1945 Rumah Terdampak Banjir Bandang

MATARAMRADIO.COM, Lombok Timur – Kepala Pelaksana BPBD Lombok Timur, Toni Satria Wibawa menjelaskan BPBD beserta satuan tugas lainnya melakukan pembersihan terhadap 1.945 unit rumah warga di Desa Seruni Mumbul dan Labuan Lombok Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur yang terdampak banjir bandang kemarin siang, Senin (14/12).

“Saat ini kami tengah bersih -bersih rumah warga yang terdampak banjir bandang,” jelasnya kepada Mataramradio via selular, Selasa (15/12).
Selain melakukan bersih-bersih, tim juga melakukan perbaikan tanggul sungai yang jebol dengan karung pasir. Selain itu, tim menyalurkan bantuan logistik dan air bersih. “Sumber air bersih masih tercemar akibat banjir bandang,” jelasnya.
Disamping itu, BPBD Lombok Timur menyiapkan tenda pengungsian di dekat masjid Seruni. Namun warga lebih senang tinggal di rumahnya. “Rata-rata rumah warga berbentuk panggung. Jadi masih aman untuk digunakan,” jelasnya.
Menurut Toni, banjir bandang yang melanda warga Desa Seruni Mumbul dan Desa Labuan Lombok akibat Sungai Ciremai tidak mampu menampung debit air karena tingginya intensitas hujan yang melanda Lombok akhir akhir ini.
Toni berharap, masyarakat tetap waspada karena cuaca ekstrem masih akan terjadi dalam beberapa hari kedepan yang bisa mengakibatkan banjir, tanah longsor serta dampak lainnya. (MRC03)

BACA JUGA:  Tentang Perempuan Dalam Babad Praya (Peristiwa Budaya Dalam Pilkada Lombok Tengah