2014: Tragedi Hilangnya Pesawat Penumpang Malaysia Airlines MH370

MATARAMRADIO.COM – Salah satu peristiwa penting dalam sejarah yang terjadi pada 8 Maret adalah tragedi hilangnya pesawat penumpang Malaysia Airlines MH 370 pada 8 Maret 2014.

Pesawat itu membawa 239 penumpang kehilangan kontak dan menghilang. Tragedi hilangnya pesawat ini mendorong upaya pencarian paling mahal dalam sejarah dan salah satu misteri penerbangan yang paling abadi.

Selain peristiwa tersebut, sejumlah peristiwa penting dalam sejarah yang terjadi pada 8 Maret adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:  1922 : Arkeolog Inggris Howard Carter Buka Makam Raja Firaun yang Hampir Utuh di Mesir

1531 : Henry VIII diakui sebagai kepala tertinggi Gereja di Inggris oleh Convocation of Canterbury 1817 Bursa Saham New York didirikan.

1867: British North America Act disahkan di House of Commons, berfungsi sebagai konstitusi Kanada selama lebih dari 100 tahun.

1917 : “Revolusi Februari” Rusia dimulai dengan protes merayakan Hari Perempuan Internasional dan kerusuhan di St Petersburg atas jatah makanan dan pelaksanaan perang [OS=23 Februari].

BACA JUGA:  1517: Kekaisaran Turki Usmani Taklukan Mesir

1948 : Mahkamah Agung AS memutuskan dalam McCollum v. Board of Education bahwa pengajaran agama di sekolah umum tidak konstitusional.

1973 Tentara Republik Irlandia Sementara melakukan operasi pertamanya di Inggris Raya, menanam empat bom mobil di London; 10 anggota PIRA ditangkap di Bandara Heathrow saat mencoba meninggalkan negara itu.

1996 : “Fargo” disutradarai dan ditulis oleh Joel dan Ethan Coen, dibintangi oleh Frances McDormand, William H. Macy dan Steve Buscemi dirilis di AS.

BACA JUGA:  1529: Perjanjian Saragosa, Jadikan Dunia Hanya Milik Spanyol dan Portugis

1902: Pertunjukan pertama Jean Sibelius’ 2nd Symphony, karyanya yang paling populer, oleh Helsinki Philharmonic Society.

1936: Perlombaan mobil stok pertama diadakan di Daytona Beach, Florida.

1971 : Joe Frazier mengakhiri 31 kemenangan beruntun Muhammad Ali di Madison Square Garden, NYC; mempertahankan gelar tinju kelas berat dengan keputusan poin mutlak selama 15 ronde dalam “Fight of the Century” (EditorMRC)