Telong Elong Produsen Lobster Dunia

MATARAMRADIO.COM – Setelah menyambangi Masyarkat Dusun Saung yang kesulitan air bersih, PJ Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi., M.Si meninjau lokasi sentra budidaya Lobster yang ada di Telong Elong Kabupaten Lombok Timur.

Dalam waktu tersebut disampaikan PJ. Gubernur Miq Gita Telong Elong merupakan sentra budidaya yang sangat potensial. Sebagai Kampung Lobster Telong Elong memiliki beberapa terobosan diantaranya budidaya udang Vaname, Lobster dan Rumput Laut.

“Telong Elong merupakan sentra budidaya yang sangat potensial”. Ujar Miq Gite di Resto Terapung pada Kamis, 12 Oktober 2023.

BACA JUGA:  Pj Gubernur Tunjuk Plh Sekda

Dijelaskan Miq Gite Berdasarkan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 64 Tahun 2021 Telong Elong masuk dalam Kampung Perikanan Budidaya termasuk Teluk Jor, Ketapang Raya, Maringkik, Gili Ree, Gili Belek, sampai dengan pantai Pink dengan luas wilayah perairan sekitar 1.928 Hektar, Teluk Ekas sekitar 2.195 Hektar. Teluk Seriwe 1.200 Hektar, dengan jumlah pembudidaya 1.809 orang dengan jumlah kubang atau Keramba Jaring Apung (KJA) sekitar 8.438. Dan perlu untuk diketahui bersama bahwa dari 10.000 Keramba Jaring Apung uang ada di Indonesia 8.438 Lubang ada di Kabupaten Lombok Timur.

BACA JUGA:  Sambangi 4 Kota, LSM Competition Siap Digelar di Sirkuit Sayang-Sayang Cakranegara

“Telong Elong masuk dalam kampung perikanan Budidaya berdasarkan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 64 Tahun 2021, Dan perlu dicatat bahwa dari 10.000 Keramba Jaring Apung yang ada di Indonesia 8.438 Lubang ada di Kabupaten Lombok Timur”. Jelas Miq Gite.

Ditambahkan PJ Gubernur yang biasa di sapa Miq Gite saat ini Vietnam menjadi produsen Lobster di Dunia, Jumlah Keramba Jaring Apungnya 150.000, dan benihnya bersumber dari Lombok Nusa Tenggaea Barat.

BACA JUGA:  NTB Diincar Investor

“Jumlah Keramba Jaring Apung yang dimiliki Vietnam 150.000, tapi benihnya bersumber dari Lombok Nusa Tenggara Barat, kesugihn gumi Lombok”. Tutup Miq Gita. (EditorMRC)