1994 : Genosida Rwanda

MATARAMRADIO.COM – Sejumlah peristiwa penting dalam sejarah dunia terjadi pada hari ini, 6 April. Salah satunya adalah peristiwa berdarah pembunuhan Presiden Rwanda dan Buruni pada 6 April 1994 yang menandai awal Genosida Rwanda.

Dilansir dari Wikipedia menyebutkan Genosida Rwanda adalah sebuah pembantaian 800.000 suku Tutsi dan Hutu moderat oleh sekelompok ekstremis Hutu yang dikenal sebagai Interahamwe yang terjadi dalam periode 100 hari pada tahun 1994.

Rwanda sendiri adalah sebuah negeri berpenduduk 7,4 juta jiwa dan merupakan negara terpadat di Afrika Tengah.

Peristiwa ini bermula pada tanggal 6 April 1994, ketika Presiden Rwanda, Juvenal Habyarimana menjadi korban penembakan saat berada di dalam pesawat terbang. Beberapa sumber menyebutkan Juvenal Habyarimana tengah berada di dalam sebuah helikopter pemberian pemerintah Prancis. Saat itu, Habyarimana yang berasal dari etnis Hutu berada dalam satu heli dengan Presiden Burundi, Cyprien Ntarymira. Mereka baru saja menghadiri pertemuan di Tanzania untuk membahas masalah Burundi. Sebagian sumber menyebutkan pesawat yang digunakan bukanlah helikopter melainkan pesawat jenis jet kecil Dassault Falcon 50.

BACA JUGA:  1529: Perjanjian Saragosa, Jadikan Dunia Hanya Milik Spanyol dan Portugis

Disinyalir, peristiwa penembakan keji itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap rencana Presiden Habyarimana untuk masa depan Rwanda. Habyarimana berencana melakukan persatuan etnis di Rwanda dan pembagian kekuasaan kepada etnis-etnis itu. Rencana itu telah disusun setahun sebelumnya, seperti tertuang dalam Piagam Arusha (Arusha Accord) pada tahun 1993. Untuk diketahui, Habyarimana menjadi Presiden Rwanda sejak tahun 1993. Sebelumnya ia menempati posisi sebagai Menteri Pertahanan Rwanda.

BACA JUGA:  1985: Meletusnya Gunung Nevado del Ruiz Kolombia Tewaskan 25 Ribu Jiwa

Pada tahun 1990-an Habyarimana merintis suatu pemerintahan yang melibatkan tiga etnis di Rwanda yakni Hutu (85%), Tutsi (14%) dan Twa (1%). Habyarimana mengangkat Perdana Menteri Agathe Uwilingiyama dari suku Tutsi. Pengangkatan dari suku berbeda jenis ini jelas tidak diterima oleh kelompok militan yang ingin mempertahankan sistem pemerintahan satu suku.

Kekhawatiran sekaligus kekecewaan berlebihan inilah yang akhirnya memuncak menjadi tindak pembunuhan terhadap presiden sendiri. Habyarimana akhirnya dibunuh bersama Presiden Burundi oleh kelompok militan penentangnya ketika mereka berada di dalam pesawat (atau helikopter) pemberian Presiden Prancis Francois Mitterand

BACA JUGA:  1517: Kekaisaran Turki Usmani Taklukan Mesir

Selain peristiwa berdarah Genosida Rwanda, beberapa peristiwa penting dalam sejarah dunia yang terjadi pada 6 April antara lain:

  • 1652 – Pelaut Belanda Jan van Riebeeck mendirikan permukiman Eropa pertama di Afrika Selatan yang kemudian berkembang menjadi Cape Town.
  • 1875Staatsspoorwegen didirikan sebagai perusahaan kereta api nasional Hindia Belanda.
  • 1896Olimpiade modern pertama dibuka di Athena.
  • 1917 – Perang Dunia I: Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jerman. (EditorMRC)