Kembang Kuning Juara Lomba Kampung Sehat

MATARAMRADIO.COM, Lombok Barst – Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur menjadi juara satu lomba kampung sehat disusul Desa Pernek Kecamatan Moyohulu kabupaten Sumbawa sebagai juara 2 dan tempat ketiga diraih Desa Muda Kabupaten Sumbawa barat.

Lomba Kampung sehat yang diinisiasi oleh polda NTB tersebut, berpedoman kepada penerapan protokol kesehatam covid 19 di masyarakat.
Lomba yang diikuti oleh 1.136 kampung se NTB di mulai sejak Juni dan berakhir pada oktober 2020, dilakukan penilaian secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten.
Menurut Ketua Dewan Juri, Joko Jumadi penilaian lomba kampung sehat didasarkan pada penerapan protokol kesehatan covid 19 di masyarakat. “Disamping penerapan protokol kesehatan, sarana penunjang kesehatan serta kondisi sosial ekonomi menjadi penilaian,” jelasnya, Senin (9/11).
Kapolda NTB, Irjen Pol M Iqbal menjelaskan lomba kampung sehat merupakan salah satu upaya pemerintah NTB bersama instansi terkait untuk menekan persebaran covid 19. “Kampung sehat merupakan aplikasi dari program kampung tangguh yang diinisiasi Polri,” jelasnya.
Kapolda berharap, para juara kampung sehat dan kampung yang lainnya bisa menjadi kampung tangguh dengan menerapkan protokol kesehatan covid 19 dan peningkatan ekonomi masyarakat.
Sedang Kepala Badan Pemelihara keamanan (Kabaharkam) Komjen Pol Agus Andrianto melihat untuk menekan persebaran covid 19, keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan. Karena, vaksin yang baik untuk menangkal paparan covid 19 dengan meningkatkan imunitas tubuh.
“Saya minta kepada Bupati dan Walikota untuk terus mengedukasi warganya agar meningkatkan imunitas tubuhnya sehingga mampu menangkal paparan virus di sekelilingnya,” pintanya. (MRC03)

BACA JUGA:  Disnakertrans NTB Ajak Warga "Sikat Sindikat" Pekerja Migran Gelap