Gubernur NTB : STQ Adalah Kompetisi Saling Membantu Antar Sesama Membumikan Al Qur’an

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Ada pernyataan menarik dilontarkan Gubernur NTB DR Zulkieflimansyah ketika membuka STQ XXVI Tingkat Provinsi NTB di Hotel Grand Legi Mataram, Sabtu (3/4)

Menurut Gubernur Seleksi Tilawatil Quran (STQ) adalah kompetesi untuk saling mengenal, saling memahami dan saling membantu antara sesama untuk membumikan Al-Quran dalam kehidupan.

“Apa gunanya kita jadi juara umum atau utusan yang banyak pemenangnya tapi kita sedang melahirkan generasi yang rusak karakter dan jauh dari nilai Qur’an itu sendiri,” katanya.

BACA JUGA:  KNPI Jangan Jadi Tempat Berkumpul Mantan Ketua tak Produktif

Disebutkannya, di Indonesia sudah terlampau sering mengadakan sebuah perlombaan yang tanpa disadari anak-anak diajarkan berkompetesi untuk saling mengalahkan. Namun di sisi lain, anak anak juga dituntut untuk saling menghargai, menghormati dan bersinergi.”Dan itu susah kita lakukan karena memang kompetesi jadi semaca kontestasi yang membuat orang menjadi lebih mulia dan lebih hebat dibanding yang lain,” ungkap gubernur.

Suasana Pembukaan STQ XXVI Tingkat Provinsi NTB di Hotel Grand Legi Mataram, Sabtu (3/4). Tampak Gubernur berbincang dengan Dewan Hakam / foto: Diskominfotik NTB

Untuk itu, Doktor Zul berharap besar kepada terutama kepada para dewan hakim untuk merubah mindset itu. Sehingga anak-anak yang ikut seleksi tilawatil Qur’an bukan semata ingin menang, tidak ada nuansa saling mengalahkan apalagi kekalahan itu menyisakan dendam di kemudian hari.

BACA JUGA:  Telong Elong Lotim Ditetapkan Sebagai Pusat Budidaya Lobster Nasional

Gubernur meminta kepada dewan hakam menanamkan nilai kepada anak-anak untuk saling menghargai sehingga walaupun kalah tapi memiliki rasa cinta kepada sesama untuk sama-sama melantunkan ayat-ayat suci al-Quran ditengah kegelisahan dan dapat menyejukan hati orang lain ditengah pandemi Covid-19.

“Semoga dengan pembukaan STQ ini, rasa cinta dan menghargai sesama akan semakin tinggi. Sehingga kafilah dari kabupaten kota se-NTB dapat menebar senyuman indah saat pulang kampung halaman walaupun belum sempat untuk menang,” harap Doktor Zul.

BACA JUGA:  BIL Darurat Fitnah, Gubernur Kok Gitu Sih?

Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVI tingkat Provinsi NTB digelar sejak 3-8 April 2021 dengan mengangkat tema “Meraih Rahmat dan Berkah al-Quran di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Ummat Menuju NTB Gemilang”. Seleksi diikuti seluruh kabupaten kota se-NTB.(EditorMRC)