Jagoan Kalah Pilpres!

Jawab. Terima kasih Bapak Rangga telah bersedia berbagi permasalahan melalui  rublik solusi psikologi ini… Baiklah atas apa yang Bapak alami merupa rasa kecewa dan sekaligus perasaan stress karena keadaan ketidak sesuai antara  harapan dengan kenyataan yang ada, dimana jagoan Bapak tidak berhasil dalam kontestasi pemilihan anggota legeslatif dan disinyalir karena adanya  kecurangan dari penguasa.

 Apa yang Bapak Rangga rasakan itu secara umum adalah manusiawi dan wajar-wajar saja, hanya  jangan sampai berlarut-larut rasa kecewa dan stress itu karena akan menganggu dan mempengaruhi produktivitas dan kehidupan Bapak selanjutnya.

Yang dapat bapak lakukan adalah :

Pertama,  Bapak perlu melakukan investigasi dan data-data pendukung hal-hal apa yang membuat jagoan Bapak kalah;

Kedua, agar Bapak dapat menerima kenyataan tersebut yang perlu Bapak pahami bahwa dalam hidup ini ada dua hal yang harus selalu menjadi perhatian kita, yaitu ada yang dapat kita kendalikan sehingga sesuai dengan keinginan, namun ada yang tidak dapat kita kendalikan karena diluar kemampuan. Karena itu jika kekalahan jagoan bapak ternyata diluar kendali Bapak maka apapun yang Bapak lakukan tidak akan membuahkan hasil maksimal, malah perasaan kecewa dan stress yang lebih mendalam;

Ketiga, ambillah sikap yang tetap optimis, jangan Bapak membayangkan apa yang akan dialami lima tahun kedepan karena Bapak tidak akan tahu apa yang terjadi esok, karena itu  lakukan yang ada saat ini, dengan kemampuan  dan sumber daya yang Bapak miliki, kalahnya jagoan Bapak tentunya tidak harus membuat Bapak terpuruk, ingat hidup ini “terus berjalan dan harus kita perjuangkan”;

Keempat, juga yang perlu dipahami bahwa apa yang dianggap baik oleh seseorang belum tentu itu baik baginya, sebaliknya apa yang tidak baik bagi dirinya bisa jadi itulah yang terbaik. Disinilah terkadang kita kadang lupa bahwa  kegagalan (kekalahan) dan keberhasilan itu memiliki peluang yang sama (50% – 50%). Yang di nilai bukan hasil akhir, namun tatacara  atau nilai nilai dari usaha untuk mencapai hasil akhir tersebut.  

Semoga Bapak Rangga dapat memahami beberapa point yang saya sampaikan diatas, teriring doa semoga sukses dan tercapai cita-cita dalam hidup. Sekian,  terima kasih dan semoga bermanfaat. 

BACA JUGA:  Kepuasan Dalam Pernikahan