Manjakan Penonton MotoGP Mandalika, Pemerintah Siapkan 278 Angkutan Gratis

MATARAMRADIO.COM ‘- Bagi mereka yang ingin menonton langsung aksi Marc Marquez dan kawan-kawan di arena Sirkuit Pertamina Mandalika, kini tak perlu risau dengan kendaraan.

Pasalnya, Pemerintah Provinsi NTB dan satuan kerja terkait menyediakan 278 kendaraan gratis untuk para penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika. Moda transportasi itu disediakan dan ditempatkan di lima pintu masuk Pulau Lombok.

Menurut Dirlantas Polda NTB Kombes Djoni Widodo,petugas telah menyiapkan 278 moda transportasi yang terdiri dari 27 minibus besar, 70 unit bus sedang, dan 181 unit bus kecil. Di masing-masing pintu masuk telah disiapkan kendaraan gratis untuk menuju ke Sirkuit Mandalika bagi penonton MotoGP.

BACA JUGA:  Terharu, Pedagang di CFD Mataram Diborong Capres Ganjar

Disebutkan, kendaraan gratis untuk penonton MotoGP tersebut telah melewati uji kelayakan, baik petugas maupun mobilnya. Tak hanya itu, mobil gratis untuk penonton MotoGP Mandalika dilengkapi dengan stiker khusus agar penonton tidak salah masuk kendaraan.

Djoni juga menerangkan pihaknya telah menyusun skenario pengaturan lalu lintas. Skenario itu akan menjadi panduan masyarakat yang akan menuju Mandalika untuk menonton MotoGP.

“Pengaturan lalu lintas tersebut nantinya akan menjadi panduan masyarakat yang akan menonton MotoGP Mandalika tanggal 18 hingga 20 Maret 2022 ini,” jelasnya seperti dilansir MATARAMRADIO.COM dari detik.com.

BACA JUGA:  Tren Positif Pembangunan SPBE di Provinsi NTB

Djoni mengungkapkan, dalam skenario itu digambarkan penonton MotoGP Mandalika yang hadir diperkirakan berjumlah 65-100 ribu orang. Nantinya para penonton yang masuk atau datang akan masuk melalui lima pintu masuk ke Pulau Lombok.

Lima pintu masuk ke pulau Lombok yang tersebut adalah Bandara Internasional ZAM Lombok Tengah, Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, dan Pelabuhan Kayangan.

“Agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di area parkir Sirkuit Mandalika, sebagian akan diarahkan ke eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, terutama bagi penonton MotoGP Mandalika yang datang dari pelabuhan Bangsal, Lombok Utara,” tuturnya.

BACA JUGA:  Ulama Kharismatik Lotim Sikapi Kasus Dugaan Teror Direktur SelaparangTV

Di lima pintu masuk tersebut akan disiapkan tempat untuk verifikasi tiket dan petugas COVID-19 untuk melakukan pengecekan prosedur kesehatan COVID-19 kepada para calon penonton MotoGP.

“Sementara itu, di lokasi eks Bandara Selaparang, calon penonton yang dari luar, dalam, atau yang menginap di Kota Mataram, akan dicek kelengkapannya, baik tiket maupun dokumen lain yang diharuskan bagi penonton,” jelas Djoni.(EditorMRC)