MotoGP Masuk Calender of Event 2021

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Gelaran MotoGP resmi menjadi agenda pariwisata NTB tahun 2021. Event MotoGP diluncurkan bersamaan dengan agenda pariwisata lainnya seperti pementasan dan atraksi budaya sepanjang 2021.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si mengatakan persiapan sarana dan prasarana gelaran MotoGP terus dilakukan sampai dengan final.
Dalam menyambut event ini, jelas Gita selain memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat, hal yang tak kalah pentingnya adalah pengendalian pandemi Covid-19. “Calender of event pariwisata 2021 dapat dijadikan referensi bagi calon wisatawan sekaligus promosi,” ujar Gita saat launching Calendar of Event 2021 dan Business Gathering pelaku pariwisata, Kamis (10/12).
Gita mengatakan, informasi pementasan budaya dan atraksi budaya memiliki dampak signifikan untuk meningkatkan angka lama tinggal dan angka kunjungan wisatawan. Hal ini berkontribusi pada pendapatan NTB dan negara.
Selain itu, menurut Gita Business gathering sejalan dengan program pemerintah untuk pengendalian Covid-19. Bagaimana membangkitkan ekonomi rakyat melalui pariwisata dengan membuka tempat wisata ditengah sulitnya orang bepergian.
Gita menyebut, saat ini Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Barat masuk zona risiko rendah (zona kuning) Covid 19 sehingga tidak ada yang membatasi pergerakan orang.
Di sisi lain, jelas Gita relaksasi pajak, JPS dan lainnya menjadi upaya pemerintah NTB dalam melakukan terobosan di tengah pandemi.
Sementara Deputi Bidang Pemasaran Regional 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Taufik Hidayat menegaskan pariwisata adalah yang paling terdampak Covid-19 karena tak ada pergerakan (traveling) orang.
Dijelaskan, pihak kementerian tengah bekerjasama dengan beberapa travel agent besar seperti Traveloka dan Blibli siap membantu pemasaran secara online di 22 negara.
“Kementerian memang belum melakukan direct promotion ke negara-negara lain tentang gelaran MotoGP karena perbatasan masih ditutup. Kita maksimalkan dulu dengan promosi online dengan perusahaan yang memiliki jaringan global”, jelas Taufik.
(ikp@diskominfotik_ntb/MRC)