Nirupa Roy: Ibunya Para Aktor Bollywood Legendaris 

Ada banyak aktris di sinema India yang hanya dilihat orang sebagai seorang ibu. Aktris terkenal di industri ini juga menonjol dengan memainkan peran seorang ibu dalam film. Dia telah menjadi ibu favorit Bollywood. Aktris ini juga menjadi ‘Superwoman’ wanita pertama di Bollywood yang menghidupkan karakter seorang ibu di layar perak dengan aktingnya yang tak tertandingi di industri film India ini. Dialah Nirupa Roy.

BACA JUGA:  Lebih Dekat dengan Priyanka Chopra: Sukses Berkarir Dari Bollywood Hingga Hollywood

Dalam karirnya, Anda pasti sering melihatnya sebagai ibu dari banyak bintang seperti Amitabh Bachchan, Shashi Kapoor, dan Vinod Khanna. Nirupa Roy juga pernah menjadi ‘Superwoman’ Bollywood. Bahkan hingga saat ini, masyarakat belum bisa melupakan sosok ibu yang diperankannya. Setiap kali dia tampil di layar sebagai seorang ibu, orang-orang banyak memujinya setelah melihat wajah keibuannya.

Suatu ketika aktris itu juga diselamatkan dari penjara. Nirupa Roy memulai karir aktingnya dengan film Gujarati ‘Ranakdevi’. Pada tahun yang sama dia berakting dalam film Hindustan pertamanya ‘Amar Raj’. Salah satu film populernya adalah ‘Do Bigha Zamin’ (1953) yang menjadikannya seorang superstar. Nirupa Roy lebih banyak berperan sebagai ibu dalam karirnya. Produser film biasa memberinya peran sebagai ibu di setiap film. Dia tidak ada bandingannya dalam peran seorang ibu. Film ‘Deewar’ yang dirilis pada tahun 1975 merupakan salah satu film spesial Nirupa.  

BACA JUGA:  Ajay  Devgan Bagikan Poster Film Terbarunya Maidaan yang Bakal Rilis Lebaran Mendatang  

Dalam film yang dibuat di bawah arahan Yash Chopra ini, ia berperan sebagai ibu dari Shashi Kapoor dan Amitabh Bachchan. Dia juga mendapat identitas terpisah di industri sebagai ibu Amitabh Bachchan di layar. Nirupa Roy, yang sering berperan sebagai dewi salehah dan ibu yang penuh kasih sayang dalam film, menjadi pemberitaan ketika istri putra bungsunya, Una Roy, mengajukan tuntutan terhadapnya dengan tuduhan menuntut mahar dan melecehkan putra mereka.

BACA JUGA:  Lebih Dekat dengan Anil Kapoor: Bintang Jhakass Bollywood

Pernah Dipenjarakan Menantu

Menantu perempuannya telah melontarkan banyak tuduhan serius terhadapnya. Gara-gara itu, Nirupa Roy dan keluarganya bahkan harus masuk penjara. Pada tahun 1960, selain berperan sebagai ibu, Nirupa Roy memainkan peran Superman dalam film ‘Superman’ yang disutradarai oleh Mohammed Hussain, dan Anant Thakur. Aktor seperti Helen, Jayaraj, dan Tuntun juga terlihat di film ini. Melalui peran ini, ia menjadi ‘Superman’ wanita pertama di Bollywood.

 Pada 13 Oktober 2004, Roy menderita serangan jantung di Mumbai dan meninggal pada usia 73 tahun. Roy tampil di lebih dari 250 film dan memenangkan tiga Penghargaan Filmfare sepanjang kariernya. Pada tahun 2004, Roy menerima Penghargaan Prestasi Seumur Hidup Filmfare. (editorMRC)

>