NTB Raih Peringkat Tiga Nasional Keterbukaan Informasi Publik 2021

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Provinsi NTB akhirnya harus puas menduduki peringkat tiga dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 yang digelar Komisi Informasi Pusat. Sementara peringkat pertama dan kedua diraih Provinsi Jawa Tengah dan Nangroe Aceh Darrusalam.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik digelar secara virtual dan dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Selasa (26/10).

BACA JUGA:  NTB Optimis Capai Pertumbuhan Ekonomi 5,8 % Pada Kuartal Empat 2021

Prestasi sebagai Provinsi Informatif yang diraih NTB tahun ini naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu yang puas berada di posisi keempat dari 34 Provinsi se Indonesia.”Alhamdulillah skor kita juga meningkat dari tahun kemarin. Ini harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi di tahun depan”, ungkap Wagub NTB Dr Hj Siti Rohmi Jalilah seperti dikutip dari ntbprov.go.id.

BACA JUGA:  Fasilitas di Kawasan KEK Mandalika Jangan Dibangun Sesuka Hati!

Menurut Wagub, predikat informatif ini menjelaskan penyelenggaraan pelayanan publik dalam hal informasi kepada masyarakat yang terbuka dan berkualitas. “Strategi meningkatkan layanan informasi pemerintah salah satunya dengan memudahkan akses informasi bagi masyarakat melalui teknologi dan digitalisasi,”jelasnya.

foto: ntbprov.go.id

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Dr. Najamudin Amy yang menyebutkan, platform informasi melalui aplikasi pelayanan publik sebagai inovasi di tengah pandemi menjadi upaya keterbukaan tata kelola dan akuntabilitas pemerintah provinsi. “Kita akhirnya bisa menggeser provinsi besar seperti Jawa Barat dan DKI sebagai provinsi informatif dan terbuka untuk masyarakatnya”, ujar Najam. 
Disebutkan, naiknya peringkat NTB dalam penilaian Komisi Informasi menjadi tanggungjawab seluruh pihak dalam penyelenggaraan pemerintahan. (EditorMRC)