Bila Hanya Paslon ZulUhel dan Rohmi-Firin yang Bertarung di Pilgub NTB 2024, Inilah Pemenangnya Versi Lembaga Survei!

Apalagi setelah empat lembaga survei telah mengumumkan hasil penelitian mereka meneropong peta elektabilitas dan popularitas kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan bertarung pada Pilgub NTB 27 November 2024.

Lembaga survei tersebut antara lain LSI Denny JA, Kedai Kopi dan OMI Institut dan Presisi.

Dari empat lembaga survei ini, hanya Presisi yang menyatakan survei mereka hanya terbatas di Kabupaten Lombok Timur dengan alasan merupakan kabupaten dengan jumlah pemilih terbanyak di NTB.

Publik pun bertanya bila hanya ada dua pasangan yang bertarung yakni Rohmi Firin Vs ZulUhel, siapa kemudian yang unggul bila Pilgub digelar hari ini?


Bila mengacu pada hasil survei elektabilitas para calon gubernur dan wakil gubernur NTB yang berseliweran di media massa hingga hari ini, maka hasil 4 lembaga survei dapat menjadi rujukan.


LSI Denny JA secara terang-benderang mengumumkan elektabiltas Bang Zul dan Abah Uhel berada di atas angin.


Dalam hasil surveinya LSI mengumumkan, ketika simulasi dilakukan pada 8 nama calon, angka elektabilitas Bang Zul memimpin dengan raihan 32,1%, Suhaili 11,9%, Siti Rohmi 10,3%, Dinda 10,1%, M.Iqbal 6,4, Gita Ariadi 3,5%, Mohan Roliskana 3,1%, Musyafirin 2,0%.


Bang Zul kebagian migrasi dukungan yang paling besar karena ada 15,7% pemilih yang bermigrasi ketika hanya 8 nama yang disodorkan pada pemilih.

Sedangkan 7 nama lain hanya mendapatkan migrasi pemilih rata rata ± 3% saja,”sebut sebuah sumber kuat yang minta namanya dirahasiakan.


Sebuah sumber kuat menyebutkan, terjadinya migrasi dukungan yang masif kepada bang Zul berbanding lurus dengan variabel yang mempengaruhi pemilih sebagaimana yang tergambar pada survei Poltracking periode maret 2024.

BACA JUGA:  Relawan Jokowi Siap Gelar Konvoi Kemenangan Prabowo Gibran, Nasrudin Hakiki: Terimakasih Masyarakat NTB


“Ada 80,6% preferensi pemilih karena variabel Agama 30%, Pengalaman/kinerja 24,3%, Karakter Kandidat 9,7%, Kompetensi kandidat 9,1%, dan Visi Misi kandidat 7,5,”jelasnya.


Meski tidak menampilkan pasangan calon, hasil survei LSI mengisyaratkan pasangan ZulUhel adalah pemenang Pilgub NTB 2024.

Sementara itu, dalam survei terkini dari Lembaga Survei Kedai Kopi, hasil simulasi pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) menunjukkan dominasi Zulkieflimansyah dengan perolehan suara yang cukup besar.


Survei tersebut menanyakan “Jika pemilihan Gubernur dilakukan hari ini, siapa yang layak menjadi Gubernur NTB?” kepada responden dan menghasilkan angka sebagai berikut:


Zulkieflimansyah – 67,3%
Sitti Rohmi Djalillah – 19,5%
Lalu Muhammad Iqbal – 3,4%
Ali bin Dachlan – 3,1%
Sukiman Azmi – 2,0%
Suhaili FT – 2,0%
Lalu Muhammad Gede Astani – 1,5%
Lalu Pathul Bahri – 1,3%


Dengan 67,3 persen dukungan, Zulkieflimansyah jauh mengungguli kandidat lainnya. Dukungan hampir dua pertiga ini menunjukkan kepercayaan besar masyarakat NTB terhadap kepemimpinannya.

Di tempat kedua, Sitti Rohmi Djalillah memperoleh 19,5 persen suara, terpaut cukup jauh dari Zulkieflimansyah.
Dukungan besar ini bisa menjadi indikasi kepuasan pemilih terhadap kinerja Zulkieflimansyah.


Sementara itu, Hasil survei yang dilakukan terkini yang dilakukan Lembaga Survei Olat Maras Institut (OMI) menunjukkan hasil yang lebih rinci, tidak saja meneliti elektabilitas masing-masing kandidat tetapi juga melakukan simulasi pasangan calon.


OMI Insttitut menggelar survei terakhir pada pada 12-21 Maret 2024, menggunakan multistage random sampling dengan responden 800 orang.

Tersebar di seluruh Kabupaten dan Kecamatan di Nusa Tenggara Barat, dengan margin of error 3,54% dan tingkat kepercayaan 95%.


