1895 : Wilhelm Rontgen Temukan Sinar X

MATARAMRADIO.COM – Ada banyak peristiwa menarik dalam sejarah dunia yang terjadi pada hari ini, 8 November. Salah satunya adalah penemuan Sinar X pada 8 November 1895 oleh Fisikawan Jerman Wilhelm Röntgen.

Ia menghasilkan dan mendeteksi radiasi elektromagnetik dalam rentang panjang gelombang yang sekarang dikenal sebagai sinar-X atau sinar Röntgen.

Adapun peristiwa penting lainnya adalah sebagai berikut:

25 November 392 : Kaisar Romawi Theodosius menyatakan agama Kristen sebagai agama negara.

BACA JUGA:  Hari ini Dalam Sejarah!

8 November 1519 : Pertemuan pertama Kaisar Aztec Moctezuma II dan Penakluk Spanyol Hernán Cortés di Tenochtitlan, Meksiko.

8 November 1701:  William Penn menghadirkan Piagam Hak Istimewa, jaminan kebebasan beragama bagi negeri jajahan (koloni) di Pennsylvania.

8 November 1734: Vincent la Chapelle, juru masak master untuk berbagai bangsawan dan bangsawan, membentuk Free Masons Lodge di Belanda.

8 November 2002 : Krisis perlucutan senjata Irak: Dewan Keamanan PBB di bawah Resolusi.

BACA JUGA:  1529: Perjanjian Saragosa, Jadikan Dunia Hanya Milik Spanyol dan Portugis

8 November 1441: dengan suara bulat menyetujui resolusi tentang Irak, memaksa Saddam Hussein untuk melucuti senjata atau menghadapi “konsekuensi serius”.

8 November 2005 : Ellen Johnson-Sirleaf terpilih sebagai presiden Liberia, wanita pertama yang memimpin negara Afrika.

8 November 2016 : Kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, mengalahkan jagoan Partai Demokrat Hillary Clinton, yang menerima 2,9 juta suara lebih banyak.

BACA JUGA:  1964 : Legenda Tinju Cassius Clay Masuk Islam Jadi Muhammad Ali

8 November 1966 : Aktor film Ronald Reagan terpilih sebagai Gubernur California.

8 November 1999 :  Penyanyi bersuara Tenor Andrea Bocelli meluncurkan album “Sacred Arias”, album klasik terlaris di dunia oleh seorang artis.

8 November 2017:  Peselancar Brasil Rodrigo Koxa memecahkan rekor dunia untuk berselancar di ombak terbesar yang pernah ada di ketinggian 24,4 m di Nazaré, Portugal.(EditorMRC)