dr. M Tantowi Jauhari, Sp.B Menyoal Kondisi Terkini Balita Anaya dan Inaya Pasca Operasi

MATARAMRADIO.COM, Selong – Operasi Pemisahan Kembar Siam Anaya dan Inaya Berhasil. Balita Kembar Siam Anaya dan Inaya sudah berhasil  dipisahkan melalui operasi di RSUD dr.Soetomo Surabaya pada Selasa, 15 Februari 2022.

Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana kondisi terkini Anaya dan Inaya, MATARAMRADIO.COM menugaskan reporter Aris Munandar melakukan wawancara eksklusif dengan Direktur  RSUD dr. Seodjono Selong, dr. M Tantowi Jauhari,Sp.B. Berikut petikannya!    

Atas kebijakan siapa akhirnya Kembar Siam Anaya dan Inaya bisa dioperasi?   

Kembar siam Anaya Rizki Ramadhani dan Inaya Riza Ramadhani merupakan anak dari pasangan Husniati dan Jupri yang sehari-harinya memiliki mata pencaharian sebagai pekerja bangunan asal Desa Jurit Kecamatan Pringgasela Kebupaten Lombok Timur. Kembar siam Anaya dan Inaya lahir pada 8 Mei 2019 di RSUD dr.Soedjono Selong. Kondisi tubuh anak kembar siam tersebut berdempetan pada bagian perutnya dan kedua hatinya menempel, sehingga susah bergerak karena menyatu. Bapak Bupati Lombok Timur, M.Sukiman Azmy memutuskan pelaksanaan operasi pemisahan (separasi) dilakukan di RSUD dr.Soetomo Surabaya. Kebijakan Bapak Bupati Lombok Timur, M.Sukiman Azmy menanggung biaya operasi dan pemulihan di rumah sakit.                     

BACA JUGA:  Muaidy Yasin: Student Entrepeneurship Center FEB UNRAM  
Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmi saat mengunjungi Anaya dan Inaya di rumah orang tuanya./ foto: istimewa

Bagaimana kebijakan Bupati Lombok Timur, M.Sukiman Azmy tersebut ditindak-lanjuti?  

Kebijakan Bupati Lombok Timur tersebut ditindak-lanjuti dengan penanda tanganan nota kesepahaman Bupati Lombok Timur, M.Sukiman Azmy dengan Direktur RSUD dr.Soetomo Surabaya, Dr.Joni Wahyuhadi,dr.,Sp.BS(K) tentang pelayanan operasi dan perawatan pasca operasi anak Anaya dan Inaya. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Operasi Kembar Siam Anaya dan Inaya, dr. Martono, Sp.BA. 

BACA JUGA:  Drs. H.M Juaini Taofik M.AP: IPM Lotim 2022 Naik Peringkat 7  
Suasana menegangkan saat operasi pemisahan balita kembar Anaya dan Inaya di RSUD dr Soetomo Surabaya /Foto: istimewa

Apakah operasi Kembar siam Anaya dan Inaya berhasil dan kapan operasi dilakukan?      

 Operasi dilakukan pada 15 Februari 2022. Alhamdulillah, dalam operasi yang berjalan selama 6 jam tersebut Kembar siam Anaya dan Inaya berhasil dipisahkan oleh tim dokter yang melibatkan dokter bedah anak, dokter bedah thorax, dokter bedah plastik, dokter anak. Pasca operasi kedua anak tersebut kondisinya stabil. Pada Rabu 16 Februari alat bantu pernapasan dan oksigen telah dilepas oleh tim dokter. Kedua anak tersebut kemudian dirawat intensif di ruang ICU RSUD dr.Soetomo untuk pemulihan luka bekas operasi. 

BACA JUGA:  Ini Pesan Bupati Sukiman Untuk Peserta MTQ NTB 2022 di Lombok Timur

Kapan Anaya dan Inaya dibawa pulang ke Lombok Timur?

 Alhamdulilah sudah 14 hari ini Anaya dan Inaya keluar dari ICU. Kini sedang menjalani rehabilitas medik dan proses adaptasi pasca operasi dengan tetap didampingi oleh tim medis. Setelah menjalani semua tahapan medis, Anaya dan Inaya dijadwalkan untuk pulang ke Lombok Timur dengan tetap didampingi tenaga kesehatan RSUD dr.Soedjono.  (*)        

1 KOMENTAR

  1. […] Adalah dr. M. Tantowi Jauhari,Sp.B selaku Direktur RSUD dr. R. Soedjono Selong merupakan ketua tim khusus yang ditugaskan Bupati Lombok Timur mendampingi dan mengkawal semua proses operasi kedua bocah dari keluarga tak mampu ini. Seperti apa kondisi terkini kedua bocah tersebut saat ini? Benarkah proses penyembuhannya masih lama? Berikut petikan wawancara eksklusifnya yang dilansir ASLINEWS.ID dari jaringan berita MATARAMRADIO.COM! […]