1517: Kekaisaran Turki Usmani Taklukan Mesir

MATARAMRADIO.COM – Berbagai peristiwa penting dalam sejarah terjadi pada 22 Januari. Salah satunya penaklukan Mesir oleh Kekaisaran Turki Usmani (Ottoman) di bawah Selim I pada 22 Januari 1517 M.

Kesultanan Ottoman berhasil menaklukkan seluruh wilayah kekuasaan Kesultanan Malmuk yang kini disebut Mesir. Keberhasilan Kesultanan Ottoman itu diraih setelah memenangi Pertempuran Ridaniya, pertempuran terakhir di masa Perang Ottoman-Malmuk. Kesultanan Malmuk kemudian dinyatakan runtuh setelah wilayahnya dikuasai Kesultanan Ottoman.

Sebagaimana diketahui, Kekaisaran Turki Usmani (Ottoman) adalah kerajaan Islam terbesar yang berkuasa antara abad ke-13 hingga awal abad ke-20. Kekaisaran Islam ini didirikan oleh Osman I pada 1299 dengan ibu kota di Anatolia, kemudian sempat beberapa kali dipindahkan hingga akhirnya menetap di Konstantinopel atau Istanbul.

BACA JUGA:  Hari ini Dalam Sejarah!

Adapun peristiwa penting lainnya yang berhasil dihimpun MATARAMRADIO.COM dari berbagai sumber adalah sebagai berikut:

1849 : Pasukan Inggris berhasil merebut wilayah Multan di Punjab, India dari tangan Kerajaan Sikh. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Inggris melakukan pengepungan sejak 19 April 1848 dan berakhir pada Januari 1849 .

1689 : Pangeran William yang juga calon Raja William III dari Inggris, memanggil Parlemen Konvensi untuk membahas keputusan bersama dengan istrinya Mary (putri Raja James II yang diasingkan)

BACA JUGA:  1954: Transplantasi Ginjal Manusia Pertama Sukses

1879 : Pertempuran Rorke’s Drift: Garnisun Inggris beranggotakan 150 orang menahan 3.000-4.000 prajurit Zulu .

1905: Di St Petersburg, Rusia, demonstrasi besar-besaran para pekerja yang dipimpin oleh Pastor Gapon, berbaris ke Istana Musim Dingin dengan petisi kepada Tsar; tentara menembaki pengunjuk rasa dalam apa yang dikenal sebagai ‘Minggu Berdarah’

1973: Roe vs Wade: Mahkamah Agung AS melegalkan sebagian besar aborsi

BACA JUGA:  1776:  Pasukan Inggris Rebut Benteng Washington Selama Revolusi Amerika

1987 : Politisi Pennsylvania R. Budd Dwyer menembak dan membunuh dirinya sendiri pada konferensi pers di televisi nasional langsung, yang mengarah ke perdebatan tentang batasan dalam jurnalisme.

1968 : Album studio ke-14 “Lady Soul” oleh Aretha Franklin dirilis (Billboard Album of the Year, 1968)

1857:  Asosiasi Nasional Pemain Bisbol didirikan di New York.(EditorMRC)

>