Pendidikan Terintegrasi

--- Advertisement ---coinpayu

MATARAMRADIO.COM,Lombok Tengah – Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Amani Lubis menjelaskan pola pendidikan yang perlu dikembangkan saat ini yakni pola pendidikan terintegrasi. Artinya, pendidikan harus memadukan antara unsur agama dengan ilmu pengetahuan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Pendidikan terintegrasi sebagai upaya menjawab tantangan masa depan,” katanya kepada wartawan di pondok pesantren Al Bukhori Lombok Tengah, Sabtu (9/10/21).
Amani menilai masyarakat Indonesia sebagai masyarakat beragama tentu tidak ingin akar pendidikan masyarakat yang berasal dari agama dan budaya leluhur dihilangkan.
“Saya yakin pendidikan agama tidak dihilangkan, mungkin pembahasaannya saja yang perlu didiskusikan bersama,” katanya.
Hal yang sama diyakini pimpinan pondok pesantren Al Bukhori, TGH Hariyanto Abdul Aziz
Menurutnya, pendidikan di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari agama. Bila pendidikan agama menjadi dasar kehidupan manusia dalam pengembangan pengetahuannya atau budayanya maka arah kehidupan manusia akan selaras dengam hukum alam. “Inilah yang terus dikembangkan di pondok pesantren Al Bukhori. Mendidik santri memiliki pondasi agama kuat diimbangi pengetahuan lainnya,” katanya. (MRC03)