Maiq Meres! Ikan Nila Masak Bumbu Kuning Sembalun Bikin Ketagihan

MATARAMRADIO.COM, Lombok Timur – Lombok terkenal dengan wisata alam dan juga beragam kuliner favorit. Salah satu daerah wisata yang sangat terkenal adalah Desa Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani Lombok Timur.

Desa Sembalun menjadi destinasi wajib saat mengunjungi Rinjani. Di sana ada sajian ikan nila yang nikmat dengan bumbu kuning yang gurihnya bikin ketagihan.
Saat berkunjung ke Gunung Rinjani, Lombok Timur, pasti akan ke Desa Sembalun yang udaranya sejuk dengan pemandangan memanjakan mata. Tak hanya tempat wisatanya yang menarik untuk dikunjungi, tapi ada juga makanan khas Sembalun yang wajib dicicipi.

Salah satu lesehan yang cukup terkenal bernama Warung Lesehan bernama Balamo Sembalun.

BACA JUGA:  Pangan Dunia Makin Rawan dan Mengerikan!

Menurut Rozak, seorang pemandu wisata Sembalun, warung lesehan Balamo ini yang pertama kali muncul di Sembalun.”Lesehan Balamo Semnbalun yang pertama kali ada di Sembalun. Dan di sini ada mennu spesialnya yaitu ikan nila bumbu kuning khas Sembalun. Sajian ini cuma ada di Sembalun,” kata Rozak sebagaimana dikutip detikFood (25/11).

Sang Pemilik Warung Ibu Ida menuturkan resep ikan Nila Bumbu Kuning khas Lesehan Balamo.

“Ini ikannya kita pakai bumbu khas Sembalun. Bumbunya cabe, kunyit, bawang putih, garam, sama jeruk. Bumbu itu kemudian ditumis dengan sedikit minyak dan ditambahkan air, lalu dimasak bareng si ikan nila ini,” ujarnya.

Lesehan Balamo Sembalun /foto: detikcom

Satu porsi ikan nila khas Sembalun ini disajikan bersama sayur bening. Pilihan sayur beningnya tidak menentu, kali ini mereka menyajikan bayam dan labu siam. Tentunya nasi putih hangat tak lupa disajikan.

BACA JUGA:  Membuat Cap Cay Goreng yang Maknyus

Walaupun tidak melalui proses penggorengan terlebih dahulu, namun rasa ikan nilanya tidak amis. Tekstur dagingnya sangat lembut dan bumbu kuning khas Sembalun juga meresap sampai ke bagian dalam daging.

Saat mencicipi bumbu kuningnnya, ada sensasi gurih dan sedikit asam segar. Karena ada jeruk orson pada campuran bumbunya. Rasanya sangat memanjakan lidah, apalagi disantap bersama nasi hangat.

Sayur bening bayam dan labu siam menambah kenikmatan makan siang hari itu. Sayur bening tersebut memberikan sensasi yang segar. Apalagi udara Sembalun yang sejuk, sehingga dapat menghangatkan tubuh. Ikan nila bumbu kuning ini bisa dinikmati dengan harga Rp 60.000 per paketnya.

BACA JUGA:  Waspada, Makanan Berbahaya bagi Kesehatan

Selesai mencicipi ikan nila khas Sembalun, pengunjung juga disuguhkan segelas teh daun mint hangat. Tehnya ditambahkan gula, jadi memiliki rasa yang agak manis dan memberikan sensasi dingin dan menyegarkan dari daun mint.

Menurut Rozak pemandu Rinjani, daun mint tumbuh liar di Sembalun dan dapat ditemui di pinggir jalan. “Daun mint di sini liar, banyak di pinggiran jalan. Dicampur teh enak banget,” ucapnya.

Penasaran ingin nikmati sensasi kuliner khas Lesehan Balamo? Dong ayo ke Sembalun! (EditorMRC)