipe ini adalah administratif, organisasi, dan yang berhubungan dengan angka. Dalam bekerja, lebih menyukai pekerjaan yang mampu mengembangkan kemampuan dalam mengorganisasi sesuatu dan memiliki alur instruksi yang jelas.

Sedangkan jurusan yang tepat antara lain akuntansi, statistik, ekonomi, administrasi, dan programer (IT).


Semoga tulisan ini bermanfaat … sekian dan terima kasih. ***