MATARAMRADIO.COM – Lombok dengan segala kekayaan alamnya memberikan warna bagi dunia kuliner. Di blantika makanan,  orang mengenal Ayam Taliwang, Plecing Kangkung, Bebalung, sate bulayak dan lainnya. Di jajaran jajanan Lombok pun menyajikan berbagai khas olahan mulai dari crorot, Bantal Gapuk dan lainnya.  Dari sekian jajanan, ada satu jajanan yang mungkin jarang ditemui warga Lombok yang senang dengan jajanan pasar yakni Tai Lunge.

BACA JUGA:  Ini Dia 21 Pusat Belanja Yang Ditutup Sementara di Mataram

Yaaa..jajanan satu ini memang sudah jarang ditemui. Di beberapa pasar yang menjajakan jajanan pasar (jajanan tempo dulu)  pun, pedagang lebih banyak menjajakan serabi, lupis, urap jagung, klepon serta lainnya.

Tai Lunge, jajanan yang terbuat dari tepung singkong ini baru ditemui saat ada pesta rakyat dalam rangka ulang tahun Desa Langko kecamatan Lingsar kabupaten Lombok Barat.

Menurut empunya, inaq Sariah jajanan Tai Lunge termasuk jajanan tempo dulu. Jajanan tersebut sudah ada sejak ia masih kecil. “Mungkin karena terlalu ribet membuatnya makanya jajanan ini sudah jarang ditemui,” paparnya.

BACA JUGA:  ICA Siap Kembangkan Kuliner Nusantara

Untuk membuat Tai Lunge, kata inaq Sariah singkong terlebih dahulu  dikeringkan. Setelah kering ditumbuk dibuat menjadi tepung.

Setelah menjadi tepung campur dengan air membentuk adonan namun jangan terlalu lembek. Sesudah itu barulah dicetak dengan menggunakan alat yang terbuat dari batok kelapa berlobang.

Selesaikah? Belum. Ternyata setelah itu adonan masih harus dikukus lagi sampai mateng. “Ini baru tahap awal,” katanya.

BACA JUGA:  Dharma Wanita Harus Menjadi Contoh

Kalau sudah begini, tinggal taruh di daun pisang, tambahkan parutan kelapa dan gula merah cair. Jadi deh.

Kalau soal rasa, ini soal selera. Karena bahannya dari tepung singkong maka teksturnya agak keras namun kenyal dan enak di lidah. Rasa singkong campur gurih kelapa dan manisnya gula, silahkan bayangkan sendiri.  Selamat menikmati, semoga bisa ketemu lagi. (MRC-03)