1943 : Adolf Hitler Nyatakan “Perang Total” Lawan Sekutu

MATARAMRADIO.COM – Salah satu peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah dunia hari ini adalah pernyataan Pemimpin Jerman Adolf Hitler yang menyatakan perang total melawan Sekutu pada 13 Januari 1943.

Inilah puncak dari serangkaian Perang Dunia II, sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia —termasuk semua kekuatan besar—yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan: Sekutu dan Poros.


Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer. Dalam keadaan “perang total”, negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang, sehingga menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa.

BACA JUGA:  1839: Badai Topan Hantam India Tenggara Tewaskan 300.000 Jiwa
fofo: wikipedia

Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.

Adapun peristiwa penting lainnya yang terjadi hari ini antara lain sebagai berikut:

BACA JUGA:  1982: China Umumkan Jumlah Penduduk Tembus Satu Miliar

532 : Kerusuhan Nika dimulai di Konstantinopel, pemberontakan melawan Kaisar Justinian I, dipicu oleh balap kereta

1785: John Walter menerbitkan edisi pertama “The Times” London

1970  : Kolonel Odumegwu Ojukwu melarikan diri dari Biafra ke pengasingan, meninggalkan wakilnya Philip Effiong untuk menyerah kepada tentara Nigeria, secara tidak resmi mengakhiri Perang Saudara Nigeria

2000 : Ketua Microsoft Bill Gates mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif dan mempromosikan presiden perusahaan Steve Ballmer ke posisi

1928 : RCA dan GE memasang tiga set televisi uji di rumah-rumah di Schenectady, New York yang memungkinkan penemu Amerika E.F.W. Alexanderson untuk mendemonstrasikan penerima televisi rumah pertama yang menghasilkan gambar 1,5 inci persegi yang buruk dan goyah .

BACA JUGA:  1985: Meletusnya Gunung Nevado del Ruiz Kolombia Tewaskan 25 Ribu Jiwa

1976 : Sarah Caldwell adalah wanita pertama yang memimpin di NYC Metropolitan Opera House saat dia memimpin orkestra dalam pertunjukan “La Traviata”.

1972 : Bernice Gera memenangkan kasus anti-diskriminasi melawan Kongres Bisbol Nasional, dimulai pada 15 Maret 1971 untuk diizinkan wasit. (EditorMRC)