Idul Adha, Bupati Lotim Ingatkan Masyarakat Tetap Disiplin

MATARAMRADIO,COM, Lombok Timur- Idul Adha 1441 H yang dilaksanakan masih dalam suasana pandemi covid-19 membuat Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran penyakit yang masih terjadi hingga saat ini.

Hal tersebut juga dimaksudkan agar anak-anak, siswa sekolah dapat secepatnya mengikuti proses kegiatan pendidikan melalui tatap muka. Sebab Bupati menilai proses pembelajaran jarak jauh, dari rumah yang diterapkan saat ini belum terlaksana secara optimal.

Bupati, sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha yang berlangsung di Masjid Agung Al-Mujahidin Selong itu mengingatkan pula kepada jamaah terhitung 1 Agustus mendatang sesuai Perda Provinsi NTB di mana salah satu poinnya adalah mengenakan denda kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker pada saat keluar rumah/melakukan aktivitas.

BACA JUGA:  PAD Lotim Naik, Tapi Perlu Penyempurnaan

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur Drs. H. Azharuddin, M. Sy. dalam khutbahnya menyampaikan tiga peristiwa penting yang tidak bisa lepas dari prosesi pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. Ketiga peristiwa tersebut adalah ibadah haji, shalat Ied dan penyembelihan hewan qurban, yang menjadi sejarah hari raya Idul Adha (hari Raya Qurban) itu sendiri.

Diuraikannya kondisi wabah Covid-19 yang sampai hari ini belum juga mereda, jangan sampai membuat umat Islam kehilangan kendali akal sehatnya. Kondisi saat ini tidak boleh serta merta menurunkan semangat spiritual umat islam “Kita harus meyakini bahwa selalu ada hikmah besar yang terkandung dari setiap ketetapan yang diberikan oleh-Nya,”.

BACA JUGA:  Bupati Sukiman: Satpol PP Harus Miliki Lima Modal Utama Agar Dibanggakan!

Ditambahkannya ummat islam juga harus bisa mengambil hikmah seperti sabar dan tawakkal, utamanya bagi jamaah yang tertunda melaksanakan ibadah haji akibat pandemi ini.


Lebih jauh diungkapkan ibadah qurban sebagai salah satu ibadah yang dilakukan pada masa pandemi ini akan lebih bermakna dan terasa bagi masyarakat ekonomi lemah, sebab pandemi ini memukul semua sektor, sehingga banyak yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya karena kehilangan mata pencarian.

BACA JUGA:  Ini Gebrakan DP3AKB Lotim Cegah Perkawinan Dini dan Percepatan IPM

Ibadah qurban justru menjadi bukti kepekaan sosial masyarakat yang mampu secara ekonomi terhadap yang miskin. Qurban menyadarkan bahwa harta dan materi di dunia hanya titipan dari Allah Swt, yang di dalamnya terdapat hak orang lain.

Harta tersebut tidak berkurang ketika harus berbagi dengan orang lain melalui pembelian hewan qurban. Harus disadari sesungguhnya hakikat memberi adalah menerima. Pengorbanan harta melalui hewan qurban niscaya semakin mendekatkan dengan Allah Swt.


Bertindak selalu imam pada pelaksanaan shalat idul Adha tersebut adalah ustadz H.. Lalu Muhibban Al Hafiz. ( MRC- Humas)