Agar Ibadah Puasa Ramadhan Makin Berkah, Disarankan Lakukan Enam Aktivitas ini!

MATARAMRADIO.COM – Puasa Ramadhan selama sebulan penuh, banyak dimanfaatkan Ummat Islam untuk mencari keberkahan lahir bathin.

Tentu saja esensi saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tidak hanya sebatas membatasi asupan makan dan minum saja, melainkan juga menahan diri segala godaan hawa nafsu yang datang.

Sebagian orang memilih melakukan lebih banyak amalan saat bulan suci ini karena menyakni nilai kebaikannya menjadi puluhan kali lipat dibandingkan bulan lainnya.

Berikut enam hal yang bisa Anda lakukan agar ibadah bisa berjalan lancar seperti dikutip dari siaran pers klikpr.co, Senin (4/4):

  1. Menerapkan pola makan sehat untuk sahur dan buka puasa

Mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi menjadi kunci agar Anda tetap berenergi dan segar selama menjalankan ibadah puasa. Saat sahur Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, tinggi protein, dan serat agar tak mudah lapar. Sedangkan saat berbuka puasa, Anda perlu mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Jangan lupa untuk minum air putih minimal dua liter di antara waktu berbuka dan sahur.

  1. Tetap aktif bergerak
BACA JUGA:  Dinilai Bermasalah, MUI Minta Beberapa Acara Puasa Ramadhan Stasiun TV Dihentikan

Menghemat energi agar tidak haus saat berpuasa bukan alasan untuk malas bergerak. Perilaku sedenter seperti tidur-tiduran dan terlalu banyak duduk dapat mengurangi kebugaran tubuh dan berpotensi membuat seseorang menderita obesitas. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tetaplah aktif bergerak selama berpuasa. Misalnya, berolahraga ringan sekitar 2 jam sebelum berbuka puasa.

  1. Persiapkan perlengkapan ibadah

Memiliki perlengkapan ibadah yang baru memang bisa membuat semangat dalam beribadah selama bulan Ramadhan. Namun jika tak punya budget, Anda bisa menyiasatinya dengan tetap menggunakan perlengkapan ibadah yang lama tapi sudah lebih dulu dicuci sehingga bersih dan wangi seperti baru.

BACA JUGA:  Ibu Hamil Sebaiknya tidak Puasa Ramadhan?
  1. Memanfaatkan teknologi untuk mempermudah ibadah

Salah satu bentuk teknologi digital adalah aplikasi gaya hidup muslim di smartphone yang dapat memudahkan Anda menjalankan ibadah, termasuk pada bulan Ramadhan. Contohnya aplikasi Muslim Pro, untuk meningkatkan keimanan dengan fitur-fitur seperti waktu salat wajib lima waktu yang akurat dengan disertai azan, pelacak arah kiblat, dan doa-doa yang bisa dibaca untuk mengiringi berbagai kegiatan.

Di bulan Ramadhan, ada tambahan fitur notifikasi imsak dan berbuka puasa yang akurat yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi pengingat. Selain itu, ada fitur personal tracker yang membantu memastikan Anda telah melakukan ibadah salat wajib.

Anda juga bisa mengakses berbagai konten menarik dan bermanfaat yang berkaitan dengan gaya hidup muslim, baik dalam bentuk artikel, infografis, maupun video.

  1. Sisihkan dana untuk sedekah dan zakat
BACA JUGA:  Puasa, Kelapa Muda Jadi Primadona

Bersedekah kepada mereka yang membutuhkan tidak harus dalam jumlah yang besar karena kebaikan-kebaikan kecil yang dilakukan banyak orang akan berubah menjadi besar. Anda bisa menyisihkan dana Rp5–10 ribu rupiah per hari untuk sedekah; tak masalah jika ingin dikumpulkan sampai jumlahnya banyak dulu atau langsung disedekahkan setiap hari.

Pada akhir bulan Ramadhan, jangan lupa membayar zakat fitrah. Saat ini kalkulator zakat banyak tersedia secara daring.

  1. Mengisi hari dengan kegiatan bermanfaat

Di bulan Ramadhan ini, Anda bisa mulai mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang manfaat dan mengalihkan energi untuk melakukan berbagai amalan. Jika saat istirahat Anda lebih sering membuka media sosial dan membaca akun gosip, sekarang Anda bisa menggantinya dengan membaca Al-Qur’an. Semoga bermanfaat. (Editor MRC)