Setahun PATHAAN: Kembalinya Shah Rukh Khan dan Kejayaan Industri Film Bollywood  

Shah Rukh Khan memecahkan semua rekor film sebelum PATHAAN dalam hitungan 7 bulan bersama JAWAAN, film box office lainnya yang dibintangi sang aktor. Dia sendiri telah memecahkan semua rekor rilisan sebelum Pathaan dalam hitungan 7 bulan bersama Jawan! Dengan sukses tersebut, Shah Rukh Khan meraup penghasilan sebesar 2.700 crore bruto di seluruh dunia dan 1.400 crore nett atau setara Rp 2,5 triliun dalam satu tahun. Semua dimulai lewat sukses film Pathaan, tepatnya setahun yang lalu! 

PATHAAN: Film Blockbuster Sepanjang Masa  

Kembalinya Shah Rukh Khan untuk membintangi  film PATHAAN memang sudah ditunggu banyak orang.  Film thriller aksi mata-mata yang tidak hanya menghidupkan kembali karirnya tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri industri film India Bollywood.  Film yang disutradarai oleh Siddharth Anand dan dibintangi oleh Deepika Padukone dan John Abraham ini dirilis pada 25 Januari 2023, di tengah ekspektasi yang tinggi dan hiruk pikuk penggemar. 

Pathaan, yang menandai babak selanjutnya dalam franchise mata-mata Yash Raj Films (YRF), memenuhi janjinya untuk menjadi entertainer beroktan tinggi dengan visual memukau, aksi menegangkan, dan plot yang mencekam.  Film ini berkisah tentang Pathaan (Khan), seorang mantan tentara yang berubah menjadi agen rahasia yang terjebak dalam sebuah misi.

BACA JUGA:  Di Kebun Jagung, Pria ini Tega Cabuli Anak di Bawah Umur

Dia kini telah kembali untuk menyelamatkan negaranya dari mantan agen R&AW Jim (Abraham) yang berubah menjadi jahil setelah dia dianiaya oleh rakyatnya sendiri. Film ini mendapat sambutan hangat dari para kritikus dan penonton, yang memuji penampilan Khan, arahan Anand, dan hubungan baik di antara para aktor utama.  Pathaan juga menampilkan penampilan cameo Salman Khan sebagai Tiger, karakter mata-mata populer lainnya dari alam semesta YRF.  

Film ini dibuka dengan memecahkan rekor sebesar Rs 55 crore dalam versi Hindi saja pada hari pertama, menjadikannya hari pertama dengan pendapatan kotor tertinggi untuk sebuah film Hindi pada saat dirilis. Versi sulih suara Tamil dan Telugu menghasilkan tambahan Rs 2 crore pada hari pertama. Pathaan kemudian menjadi blockbuster global, menghasilkan lebih dari Rs 1.050 crore di box office global di seluruh dunia. Itu juga merupakan film India pertama yang melampaui angka Rs 400 crore dan Rs 500 crore di pasar domestik setelah pandemi.  

Kesuksesan film ini merupakan sebuah kelegaan besar bagi industri film India, yang sedang berjuang untuk pulih dari kerugian dan tantangan yang disebabkan oleh wabah Covid-19 dan lockdown yang terjadi setelahnya.  Pathaan membuktikan bahwa masih ada permintaan yang besar terhadap hiburan layar lebar dan bahwa penonton siap untuk kembali menikmati sinema Hindi.  Pathaan datang setelah Kemunduran karir dan masalah pribadi  yang dialami sang mega bintang SRK. 

BACA JUGA:  Pemerintah Didesak Tidak Berlakukan Lagi PPKM

Bagi Khan, Pathaan adalah kemenangan pribadi dan profesional, saat ia kembali ke dunia film setelah empat tahun sejak Zero (2018), yang merupakan kegagalan total secara komersial.  Aktor tersebut juga menghadapi banyak sorotan media dan reaksi publik ketika putra sulungnya Aryan Khan ditangkap dalam kasus narkoba kapal pesiar Mumbai pada tahun 2021.

 Aryan, yang menghabiskan hampir sebulan di penjara, kemudian dibebaskan dari semua tuduhan. Khan juga membuat tiga penampilan cameo berturut-turut di Rocketry: The Nambi Effect, Laal Singh Chaddha dan Brahmastra: Part One – Shiva, yang hanya meningkatkan rasa ingin tahu dan antisipasi terhadap Pathaan.

 Didorong oleh absennya yang lama dan keinginan para penggemar untuk memberikan sambutan bak pahlawan kepada seorang aktor yang telah melalui kemunduran profesional dan pribadi, Pathaan, yang dirilis setahun yang lalu, tidak hanya mengembalikan ketenaran Shah Rukh Khan tetapi juga memberikan kehidupan baru bagi orang India. bisnis teater bioskop. 

Histeria Penggemar Pathaan dan Shah Rukh Khan 

Bagi para penggemar Khan, Pathaan adalah perayaan kembalinya idola mereka dan pengakuan atas ketenarannya. Mereka memadati bioskop dalam jumlah besar, mendukung setiap dialog dan tindakannya, serta menghujaninya dengan cinta dan dukungan di media sosial.  Banyak penggemar juga mengadakan pemutaran khusus, demonstrasi, dan acara untuk menandai pembebasan Pathaan. Bioskop berubah menjadi stadion dan film menjadi semacam kemenangan pribadi bagi banyak pihak dalam industri film serta masyarakat umum.

BACA JUGA:  Heboh! Prof Asikin Diminta Cabut Pernyataan Soal Pribadi Ketum IKA Unram

Hal ini berarti kemenangan atas seluruh nilai-nilai yang diperjuangkan oleh merek SRK. Mereka juga membuat trending hashtag seperti #OneYearOfPathaan, #SRKIsBack, dan #PathaanForever di Twitter untuk mengungkapkan kekaguman dan terima kasih mereka kepada aktor tersebut. Pathaan juga membuka jalan bagi lebih banyak kolaborasi dan persilangan di dunia mata-mata YRF, karena film tersebut diakhiri dengan sebuah cliffhanger yang mengisyaratkan sekuel dan kemungkinan kerja sama antara Pathaan dan Tiger. 

Pathaan Sebuah Film Tonggak Sejarah 

Pathaan, dengan demikian, adalah film tonggak sejarah bagi Khan, para penggemarnya, dan industri film India, karena film tersebut menandai kembalinya Raja Bollywood dan kebangkitan keajaiban layar lebar.  Film tersebut juga menunjukkan bahwa Khan masih mampu membawakan lagu-lagu hits dan menghibur masyarakat dengan karisma dan bakatnya.

Pathaan bukan hanya sebuah film, tapi sebuah fenomena yang mengubah permainan bagi semua orang yang terlibat. Selamat dan sukses selalu untuk SRK dan penggemar film Bollywood! (editorMRC)

>