Catat! Agenda dan Mata Lomba MTQ XXIX NTB 2022 di Lombok Timur

MATARAMRADIO.COM, Selong – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 se Nusa Tenggara Barat 2022 akan berlangsung mulai hari ini, Rabu (29/6) di Kabupaten Lombok Timur. Berbagai agenda dan mata lomba MTQ NTB siap digelar hingga 6 Juli 2022 mendatang.

Bupati HM Sukiman Azmy melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur HM Juaini Taofik MAP menegaskan kesiapan Bumi Selaparang Lombok Timur sebagai tuan rumah MTQ NTB .”Persiapannya sudah rampung 100 persen “katanya dalam jumpa pers dengan awak media di Kedai Rirana Selong, Selasa (28/6).

Sekda menjelaskan detail persiapan yang dilakukan panitia agar giat MTQ NTB di Lombok Timur berjalan lancar dan sukses. Beberapa diantarnya seperti persiapan lokasi pembukaan dan penutupan yang dipusatkan di Lapangan Gotong Royong Masbagik.
Demikian juga penyiapan sarana akomodasi, transportasi, sarana dan petugas kesehatan hingga urusan konsumsi dan logistik peserta MTQ yang disiapkan dengan maksimal.”Semuanya sudah tertata dengan baik untuk melayani semua kafilah yang akan berdatangan dari 10 Kabupaten Kota se NTB,”jelasnya seraya menyebutkan ada sekitar 850 orang kafilah,official dan pendamping yang hadir dalam MTQ tingkat Provinsi NTB ini.

BACA JUGA:  Bupati Sukiman Kepincut Komunitas Youtuber Lombok Timur

Disebutkan Sekda, untuk akomodasi peserta MTQ NTB, seluruh kafilah, officiall dan pendamping akan diinapkan di semua hotel dan home stay yang ada di sekitar Kota Selong.” Jika hotel di dalam kota sudah tidak dapat menampung, kita akan tempatkan para kafilah di homestay yang ada diluar kota,”katanya.

Giat MTQ XXIX

Hari Pertama: Rabu,29 Juni 2022

Semua peserta melakukan registrasi ulang yang dipusatkan di Pendopo Bupati Lombok Timur.

Usai registrasi, peserta akan menuju ke hotel masing-masing sesuai dengan lokasi yang telah disiapkan oleh panitia dan malam harinya sekitar Pkl. 20.00 Wita akan menggelar malam taaruf di area Kantor Bupati Lombok Timur.

Hari Kedua: Kamis, 30 Juli 2022

Seluruh peserta MTQ akan mengikuti pawai taaruf mulai Pkl. 14.00 Wita dimulai dari Terminal Pancor menuju Lapangan Tugu Selong.

BACA JUGA:  Pesta Para Kaya di Kampungku

Selanjutnya peserta akan mengikuti acara pembukaan MTQ Tingkat Provinsi NTB ke-29 yang dipusatkan di Lapangan Gotong Royong Masbagik mulai Pkl 19.30 Wita hingga selesai.

Mata Lomba dan Tempat Pelaksanaan

Sekda Lombok Timur HM Juaini Taofik selaku Ketua Panitia memaparkan sedikitnya ada delapan mata lomba MTQ Tingkat Provinsi NTB ke-29 di Lombok Timur. Adapun mata lomba dan tempat pelaksanaannya sebagai berikut:

  1. Cabang Tilawah Golongan Anak-Anak, Remaja, Dewasa dan Cacat Netra akan dipusatkan di Panggung Utama Lapangan Gotong Royong Masbagik.
  2. Cabang Tilawah Golongan Qiroatussab’ah bertempat di Masjid Agung Al Mujahidin Selong.
  3. Cabang Tilawah Golongan Tartil dan Cabang Tahfiz Al-Qur’an Golongan 1 Juz, 5 Juz dan Tilawah bertempat di Masjid Besar At-Taqwa Pamcor.
  4. Cabang Tahfiz Al-Qur’an Golongan 10,20 dan 30 Juz dilombakan di Masjid Jami’ Al Akbar Masbagik.
  5. Cabang Tahfiz Al-Qur’an Golongan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bertempat di Masjid Jami’ Anji Ma’ra Desa Dasan Lekong.
  6. Cabang Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an dilaksanakan di Gedung Wanita Selong.
  7. Cabang Khottil Qur’an Golongan Naskah, Hiasan Mushaf dan Dekorasi bertempat di BLKI Lenek, Kecamatan Lenek.
  8. Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ) akan dilombakan di BLKI Lenek.
BACA JUGA:  Bupati Serahkan Ribuan Paket Sembako Bagi Warga Lotim Terdampak Covid 19

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy melalui pesan resminya yang beredar luas menyebutkan Lombok Timur sebagai sahibul bait MTQ ke 29 berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh kontingen. “Kami masyarakat Lombok Timur
siap menyambut dan melayani saudara-saudara semua dengan tangan terbuka.

Selamat berlomba bagi seluruh kafilah. Mari hidupkan Al Quran dalam hati sanubari kita sebagai petunjuk dan tuntunan menuju NTB yang baldatun toyibatun warrabbun Gafur,”harapnya. (EditorMRC)