MATARAMRADIO.COM –  Nama lengkapnya Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra.  Sebagai seorang  komedian, dia akrab disapa dengan sebutan Bintang Emon.  Pria kelahiran Jakarta, 5 Mei 1996 kini memasuki usia 24 tahun.

Berdasarkan tanggal lahirya, ia diketahu berzodiak Taurus. Bintang Emon dikenal sebagai pelawak tunggal atau disebut juga komika.Ia sempat tergabung dalam komunitas Stand Up Indo Bandung sejak awal 2014.Bintang kemudian berkesempan mengikuti ajang Stand Up Comedy Academy (SUCA) musim ketiga yang tayang di Indosiar pada 2017.

Lewat komedi, Bintang Emon sindir rendahnya tuntutan jaksa kepada penyiram air keras Novel Baswedan I Foto: Istimewa

Benar saja, Bintang berhasil menyabet gelar juara di ajang tersebut.Berkat kemenangan itulah, Bintang kerap wara wiri tampil komedi tunggal di sejumlah acara.Sukses menjadi komika, pria asal Kalideres, Jakarta Barat, ini juga melebarkan sayapnya dengan terjun ke dunia seni peran.

Bintang pernah tampil di film Dua Garis Biru (2019) dan Milly dan Mamet: Ini Bukan Cinta dan Rangga (2019).

Dewan Perwakilan Omel-Omel (DPO)

Sejak akhir 2019 lalu, bintang kerap menjadi sorotan di media sosial berkat konten Dewan Perwakilan Omel-Omel (DPO) yang berbentuk video dan dibalut dengan komedi di akun instagram miliknya.

Dalam kurun waktu kurang dari empat bulan, komika Bintang Emon udah tiga kali jadi trending topic di Twitter. Yang terakhir, dia diserang buzzer gara-gara konten tentang kasus Novel Baswedan.

Semua gara-gara konten-kontennya yang dikasih nama DPO, singkatan dari Dewan Perwakilan Omel-omel.

DPO adalah konten video singkat,   tidak lebih dari tiga menit, yang isinya tentang sindiran atau unek-unek Bintang terhadap hal-hal yang sering bikin kesal, tapi jarang diungkapkan secara langsung.

Mulai dibuat pada akhir Desember 2019, juara program “Stand Up Comedy Academy 3” (2017), ini  sudah membuat sekitar 19 konten DPO.

Isinya mulai dari sindiran terhadap orang yang naik motor sambil merokok, tukang parkir yang suka pura-pura lupa mengembalikan duit parkiran, sampai basa-basi yang bikin sakit hati saat kumpul-kumpul waktu Lebaran.

Konten DPO pertama kali diunggah di akun Instagram Bintang, @bintangemon, lalu diduplikasi di Twitter-nya dengan nama akun yang sama.

Konten DPO rata-rata ditonton lebih dari dua juta kali. Nah, berikut adalah 5 konten DPO yang dipilih MATARAMRADIO.COM dari 19 konten lainnya yang membuat Bintang Emon makin terkenal. Check this out!

1. DPO Ga Sengaja

Konten ini berkaitan dengan kasus penyidik KPK Novel Baswedan, dan yang membuat Bintang berkali-kali masuk trending topic di Twitter. Isi kontennya menyindir tuntutan jaksa terhadap pelaku penyiraman terhadap Novel yang dinilai banyak orang bukan cuma terlalu kecil, tapi juga tidak masuk akal.

Bukan cuma lucu, konten ini berhasil mengkritik dengan cerdas, sambil tetap menyinggung perilaku keseharian masyarakat. Konten ini dinilai berani oleh banyak orang. Bahkan sederet figur publik memujinya di kolom komentar Bintang di Instagram. Dari Fiersa Besari, Ernest Prakasa, Anji, Vidi Aldiano, Angga Sasongko, sampai Mira Lesmana mengaku “respect” dengan Bintang.

Diunggah pada Jumat (12/6/2020) lalu, saat ini konten “DPO Ga Sengaja” sudah ditonton lebih dari 7,8 juta kali di Instagram. Saking viralnya, Bintang sampai-sampai diserang akun-akun ternakan buzzer, yang menuduhnya sebagai pengguna narkoba.

Sebelumnya, Bintang juga sempat mencuit di Twitter bahwa dia dan orang-orang terdekatnya udah mulai diteror. Sejak serangan buzzer semalam (14/6/2020), Bintang juga mengunci akun Twitter-nya. Netizen yang simpati pada Bintang pun meramaikannya hingga menjadi trending topic di Twitter.

2. DPO Corona

Ini jadi konten DPO yang paling banyak ditonton, yaitu sampai 8,2 juta kali di Instagram. Isinya tentang sindiran pemilik nama lengkap Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra, ini kepada orang-orang yang seenaknya keluar rumah saat pandemi virus corona menyebar.

Dalam konten yang dirilis pada 22 Maret lalu, Bintang lagi-lagi sanggup memadukan antara edukasi dan kritik sosial serta komedi ringan yang bisa dicerna segala golongan masyarakat.

3. DPO Palung Mariana

Pernah lihat cowok yang lagi salat, tapi memakai baju kekecilan, jadi kalau sujud bokongnya kelihatan? Nah, dengan kocaknya Bintang menyindir orang-orang ini, yang disebutnya meninggalkan “trauma psikis”. Dengan pilihan diksi yang tepat dan kocak, konten ini benar-benar bikin ngakak

4. DPO Kolom Komentar Artis Luar Negeri

Bintang mengaku heran dengan orang-orang Indonesia yang menulis komen negatif di akun media sosial Han So-hee, pemeran Yeo Da-kyung, selingkuhan pria beristri Lee Tae-oh, dalam drama Korea “The World of the Married”. Bintang tidak habis pikir, gimana mungkin orang yang berakting dicaci maki gara-gara karakter yang dimainkannya.

5. DPO Darurat: Tukang Sedot Kuota

Kalau yang ini, Bintang menyindir orang-orang fakir kuota yang suka semena-mena menyedot kuota orang lain yang sudah baik berbagi kuotanya, cuma untuk kondisi darurat, bukan buat main game cacing. Yang suka memakai kuota temannya dengan asal-asalan, pasti kesindir!

Oya, Bintang Emon kini mulai mengaktifkan kembali akun tweeternya setelah sempat dikunci karena diserang para buzzer dan menuding Bintang Emon pengguna Narkoba.

Belakangan tak sedikit para selebriti yang pasang badan dan membela Bintang Emon.  Mulai Arie Kriting hingga Komika Pandji Pragiwaksono. Ia menyebut jika organisator akun-akun yang menyerang Bintang tersebut berada di posisi yang salah. 

“Sekarang Indonesia tau Bintang Emon melakukan hal yg benar karena fitnah oleh organisator akun2 ini mengungkap bhw mereka ada di posisi yg salah,” tulis Pandji dalam akun Twitternya, @pandji.  (Editor RMC/Dari berbagai sumber)