Arah Program Pertanian Lotim: Pertanian Berkelanjutan    

MATARAMRADIO.COM, Selong-Berdasarkan hasil survei organisasi pangan dunia yakni FAO (2014) bahwa  kandungan C-organik tanah di Pulau Lombok berada pada kisaran sangat rendah dengan persentase sebesar 76,74 persen dan rendah dengan persentase sebesar 23,26 persen. Tidak terdapat tanah di Pulau Lombok yang memiliki kandungan C-organik sedang, tinggi, dan sangat tinggi.                    

Dalam menyikapi hasil survei FAO tersebut, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian  Dinas Pertanian Kabupaten Lotim (Lombok Timur), Lalu Fathul Kasturi,SP menyatakan bahwa dalam kegiatan budidaya pertanian penggunaan pupuk anorganik harus diimbangi dengan pupuk organik. “Idealnya penggunaan pupuk organik 30 ton per hektar secara bertahap selama tiga musim tanam yakni 10 ton per hekter pada setiap musim”, ungkapnya. 

BACA JUGA:  Tuntaskan Stunting, Pemkab Lombok Timur Luncurkan Aplikasi BAKSO dan KERIS

Lebih jauh Kasturi mengatakan, penggunaan pupuk anorganik secara masif dan terus menerus tanpa diimbangi dengan penggunaan pupuk organik menyebabkan terjadinya degradasi lahan pertanian. “Penggunaan pupuk organik bukan berarti untuk menggantikan pupuk anorganik, tetapi sebagai penyeimbang untuk meningkatkan produktivitas tanah dan tanaman secara berkelanjutan yang dikenal dengan pertanian berkelanjutan. Telah banyak kelompok tani kita di Lombok Timur yang menggunakan pupuk organik”, bebernya. 

BACA JUGA:  Percepat IPM, Lombok Timur Galakkan Program Paket B dan Paket C

Menurutnya, penggunaan pupuk organik merupakan salah satu komponen dalam pertanian berkelanjutan (“sustainable agriculture”:red) dan pertanian berkelanjutan itulah yang menjadi arah program pertanian Lombok Timur. “Dengan diterapkannya pertanian  berkelanjutan selain meningkatkan hasil sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap PDRB Lombok Timur,  juga dapat mengurangi biaya dan sekaligus pula menjaga kelestarian sumberdaya lahan dan air”, pungkasnya. 

BACA JUGA:  Bupati Bersma TNI Polri Serahkan Sembako ke Masyarakat Usai Meriahkan HUT ke 125 Lotim

Ditambahkan, penerapan pertanian berkelanjutan tidak hanya selaras dengan RPJMD Lombok Timur 2018-2023, tetapi juga Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau dikenal “Sustainable Development Goals (SDGs) 2030”, terutama tujuan 13 yakni melawan perubahan iklim dan dampaknya dan tujuan 15 yaitu melindungi dan merestorasi ekosistem dan perlindungan hutan. (MRC-06)