Masih Hidup: Inilah 15 Aktor Bollywood Legendaris!

MATARAMRADIO.COM – Industri perfilman Bollywood tidak bisa dipisahkan dari kehadiran para aktor legendaris yang masih hidup dan berkarya hingga sekarang. Mereka Berjaya dari masa ke masa hingga sekarang. Inilah mereka!

1. Dharmendra (87 tahun)

Dharmendra tidak diragukan lagi adalah salah satu bintang Bollywood yang paling ikonik, dengan sejumlah film terkenal yang pernah dibintanginya. Sepanjang karirnya, suami dari aktris Hema Malini ini  banyak menerima penghargaan bergengsi.Termasuk anugerah pengabdian seumur hidup (Lifetime Achievement Award). Ayah dari Sunny Deol, Bobby Deol dan Esa Deol ini juga dianugerahi salah satu penghargaan sipil tertinggi di India, Padma Bhushan. Beberapa filmnya yang legendaris antara lain Sholay, Khatron Ke Khiladi, Jugnu, Dharam Veer, dan lain-lain. Saat ini Darmendra juga masih sibuk akting untuk film barunya Rocky Aur Rani Ki Prem Kahani yang dijadwalkan rilis pada April 2023. Dialah salah satu aktor Bollywood tertua yang masih hidup yang karirnya yang begitu cemerlang.

2. Amitabh Bachchan (81 tahun)

Amitabh Bachchan dilahirkan di Allahabad, Uttar Pradesh, 81 tahun silam atau tepatnya 11 Oktober 1942, ia merupakan seorang aktor senior India, yang telah menjadi legenda dunia. Selain itu dia juga seorang pengarang, penyanyi, dan mantan pembawa acara televisi untuk program Kaun Banega Crorepati. Bachchan menikah dengan aktris Jaya Bhaduri dan dikaruniai dua orang anak, Shweta Nanda dan Abhishek Bachchan. Abhishek juga mengikuti jejak sang ayah menjadi aktor, dia pun menikahi aktris Aishwarya Rai. Amitabh Bachchan memulai karir di film pada tahun 1969, dengan filmnya SAAT HINDUSTANI. Meskipun belum sukses secara finansial, film debutnya ini mendapat banyak pujian karena penampilan aktingnya yang gemilang. Film selanjutanya, ANAND pada 1971 langsung melambungkan namanya karena mendapat banyak pujian dan laris di pasaran. Bachchan membintangi puluhan film lain sepanjang karirnya. Amitabh Bachchan telah menerima tiga penghargaan sipil tertinggi di India, yaitu Padma Shri, Padma Bhushan, dan Padma Vibhushan.

3. Parikesit Sahni (79 tahun)

Masih ingat ayah Farhan Qureshi dari film 3 Idiots? Atau pitaji Jaggu dari PK? Ini adalah beberapa peran luar biasa yang dimainkan Parikesit Sahni (79 tahun). Dia adalah putra aktor Balraj Sahni. Parikesit Sahni juga dikenal karena perannya dalam serial TV seperti Gul Gulshan Gulfaam, Gaatha, Shararat, dan lain-lain.

 4. Kulbhushan Kharbanda (78 tahun)

Kulbhushan Kharbanda memulai perjalana karirnya di teater, saat kuliah. Setelah mahir seni peran, ia pun merambah ke industri film dan terkenal karena perannya sebagai Shakaal dalam film Shaan. Peran lainnya yang melegenda adalah ketika membawakan  karakter Devi Prasad di Hera Pheri, Dixit ji di Manikarnika: The Queen of Jhansi, dan lain-lain.

6. Shatrughan Sinha (76 tahun)

Shatrughan Sinha bermain di banyak film box office Bollywood. Baik sebagai pemeran utama ataupun pendukung. Beberapa filmnya antara lain Dostana, Ab Kya Hoga, Muqabla, Taqdeer dan masih banyak lagi yang lain. Putrinya, Sonakshi Sinha kini menjadi aktris terkenal di Bollywood. Dia juga aktif dalam politik selama bertahun-tahun dan bahkan menjabat sebagai Menteri Persatuan selama bertahun-tahun pula.

 7. Randhir Kapoor (75 tahun)

Salah satu aktor legendaris dari marga Kapoor. Randhir Kapoor juga menjadi bagian dari industri perfilman Bollywood selama beberapa tahun. Dia juga malang melintang, tidak saja sebagai aktor. Dia menjadi produser dan kepala studio RK hingga perusahaan film itu dibeli Godrej Properties. Studio RK adalah warisan mendiang ayahnya Raj Kapoor. Film-film Randir Kapoor yang cukup terkenal adalah Kal Aaj Aur Kal yang pemerannya bertabur bintang termasuk ayah dan kakeknya sendiri, Jawani Diwani, Biwi O Biwi dan masih banyak lagi yang lain.

