Misi Dagang ke Malaysia, Wagub NTB Tebar Pesona Pimpin Grup Gamelan

MATARAMRADIO.COM – Di sela-sela misi dagang ke Negeri Jiran, Wakil Gubernur NTB Dr Hi Siti Rohmi Jalilah ikut ambil bagian dalam pertunjukkan kesenian tradisional khas Lombok yakni musik Gamelan.

Bu Wagub memimpin sendiri grup Gamelan yang dinamai Gamelan Srikandi NTB.

Uniknya, Gamelan Srikandi NTB tampil memukau di Malaysia pada pada Jumat 1 September 2023. Penampilan group musik tradisional yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur NTB ini unjuk kebolehan saat pembukaan NTB Mall di Strand Mall Malaysia.

BACA JUGA:  Relokasi Musholla di Kawasan Sirkuit Mandalika Menuai Polemik, Ada Apa?

Pada pertunjukkan itu, terlihat seluruh anggota Srikandi yang terdiri dari Ketua Dekranasda NTB, bersama sejumlah kepala OPD dan OPD perempuan lingkup Pemprov NTB memainkan musik dengan penuh harmoni. Semua anggota Gamelan Srikandi menggunakan kostum kain khas NTB. Begitu juga dengan latar panggung dihiasi kain khas tenun NTB.”Alhamdulillah, Gamelan Srikandi NTB berhasil memukau Malaysia,” tulis Wagub NTB tersebut di statusnya.

BACA JUGA:  Mataram Nol Kasus PositifCOVID-19

Srikandi NTB adalah sekumpulan perempuan hebat NTB yang lihai dan piawai memainkan gamelan, alat musik tradisional NTB.

Mulai terbentuk pada tahun 2019 yang lalu, Srikandi NTB dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah.

Hingga saat ini Srikandi NTB memiliki 20 anggota. Beberapa di antaranya adalah kepala OPD di NTB dan lainnya memiliki jabatan penting di berbagai instansi.

BACA JUGA:  Sekda : Addendum Sudah Tepat

Srikandi NTB tampil di berbagai acara seperti di Kementrian Perindustrian, Kementrian Pariwisata RI, Launching calender of event NTB, HUT NTB dan berbagai acara lainnya.

Dibentuknya Srikandi NTB sebagai wujud cinta dan keinginan kuat mempertahankan Musik Tradisional NTB. Serta, hadirnya Srikandi NTB untuk menunjukan bahwa perempuan NTB mampu berdaya dan tak ada lagi dikotomi bagi perempuan NTB. (EditorMRC)