7000 Pasukan Siap Tangani Bencana

MATARAMRADIO.COM – Mataram – Kapolda NTB, Irjen pol M Iqbal menjelaskan mulai bulan Nobember hingga bulan Februari 2021 berdasarkan perkiraan Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nusa Tenggara Barat memasuki musim hujan dengan intensitas dan curah hujan tinggi. Kondisi demikian, bisa memicu terjadinya bencana baik bencana banjir ataupun tanah longsor.

Untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, jelas Iqbal pemerintah propinsi NTB, TNI dan Polri sudah menyiapkan 7000 lebih pasukan. “Ada 7000 lebih pasukan yang siap diterjunkan bila terjadi bencana,” jelasnya kepada wartawan, Kamis (12/11).
Walaupun ada pasukan yang siap membantu menangani bencana, menurut Iqbal partisipasi masyarakat menjadi hal utama. “Partisipasi masyarakat menjadi hal utama dalam penanganan bencana,” katanya.
Iqbal berharap, masyarakat terutama yang tinggal di daerah pesisir pantai dan dataran tinggi lebih waspada di musim penghujan ini. “Kamin sudah petakan daerah-daerah rawan bencana. Kami harap masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dan perbukitan agar waspada terhadap bencana yang mungkin sewaktu-waktu terjadi,” pesannya. (MRC03)

BACA JUGA:  Ada Apa Dengan Hasil Fit and Proper Test KPID NTB?