Tampilkan Ciuman Sesama Jenis, Arab Saudi Cekal Film Lightyear

MATARAMRADIO.COM – Pemerintah Arab Saudi resmi melarang film animasi besutan Disney Pixar, Lightyear untuk tayang di negaranya. Musababnya, film tersebut memperlihatkan adegan sarat LGBT, yakni ciuman sesama jenis.

Laman The Hollywood Reporter melaporkan, bukan kali ini saja Arab Saudi melarang tayang film di negaranya dengan alasan serupa. Sebelumnya, film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, West Side Story dan Eternals juga bernasib sama.”Film Disney lainnya yang kini juga dilarang tayang di Arab Saudi adalah Lightyear,” demikian bunyi laporan tersebut, dikutip Opsi pada Senin, 13 Juni 2022.

BACA JUGA:  Eva NTB Raih Nilai Tertinggi Top 56 Konser Grup 7 LIDA

Tak hanya Arab Saudi, film Lightyear kabarnya juga akan dilarang tayang di seluruh negara Timur Tengah termasuk Kuwait.

Keputusan tersebut terkait dengan dimasukkannya adegan ciuman sesama jenis dalam spin-off prekuel Toy Story milik Pixar itu.

Adegan yang melibatkan karakter wanita Hawthorne (disuarakan oleh Uzo Aduba) dan pasangannya, awalnya adegan dipotong dari film.

BACA JUGA:  Status Jerinx SID Soal Agamabuk Menuai Kontroversi, Ada Apa?

Akan tetapi adegan itu dipulihkan setelah keributan seputar pernyataan dari karyawan Pixar yang mengklaim bahwa Disney telah menyensor “kasih sayang gay yang terang-terangan” dan CEO Disney Bob Chapek yang menangani permintaan “Don`t Say Gay” Florida.

Film Lightyear kini menjadi sinema terbaru yang masuk ke dalam daftar film Disney yang telah dilarang di negara-negara Teluk, karena adegan yang melibatkan referensi atau masalah LGBTQ.

BACA JUGA:  Jelang Konser DEWA 19, Ahmad Dani Nostalgia Bareng Gubernur NTB

Film-film ini, sering kali melanggar sensor untuk rilis teater karena homoseksualitas secara resmi ilegal di seluruh wilayah tersebut. (EditorMRC)