“Matric-B” Ramaikan Sepeda Listrik NTB

MATARAMRADIO.COM, Kota Bima – Setelah muncul motor listrik dari Sumbawa, sepeda listrik Le-Bui dari pulau Lombok, Kota Bima memiliki sepeda listrik Matric-B” (Mbojo Electric – Bicycle) . Sepeda Matric B merupakan inovasi dari PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bima bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Provinsi NTB.

Manager PLN UP3 Kota Bima, Maman Sulaeman mengatakan, saat ini, di pasaran banyak ditemukan sepeda listrik seperti sepeda pada umumnya, tidak terlihat aerodinamis.
Matric-B memiliki daya 1000 watt ini, berbeda dengan sepeda listrik lain.. Matric-B menggunakan baterai lithium yang memiliki daya baterai yang panjang dan bisa diganti. Selain itu, lampu dari Matric-B menggunakan LED sehingga aman digunakan pada malam hari.
Dijelaskan, pembuatan sepeda listrik membutuhkan waktu tiga bulan untuk memastikan uji kelayakan peralatan termasuk bahan-bahan digunakan seperti casing dan baterai.”Setelah diuji beberapa kali, didapatkanlah prototipe sepeda listrik “Matric-B”. Harapan kami, IKM yang ada di Bima-Dompu bisa ikut memasarkan sepeda listrik ini,” terangnya.

BACA JUGA:  Pemprov NTB Akan Gunakan Tandatangan Elektronik

Maman berharap, dapat segera memberikan pelatihan kepada IKM sehingga ketika ada pesanan produk, bukan hanya PLN Bima yang mengerjakan tapi juga mitra binaan,” terangnya.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Hj. Nuryanti, SE, ME mengapreasiasi keberhasilan PLN UP3 Bima menciptakan Matric – B. “Dengan bermitra, pemasaran produksinya melalui E-Catalog. Industri ini pasti akan menyerap banyak tenaga kerja,” ujar Nuryanti.

BACA JUGA:  Wisatawan Diminta Taat Protokol covid 19

Nuryanti berharap seluruh pihak terus membangun ekosistem penggunaan kendaraan listrik. “Harapan kami, dapat segera dilakukan transfer knowledge supaya Matric – B bisa masuk dalam industrialisasi skala kecil,” katanya. (Humas NTB/MRC)