MUI Lotim Gelar Musyawarah Daerah 2020

MATARAMRADIO.COM,Selong – Dewan Pimpinan MUI Lombok Timur menggelar Musyawarah Daerah (Musda) 2020 di Ballroom Kantor Bupati Lotim pada Sabtu (21/11).


Musda diikuti sekitar 100 peserta dari unsur dewan penasehat MUI Lotim, Dewan Pimpinan Harian, Pimpinan Komisi, utusan kecamatan dan Ormas Islam Lombok Timur.
Acara pembukaan dihadiri Ketua MUI NTB Prof DR H Syaiful Muslim, Sekda Lombok Timur mewakili Bupati, Perwakilan Dandim, Polres, Forkopimda dan sejumlah tamu undangan lainnya.


Dalam laporannya, Ketua MUI Lombok Timur periode 2015-2020 TGH Ishak Abdul Gani LC memaparkan laporan pertanggungjawaban pengurus, program kegiatan dan berbagai kendala yang dihadapi.
Di antaranya berkaitan dengan kiprah MUI Lombok Timur terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan, seperti ketika Lombok Timur dilanda bencana gempa dahsyat 2018.”MUI Lombok Timur memilih berzikir di Sambelia dan KLU. Membagikan bantuan dari donatur luar daerah dan juga nasi bungkus,”ulas TGH Ishak Abdul Gani LC.
Lebih lanjut Tuan Guru juga menjelaskan, MUI Lombok Timur bersinergi dengan Pemerintah (Umara) menghadapi berbagai masalah ummat termasuk keputusan MUI Lombok Timur menyikapi fenomena Pandemi global Covid 19.”MUI Lotim mengeluarkan fatwa yang tidak populer di kalangan ummat. Alhamdulillah, dengan fatwa tersebut, tidak ada masjid yang dituduh sebagai laskar Covid 19,”sebut Tuan guru.
MUI Lombok Timur,jelas TGH Ishak juga ikut ambil bagian menyikapi persoalan keumatan dan kebangsaan mulai isu
HIV TKI, Omnibus Law yang ditolak MUI Pusat termasuk isu khatam shalat.”Semua kita istighfar kan,”tegasnya.
Hingga saat ini MUI Lombok Timur juga sedang menginisiasi pusat kajian berupa perpustakaan untuk ummat. Selain itu,mengupayakan terlaksananya program Jumat Khusuk, dimana 10 menit sebelum shalat Jumat, semua kendaraan tidak boleh lalu lalang karena semua orang khusuk shalat Jumat di masjid.”Ini hasil studi banding kita ke Kabupaten Bima dan masyarakat kita di Lombok Timur mendukung tapi belum terlaksana karena Covid 19,”sebutnya.
Sementara itu, Ketua MUI NTB Prof DR H Syaiful Muslim MM dalam sambutannya mengajak seluruh pengurus MUI Lombok Timur mulai fokus menyusun program prioritas 5 tahun ke depan baru kemudian membentuk formatur untuk pemilihan pengurus baru.

BACA JUGA:  BNNP NTB Musnahkan Sabu Rp 1 Miliar

Musda Dibuka Sekda lotim

Sebelum membuka secara resmi Musda MUI Lombok Timur 2020, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy dalam sambutannya yang diwakili Sekda Lombok Timur HM Juaini Taufik MAP menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada jajaran Dewan Pimpinan dan Pengurus MUI Lombok Timur atas jalinan kerjasama dan sinergi yang baik dengan Pemerintah Daerah.”Alhamdulillah atas dukungan MUI, Tokoh agama dan masyarakat, Bupati Lombok Timur meraih penghargaan sebagai Bupati Terbaik dalam Penanganan Covid 19. Masjid kita di Lombok Timur juga menjadi masjid terbaik dalam penerapan protokol Covid 19. Salah satu kunci sukses ini adalah peran aktif ulama di Lombok Timur,” kata Sekda yang juga ketua Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid19 Lombok Timur.
Dia juga memastikan bahwa Pemda Lombok Timur akan terus berkoordinasi dengan MUI Lombok Timur lewat pemberian dukungan dana yang proporsional. (EditorMRC)

BACA JUGA:  Dilarang Masuk Bila tak Bermasker