4 Manfaat Mengangkat Kaki ke Tembok

Bahkan menurut informasi dari Cleveland clinic, gerakan mengangkat kaki ke tembok digolongkan sebagai bagian dari gerakan yoga yang bermanfaat. Berikut mataramradio.com mengulasnya untuk pembaca!

1. Dapat Meringankan Depresi Ringan

Pose mengangkat kaki ke tembok ternyata dapat membantu seseorang merasa lebih baik secara menyeluruh, menciptakan keseimbangan antara tubuh dan pikiran.

Dengan menciptakan perasaan relaksasi yang mendalam, pose ini tidak hanya berkontribusi pada kelegaan fisik, tetapi juga dapat membentuk suasana psikologis yang positif.

2. Menghilangkan Tegang di Leher dan Kepala

Menurut dr. Robert Saper, MD, MPH, dikutip dari Health Cleveland Clinic menyebutkan manfaat dari posisi kaki di atas tembok dibandingkan dengan headstand atau shoulder stand adalah bisa memperoleh manfaat inversi tanpa membuat leher dan kepala stres atau tegang.

Mengangkat kaki ke atas dan menempelkannya di tembok tidak hanya menghilangkan stres dan ketegangan, tetapi juga memberikan manfaat luas.

BACA JUGA:  Enam Rumah Sakit Terima Bantuan USAID

Gerakan ini meredakan stres, meningkatkan sirkulasi darah, meredakan kelelahan, dan memberikan energi tambahan.Selain manfaat fisik, pose ini juga menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan fokus. 

3. Membantu Meredakan Stres

Hasil penelitian pada tahun 2017 yang dipublikasikan di National Library of Medicine oleh Michaela C. Pascoe dan rekan-rekannya dari Department of Cancer Experiences, Peter MacCallum Cancer Centre, Melbourne, menunjukkan bahwa melakukan pose yoga seperti mengangkat kaki ke tembok dapat membantu mencapai tingkat relaksasi tubuh. Dengan demikian, gerakan ini memiliki efek merelaksasi pikiran, bertujuan untuk mengurangi tingkat stres.

Penting untuk dicatat bahwa pengurangan stres dalam konteks ini memiliki dampak positif yang melibatkan peningkatan kesehatan fisik dan mental.

BACA JUGA:  Mengenal Purpura Trombositopenia Imun

Seiring dengan penurunan tingkat stres, berpotensi membawa manfaat kesehatan yang lebih baik secara holistik, termasuk penguatan sistem kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan sirkulasi cairan tubuh

Manfaat utama dari melaksanakan pose mengangkat kaki ke tembok terletak pada kemampuannya untuk mengoptimalkan kembali peredaran cairan tubuh yang biasanya terdiam atau terakumulasi di bagian kaki.

Dengan mengangkat kaki ke posisi yang lebih tinggi, pose ini secara efektif membantu meningkatkan aliran cairan limfatik dan darah, yang mungkin terhambat atau terkendala dalam kaki.”Dengan membalikkan dan menahan pose tersebut, memungkinkan kembalinya aliran darah dan mengurangi pembengkakan di kaki bagian bawah,” ujar dr. Saper.

Waktu Ideal Angkat Kaki ke Tembok

Menurut dr Saper, melakukan pose mengangkat kaki ke tembok bisa dilakukan selama 10-15 menit atau sesuai kenyamanan.

BACA JUGA:  Masih Ditemukan Pangan Kadaluarsa dan Boraks Menu Takjil Berbuka Puasa, BBPOM : Masyarakat Agar Selalu Waspada!

Pose ini juga aman untuk dilakukan satu atau dua kali sehari. Anda bisa menjadikannya sebagai bagian dari latihan yoga rutin atau sebagai pose yang berdiri sendiri.

Penting untuk dicatat bahwa terdapat beberapa risiko terkait dengan melakukan gerakan kaki tegak. Untuk anda yang telah didiagnosis menderita kondisi seperti glaukoma, gagal ginjal, gagal hati, gagal jantung kongestif, dan tekanan darah tinggi yang tidak terkendali, disarankan untuk menghindari pose ini.

Namun, jika dilakukan dengan benar dan aman, manfaat mengangkat kaki ke tembok dapat dinikmati. Gerakan mengangkat kaki ke tembok atau pose terbalik pasif ini bermanfaat untuk membantu tubuh merilekskan diri ke lantai, meredakan stres, kecemasan, dan ketegangan.Selamat mencoba! (editorMRC)

>