Sekda Minta Data Kependudukan Ditertibkan

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si meminta Dinas PMDK Dukcapil dan KOMPAK terus bersinergi sehingga lebih cepat dalam pencapaian target cakupan administrasi kependudukan di NTB. Sebab, akuratnya tata kelola data kependudukan menjadi salah satu kunci keberhasilan program pembangunan.

“Pemprov NTB terus melakukan terobosan yang mengarah pada tertibnya administrasi kependudukan, sehingga dapat memicu kesadaran masyarakat akan pentingnya identitas hukum ,” ujarnya saat virtual meeting Inovasi Pelayanan Adminduk, Kamis (10/12).
Untuk menunjang tertibnya administrasi kependudukan, jelas Gita pemerintah provinsi NTB terus berupaya melakukan langkah-langkah administratif agar data kependudukan tersinkronisasi dengan baik. “Saya harap, Dinas PMPD Dukcapil Provinsi NTB selaku Leading Sector terus mengoptimalkan perannya dalam memastikan terpenuhinya penyelenggaraan data kependudukan dan catatan sipil di wilayah provinsi NTB,” harapnya.
Sekda NTB mengakui kesadaran masyarakat desa untuk memiliki dokumen kependudukan tergolong minim sehingga perlu dilakukan sosialisasi secara berkelanjutan. Sehingga ke depannya dapat merubah paradigma masyarakat desa yang terkesan menyepelekan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan.
“Kita memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Memang bukan tugas mudah namun dengan kerjasama antara pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota serta stakeholder lainnya, saya yakin semua tantangan ini dapat kita hadapi dengan baik,” tegasnya. (Humas NTB/MRC)

BACA JUGA:  Digital Farming dan Pupuk Organik Perpanjang Umur Tanaman Cabe