1954: Transplantasi Ginjal Manusia Pertama Sukses

MATARAMRADIO.COM | Sejumlah peristiwa penting terjadi dalam sejarah hari ini. Salah satunya adalah penemuan bidang kedokteran 67 tahun lalu atau tepatnya 23 Desember 1954.

Ceritanya, para dokter di Rumah Sakit Peter Bent Brigham di Boston, AS berhasil melakukan transplantasi ginjal kepada seorang pria berusia 23 tahun yang sakit parah. Itu merupakan transplantasi organ lalam jangka panjang pertama yang berhasil pada manusia.

BACA JUGA:  1985: Meletusnya Gunung Nevado del Ruiz Kolombia Tewaskan 25 Ribu Jiwa

Laman Famous Daily menyebut prosedur itu membantu keberadaan manusia yang memiliki dua ginjal – ini adalah organ dalam pertama yang menjadi fokus dokter.


Adalah Richard Herrick yang baru saja meninggalkan posisi penjaga pantai dan menderita penyakit ginjal yang tidak dapat disembuhkan. Kala itu dokter masih tidak memiliki teknik imunosupresif yang baik untuk melemahkan pertahanan tubuh sehingga tidak akan menolak organ baru – tetapi keberuntungan memihak pada Richard, dia memiliki donor yang sempurna dari saudara kembarnya, Ronald.

BACA JUGA:  1831: Michael Faraday Temukan Dinamo Listrik


Ginjal yang disumbangkan hampir sama persis dengan ginjalnya, dan Richard akhirnya selamat dengan ginjal yang berfungsi sempurna. (EditorMRC)