Kepala BKKBN : Perhatikan Ibu Hamil

“Bila ibu hamil dalam kondisi baik maka anak yang dilahirkan tidak akan mengalami stunting,” katanya ketika memberi sambutan pada rakor stunting secara virtual, Rabu (13/12/23).


Dengan pemberian nutrisi yang baik kepada ibu hamil, menurut Hasto Wardoyo kemungkinan anak yang dilahirkan tidak mengalami stunting walau kondisi daerah ibu yang hamil air bersihnya kurang memadai, pendidikannya kurang bagus atau wilayahnya masuk daerah miskin.

BACA JUGA:  Perempuan Punya peran Majukan Daerah


“Perhatikan kebutuhan nutrisi ibu hamil agar anak yang dilahirkan tidak mengalami stunting,” katanya


Disisi lain, Hasto Wardoyo juga mengingatkan agar pendewasaan usia pernikahan segera digaungkan kepada masyarakat sehingga dapat mempercepat penurunan angka stunting.


“Pendewasaan usia pernikahan signifikan dalam menurunkan angka stunting,” katanya.


Karena itu, Hasto Wardoyo menyatakan terima kasih kepada kabupaten/kota yang dapat menurunkan angka stunting dengan peningkatan pendewasaan usia pernikahan.

BACA JUGA:  7000 Pasukan Siap Tangani Bencana


Hasto Wardoyo mengakui, untuk wilayah perkotaan masyarakat sudah mulai mengulur usia pernikahannya tapi bagi daerah-daerah tertentu masih harus terus mendapat dorongan dan dukungan agar pendewasaan usia pernikahan bisa segera dilakukan oleh masyarakat.


“Jika pendewasaan usia pernikahan dapat dilakukan di wilayah yang penduduknya banyak maka penurunan angka stunting akan signifikan,” katanya.(MRC03)

BACA JUGA:  BKKBN Pusat Sebut Satgas Siaga Stunting Alumni SMAN 1 Pringgabaya Sebagai Gerakan Alumni SMA Pertama di Indonesia!