Cara Meraih Prestasi di Sekolah

Kalau  mau meraih sukses di sekolah,  harus  menyiapkan diri sebaik-baiknya dalam menghadapi pelajaran, baik persiapan yang dilakukan di rumah maupun di sekolah.  Berikut ini  cara  yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi di sekolah:

1. Menumbuhkan  rasa suka dan minat.

Ini dapat ditumbuhkan dengan membangun sikap bahwa belajar adalah kewajiban yang harus dilaksanakan, bukan sebagai beban;

2. Menimbulkan  rasa tanggung jawab diri.

Apabila guru meminta bantuan  untuk mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa teman kelas dan pimpinan mereka untuk membersihkan kelas bersama-sama.

3.  Mendengarkan penjelasan guru dengan baik.

Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru apabila memang mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil  untuk menjawab pertanyaan.

4.  Jangan malu untuk bertanya.

Selalu ajukan pertanyaan kepada guru apabila kurang atau bahkan tidak mengerti tentang sesuatu hal.

BACA JUGA:  Pilih Project Atau Tuntaskan Kuliah?

5. Jangan menunda-nunda tugas atau Pekerjaan Rumah .

Segera lakukan tugas atau pekerjaan rumah tesebut, karena jika ditunda-tunda akan menghambat tugas yang lainnya. Ingat ”gunakan waktu luangmu, sebelum datang waktu sempitmu”;

6. Setiap pulang dari sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan.


Artinya belajar secara berkesinambungan, jangan memporsir belajar ketika akan ulangan atau ujian  keesokah harinya (menggunakan Sistem Kebut Semalam);

7.  Cukup istirahat, makan dan bermain.

Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!

8.  Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka.

Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kalian malahan menyukainya.

BACA JUGA:  Atasan Posesif

9. Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang kamu senangi.

Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut, sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.

10. Cari seorang pembimbing yang baik.

Orangtua adalah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.

11. Jangan suka mencontek teman.

Kalau mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lain, malu kan? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan dapat nilai baik. Kebiasaan mencontek tersebut adalah menipu diri sendiri, orangtua, dan guru. Ingat jadilah orang yang jujur dalam kondiri apapun.

BACA JUGA:  Kiat Memilih Jurusan Kuliah

Selain hal tersebut diatas yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah :

  1. Buatlah jadwaal belajar dengan melihat kondisi fisik dan mental dalam setiap mata pelajaran, dengan cara mengelompokkan berdasarkan tingkat pemahaman (Sulit dipahami, cukup dipahami, mudah dipahami);
  2. Belajarlah secara berkelompok, berdiskusi, dan bertanyalah jika belum dimengerti pelajaran tersebut. Jangan didiamkan ketidak mengertian itu;
  3. Bila ada jam pelajaran yang kosong di sekolah, sebaiknya membahas soal atau membaca bahan pelajaran yang kosong tersebut, jangan sia-siakan waktu dengan bersantai-santai. Ingat waktu tidak akan pernah Kembali lagi;
  4. Bermain dan menyalurkan hoby boleh saja, namun jangan sampai melupakan tugas utama sebagai pelajar adalah belajar;

Akhirnya dirilah yang berperan dalam meraih kesuksesan, dengan memiliki sikap yang “menghargai waktu, bertanggung jawab, keuletan, ketekunan, percaya diri, menyukai apa yang dilakukan serta harus bertujuan”,  semoga bermanfaat.  (*)