Selesaikan Kuliah atau Kerja ke Luar Negeri?

Saya ceritanya ketemu kawan SMK yang kini kerja di Jepang. Dia berhasil mendapatkan pekerjaan yang dicita citakannya sejak SMK. Dia bekerja di perusahaan perikanan. Dia kini punya lembaga pendidikan Bahasa Jepang.Singkat cerita, saya disarankan ambil program student visa. Jadi bisa kerja sambil kuliah.Masalahnya saya lagi kuliah juga di Mataram.

Dia memberi saya saran ambil kuliah terbuka biar bisa menyesuaikan dengan jam kerja di luar negeri. Saya bingung.  Bagaimana sebaiknya saya membuat keputusan? Mohon solusinya Pak.

Jawab

Sebelum saya memberikan jawaban akan  dilema yang saat ini Anda alami, yaitu antara lanjut kuliah atau mengambil kesempatan bekerja keluar negeri,   saya menyampaikan terima kasih atas perhatiannya terhadap rublik solusi psikolog ini.

BACA JUGA:  Etiskah Perempuan Curhat Duluan Sama Lawan Jenis?

Baiklah …. Kondisi dilema yang  pada  diri saudara  yaitu bingung  menentukan pilihan  antara lanjut kuliah atau bekerja ke luar negeri sehingga bisa sukses seperti kawan Anda  yang dalam psikologi diistlahkan  dengan  “indecisive” dimana merupakan suatu perasaan atau kebingungan yang ditimbulkan akibat memutuskan sesuatu. Hal ini wajar dialami oleh siapa saja. Akan tetapi , jika kebingunan berlebihan dan tidak dicarikan solusinya maka akan mempengaruhi aktivitas  dan produktivitas.

Memilih dua keadaan yang sama-sama penting dan bernilai positif (dalam hal ini melanjutkan dan menyelesaikan kuliah, atau bekerja dulu ke luar negeri).  

BACA JUGA:   Kesiapan Mental Pemilihan  Bagi Caleg

Nach… apa beberapa masukan dan saran yang dapat Anda lakukan :

  • Membuat priotitas antara kedua pilihan  yaitu melanjutkan dan menyelesaikan kuliah   menjadi priotitas kedua, atau sebaliknya;
  • Saran dari teman Anda untuk mengambil kuliah program student visa atau kuliah terbuka bisa menjadi aternatif,   tentunya agar kedua aktifitas (kuliah dan bekerja)   dapat berjalan  maka perlu dibuat perencanaan yang baik disertai   kedisplinan dan tanggung jawab;
  • Komunikasikan dengan orang tua, dosen wali, atau teman Anda untuk mendapatkan masukan dan setelah mendapatkan masukan-masukan tersebut, maka   Anda perlu membuat keputusan  yang paling menguntungkan dan dapat dilakukan;
  • Atau alternatif lain, Anda bisa mengambil cuti kuliah selama mengikuti program kerja tersebut,  
  • Keputusan ada ditangan Anda, dan Andalah penentu masa depan Anda sendiri;
BACA JUGA:  Pilih Project Atau Tuntaskan Kuliah?

Karena itu diperlukan  kepercayaan  diri untuk mengambil keputusan bisa jadi  berat untuk sebagian orang, akan tetapi Anda  harus  memiliki keputusan sehingga  Anda bisa fokus menjalanakannya; 

 Apa yang dilakukan dalam hidup ini adalah sebuah pilihan yang harus diputuskan, dan  keputusan tersebut haruslah yang menguntungkan dan membuat bahagia diri sendiri dan orang lain. Setelah  membuat  dan mengambil keputusan tentunya dilakukan dengan sungguh-sungguh sehingga tidak merasa ada yang dikorbankan. 

Semoga ada manfaatnya serta bisa memberikan jalan keluar dari  dilema yang saat ini Anda alami… Harapan saya semoga Anda  sukses dalam mewujudkan mimpi dan meraih cita-cita.