Sebaran responden terbesar di Kabupaten Lombok Timur sebanyak 25%; Kabupaten Lombok Tengah 19,8%; Kabupaten Lombok Barat 13,3%; Kabupaten Bima 9,6%; Kabupaten Sumbawa 9,4%, Kota Mataram 8%; Kabupaten Dompu 4,8%; Kabupaten Lombok Utara 4,6%, Kota Bima 2,9% dan Kabupaten Sumbawa Barat 2,6%.

BACA JUGA:  PJ Sekda : Pemprov NTB Siap Laksanakan Pemilukada 2024


Pertanyaan yang diajukan kepada responden mencakup siapa gubernur pilihan anda, siapa wakil gubernur pilihan anda dan siapakah pasangan calon yang anda akan pilih bila Pemilihan dilaksanakan hari ini.

Semua simulasi paslon dilaksanakan secara proporsional.
Hasil survei OMI Institute menyebutkan pasangan calon yang unggul adalah Bang Zul – Abah Uhel alias Zuluhel meraih 50,5% suara.

Disusul pasangan Iqbal Damayanti dengan 11,6 %, Rohmi Firin 10,6 dan Fathul HMS dengan torehan 5 %. Adapun yang belum menentukan pilihan saat survei dilaksanakan sebesar 22,5%.

Dari hasil survei OMI Institut, keterpilihan Gubernur NTB 2018-2023 Dr Zulkieflimansyah (Dr Zul) selalu berada di angka tertinggi, yaitu rata-rata di atas 85% keterpilihan secara pribadi, bahkan di survei terakhir maret 2024 mendapatkan angka 91% keterpilihan pribadi sebagai Gubernur.


Di susul oleh Suhaili Bupati Lombok Tengah 2016-2021, Sukiman Azmy Bupati Lombok Timur 2018-2023, dan Pathul Bahri Bupati Lombok Tengah 2020-2024 diangka rata-rata 80%.


Sedangkan Wakil Gubernur NTB 2018-2023 Dr. Sitti Rohmi Djalillah (Dr. Rohmi) selalu berada di angka tertinggi sebagai Wakil Gubernur NTB diangka rata-rata 70% keterpilihan secara pribadi, bahkan di survei terakhir maret 2024 mendapatkan angka 73,9%.

Sedangkan keterpilihan Rohmi sebagai Gubernur NTB secara pribadi hanya diangka 17% di survei Maret 2024.


“Untuk di posisi Wakil Gubernur NTB tidak hanya ditempati oleh Dr Rohmi saja yang mulai disoroti masyarakat.
Muncul juga nama Dr Musyafirin Bupati Kabupaten Sumbawa Barat 2 periode yang mencapai angka di survei terakhir Maret 2024 yaitu 64,6%, disusul dengan Indah Dhamayanti Putri Bupati Bima, dan Mohan Roliskana Walikota Mataram dengan keterpilihan secara pribadi diangka rata-rata 30% sebagai bakal calon wakil gubernur NTB,”papar Miftahul Arzak SIKom, MA, Peneliti OMI Institut yang sedang menyelesaikan Pendidikan Doktor di School of Communication, Universiti Sains Malaysia ini.

BACA JUGA:  Dinasti Politik Kota Mataram Bakal Tumbang di Pilkada 2020?

Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (Presisi) merilis hasil survei untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024. Presisi mensurvei 440 responden di Kabupaten Lombok Timur, NTB, pada 25 Mei sampai 4 Juni 2024.


Direktur Eksekutif Presisi Darwan Samurdja mengungkapkan Lombok Timur akan menjadi salah satu penentu kemenangan dalam Pilgub NTB 2024. Kandidat yang menguasai Lombok Timur, berpotensi memenangkan pilgub mendatang.


“Ceruk pemilih terbesar di NTB adalah Lombok Timur, sehingga ini akan menjadi menjadi battle atau wilayah pertarungan yang berat bagi bakal calon pasangan yang lain,” kata Darwan dalam keterangannya pada Jumat (14/6/2024).


Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lombok Timur mencapai 985.385 pemilih.


Hal itu membuat Lombok Timur sebagai daerah yang memiliki DPT paling banyak di Bumi Gora, sebutan untuk NTB.
Hasil survei Presisi menyebutkan tingkat elektabilitas Wakil Gubernur NTB 2018-2023, Siti Rohmi Djalilah, mencapai 36,8 persen.

Adapun elektabilitas eks Bupati Lombok Timur 2018-2023 yakni Sukiman Azmy mencapai 17,7 persen; Gubernur NTB 2018-2023 Zulkieflimansyah (9,3%); mantan Bupati Lombok Tengah 2010-2018 Suhaili alias Abah Uhel (3,6%); eks Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhaamd Iqbal (2,3%); Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi (1,3%); hingga Ketua DPD I Partai Golkar NTB yang juga Wali Kota Mataram Mohan Roliskana (0,5%).


Sementara pemilih yang masih merahasiakan, tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 28,5 persen.


Dari 4 lembaga survei ini, menjawab pertanyaan publik, bila pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB digelar hari ini maka pemenangnya adalah pasangan Bang Zul dan Abah Uhel alias ZulUhel.(editorMRC)