Muaidy Yasin: Student Entrepeneurship Center FEB UNRAM  

Dalam konteks “Kampus Merdeka” mahasiswa diberikan keleluasaan dalam proses pembelajaran tidak hanya berupa kuliah dan seminar tetapi juga wirausaha atau “entrepreneur”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mataram (UMRAM)  telah membuka “Student Entrepeneurship Center” sebagai wadah bagi mahasiswa menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam membuka peluang usaha selama menyelesaikan studi.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai “Student Entrepenurship Center” tersebut MATARAMRADIO.COM wawancara eksklusif dengan Dr.Muaidy Yasin, MS Dekan FEB UNRAM pada Jum’at (18/11/2022). Berikut petikannya.

Apa makna penting kewirausahaan dalam konteks Kampus Merdeka?

Kewirausahaan kampus merdeka merupakan bagian dari program Kemdikbud untuk memperkuat kemandirian ekonomi nasional dan mendukung percepatan ekonomi digital menuju revolusi industri 4.0. Dengan adanya kewirausahaan, mahasiswa diharapkan menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam membuka peluang usaha yang berguna bagi mahasiswa selama menyelesaikan studi.

BACA JUGA:  H. Mudahan ST,MM: Kekurangan Air Bersih di Lombok Timur Bagian Selatan Tahun 2023 Tidak Lagi Terdengar            

Apakah ini berarti bahwa proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka tidak hanya kuliah dan  seminar?

Betul. Dalam Kampus Merdeka metode pembelajaran tidak lagi hanya berupa kuliah dan seminar saja, tetapi juga wirausaha atau “entrepreneur” dan bentuk pembelajaran lainnya. Artinya kegiatan selain kuliah dan seminar, wirausaha bisa dikonversi setara dengan kegiatan perkuliahan reguler. Bentuk pembelajaran wirausaha tersebut bersumber di luar program studi maupun praktik langsung berwirausaha yang dilakukan secara terencana dan terprogram sejak pembelajaran teori dan kewirausahaan, penyusunan rencana usaha, presentasi usaha hingga praktik wirausaha dan mengevaluasi wirausaha yang berjalan.

BACA JUGA:  Drs HM Juaini Taofik MAP: Status IDM Lombok Timur 2021 Naik dari Berkembang Menjadi Maju

Apa bentuk implementasi dari Kewirausahaan Kampus Merdeka di FEB UNRAM?

Bentuk implementasinya di FEB UNAM adalah “Student Entrepreneurship Center” sebagai wadah bagi mahasiswa dalam melakukan pemasaran secara “online” dari berbagai produk termasuk produk UMKM di Kota Mataram. Disisi lain, Student Entrepreneurship Center tersebut telah diresmikan oleh Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno pada hari Sabtu tanggal 12 November 2022.

BACA JUGA:  HM. Juaini Taofik, MAP: IKG Lombok Timur Terbaik Tiga di NTB    

Apa luaran atau outcome yang diharapkan dari keberadaan Student Entrepreneurship Center” tersebut?

Luarannya yakni lulusan FEB UNRAM disiapkan untuk menciptakan lapangan kerja bukan untuk sekedar meluluskan para pencari kerja.