8. Aanjjan Srivastav (74 tahun)

Aanjjan Srivastav meraih karir yang cemerlang di industri film, TV, dan teater. Perannya dalam  serial TV India yang paling terkenal dan dicintai adalah sebagai Srinivas Wagle di Wagle Ki Duniya, yang juga dibintangi oleh bintang-bintang seperti Shah Rukh Khan. Dia juga merupakan bagian dari film ‘Mississippi Masala’, yang menampilkan sekelompok aktor terkenal. Film lainnya termasuk Jo Jeeta Wohi Sikandar, Gol Maal, Ghulami, dll. Ia juga menjabat sebagai Wakil Presiden Asosiasi Teater Rakyat India (IPTA).

9. Rakesh Roshan (73 tahun)

Rakesh Roshan, putra sutradara musik India Rajesh Roshan. Rakesh Roshan , terjun ke industri film pada tahun 70-an, setelah berakting di banyak film terkenal. Beberapa di antaranya adalah Khoon Bhari Maang, Ek Aur Sikander, Koi Mil Gaya, Krrish dan lain-lain. Selain itu, ia sering berakting bersama putranya Hrithik Roshan, sekaligus menyutradarai dan memproduksi film. Pak Roshan dikenal karena memberi judul film-filmnya dimulai dengan huruf K. Konon itu dilakukan atas saran penggemar beratnya.

10. Naseeruddin Syah (72 tahun)

Aktor india legendaris yang satu ini dikenal karena kepiawaiannya bermain di semua peran, baik peran jahat (antagonis) maupun peran baik (protagonis). Dialah Naseeruddin Shah.

BACA JUGA:  Jutaan Warga India Dilanda Demam Drakor

Beberapa perannya yang sangat dikenal, antara lain bermain dalam film Tridev, Krrish, Zindagi Na Milegi Dobara, Katha, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dia juga berakting di film-film Hollywood seperti The League of Extraordinary Gentlemen. Dia juga dikenal dengan banyak pernyataan kontroversialnya.

BACA JUGA:  Bollywood Berduka: Aktor Veteran Rishi Kapoor dan Irfan Khan Meninggal Dunia
Naseerudin Shah dan istrinya Ratna Pathak Shah adalah orang-orang yang telah aktif di dunia teater  selama bertahun-tahun.

11. Nana Patekar (72 tahun)

Nana Patekar, awalnya Vishwanath Patekar telah berakting di banyak film seperti Krantiveer, Tirangaa, Welcome, dan lain-lain. Dia juga dikenal sebagai pembuat film dan penulis scenario. Menerima Padma Shri pada tahun 2013 dan dikenal sebagai mantan Perwira Angkatan Darat Teritorial India.

 12. Pradeep Rawat (70 tahun)

Pradeep Rawat berakting dalam film Hindi dan film daerah lainnya, terutama dikenal karena peran negatifnya dalam film seperti Ghajini. Film lainnya termasuk Sye, Sarfarosh, Thotti Jaya, dan lain-lain.

13. Shakti Kapoor (70 tahun)

Shakti Kapoor telah berakting di banyak film, terutama dalam peran komik dan penjahat. Dia telah berakting dalam film seperti Qurbani, Rocky, dan Hero. Dia adalah ayah dari aktris Bollywood Shraddha Kapoor. Ia mengganti namanya menjadi Shakti Kapoor yang dianggap lebih membawa hoki dan komersil. Nama aslinya adalah Sunil Kapoor.

14. Pankaj Kapur (68 tahun)

Ayah dari aktor Bollywood Shahid Kapoor. Pankaj Kapur adalah aktor serba bisa yang telah berkarier di film, TV, dan teater dan banyak lagi. Dia menjadi salah satu aktor Bollywood tertua yang masih hidup. Ia menikah dengan Supriya Pathak, juga seorang aktris. Beberapa filmnya antara lain Maqbool, Roja, Finding Fanny, dan lain-lain.

15. Anupam Kher (67 tahun)

Filmografi Anupam Kher jelas merupakan contoh dari kemampuan aktingnya yang luar biasa. Bermain lebih dari 500 judul film dalam berbagai bahasa dan banyak drama. Dia adalah salah satu aset terbesar industri film India. Anupam Kher telah dianugerahi Padma Shri dan Padma Bhushan. Film-filmnya antara lain Dil, Kuch Kuch Hota Hai, Mohabbatein, Rang De Basanti, Vivah, dan masih banyak lagi yang lainnya. (EditorMRC)

BACA JUGA:  Bang Zul Ajak Kawula Muda NTB Ikuti Pemilihan Bintang Radio 2022