Kinder Joy Dilarang Beredar, Ini Penjelasan BB POM Mataram!

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) Mataram bergerak cepat menindaklanjuti instruksi BPOM terkait   penghentian sementara peredaran produk kinder joy, permen yang dibuat sebuah perusahaan makanan pemanis asal India, Ferrero India PVT,LTD. Ada apa gerangan?

Kepala BB POM Mataram Dra I Gusti Ayu Aryapatni mengungkapkan, pihaknya telah menerjunkan tim ke lapangan untuk melakukan monitoring sejak Selasa (12/4) dengan sasaran sedikitnya 22 sarana berupa empat distributor dan 18 ritel yang tersebar di Kota Mataram, Lombok Timur dan Lombok Tengah.”Kita ingin memastikan produk itu ditarik sementara sambil menunggu hasil kajian lebih lanjut, apakah produk kinder joy yang beredar aman atau tidak,”jelasnya kepada MATARAMRADIO.COM.

Disebutkan, pihaknya akan melakukan random sampling terhadap semua produk merek kinder joy asal India  yang terdaftar di BPOM. Varian produk tersebut antara lain Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls.” Badan POM akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella. Badan POM mengawal dan memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku,”jelasnya.

Ia mengungkapkan,untuk melindungi masyarakat dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, Badan POM akan melakukan random sampling dan pengujian di seluruh wilayah Indonesia termasuk NTB terhadap produk merek Kinder yang terdaftar.” Segera Laporkan ke BB POM Mataram Bila Kinder Joy Masih Diperjualbelikan,”tegas mantan Kepala BB POM Semarang ini dan meminta para distributor dan ritel modern di NTB yang masih menjual produk kinder joy agar menarik dan menurunkan dulu dari display penjualan hingga waktu yang belum ditentukan.

BACA JUGA:  Kluster Gowa Dominasi 38 Pasien Baru, Positif Covid 19 di NTB

Sebagai perlindungan terhadap masyarakat, lanjut Aryapatni, Badan POM terus melakukan pengawasan sebelum produk beredar (pre-market) dan setelah produk beredar (post-market) untuk mengawal keamanan, mutu, dan gizi pangan.

Pihaknya juga terus mengimbau masyarakat agar menjadi konsumen cerdas dan tidak mudah terpengaruh dengan isu yang beredar. “Selalu lakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan,”ajaknya.

Tentang Kinder Joy

Kinder Joy atau Kinder Merendero adalah sejenis permen  yang dibuat oleh perusahaan makanan manis Italia, Ferrero sebagai bagian dari merek produknya Kinder. Produk ini memiliki kemasan berbentuk telur plastik yang terbagi menjadi dua, setengah bagian berisi lapisan krim cokelat dan susu dan separuh bagian lainnya berisi mainan. Kinder Joy diluncurkan di Italia pada tahun 2001 dan hingga 2014 dijual di lebih dari 100 negara.

BACA JUGA:  Selamat Gita Lombok NTB, Juara Satu KDI 2020

Sayangnya, pada 2 April 2022 lalu, Food Standard Agency (FSA) Inggris menerbitkan peringatan publik terkait penarikan secara sukarela produk cokelat merek Kinder Surprise karena diduga terkontaminasi bakteri Salmonella (non-thypoid) dengan gejala ringan yang ditimbulkan adalah diare, demam, dan kram perut. Korban yang terdampak sebanyak 63 orang anak-anak, namun tidak sampai menyebabkan kematian.

Produk yang ditarik adalah produk cokelat merek Kinder Surprise dalam kemasan tunggal 20 gram dan kemasan isi 3 @ 20 gram, dengan batas tanggal kedaluwarsa masing-masing produk sampai dengan tanggal 7 Oktober 2022.

Untuk kehati-hatian, penarikan produk diperluas dengan menambahkan beberapa varian, yaitu produk merek Kinder Surprise kemasan 100 gram, Kinder Mini Eggs kemasan 75 gram, Kinder Egg Hunt Kit kemasan 150 gram, dan Kinder Schokobons kemasan 200 gram dengan tanggal kedaluwarsa 20 April 2022 – 21 Agustus 2022. Semua produk cokelat Kinder diproduksi oleh Ferrero N.V/S.A di Belgia.

Kinder Joy dengan varian camilan cokelat lain yang mirip yaitu Kinder Surprise, merupakan produk asal Italia milik Ferrero Group. Ferrero Group didirikan oleh Pietro Ferrero dan saudaranya bernama Giovanni, seperti dikutip Forbes. Keduanya berhasil menjual produk cokelat pertama bernama Supercrema pada 1946.

BACA JUGA:  Mohan Roliskana, Perjalanan Karir Sang Walikota Mataram

Hampir 20 tahun berselang, Ferrero Group kembali meluncurkan produk cokelat ternama, yakni Nutella, pada 1964.

Tidak puas dengan selai cokelat populer itu, Ferrero Group juga meluncurkan berbagai produk camilan cokelat yang berhasil dikenal banyak orang. Salah satunya, produk cokelat Kinder. Dikutip dari laman resmi Ferrero, variasi cokelat Kinder pertama yang diluncurkan oleh Ferrero Group adalah Kinder Chocolate pada 1968. Cokelat Kinder kemudian semakin beragam dengan munculnya produk Kinder Surprise pada 1974.  Dikutip dari Kinder, Kinder Surprise merupakan produk cokelat yang terinspirasi dari tradisi berburu telur saat Paskah di Italia. Layaknya telur paskah, Kinder Surprise berbentuk telur yang didesain penuh warna sehingga terlihat menarik. Kinder Surprise memiliki isi makanan berbalut cokelat dan hadiah acak berupa mainan yang disukai anak-anak. Setidaknya, ada 100 mainan berbeda diluncurkan setiap tahun, yang terdapat di dalam Kinder Surprise.

Adapun produk merek Kinder yang terdaftar di Badan POM berasal dari India dengan nama varian produk antara lain Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls. Produk tersebut diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD.(EditorMRC)